Tips & Trik

Trik Membedakan Baterai Laptop Original, OEM, dan KW

Terkadang saat baterai bawaan laptop sudah rusak, mau tak mau Sobat akan berpikir untuk membeli baterai baru. Namun sayangnya, terkadang penjual baterai menjual produk yang OEM, atau bahkan parahnya lagi itu adalah baterai KW. Anda pastinya tidak ingin bukan mendapatkan baterai laptop KW yang kualitasnya di bawah rata-rata? Maka dari itu, Anda perlu mengenal trik membedakan baterai laptop original, OEM, dan KW sehingga tidak mudah tertipu oleh penjual.

Sebelum mengalami kerusakan baterai, ada baiknya Anda mulai sekarang giat merawat baterai laptop supaya awet dan tahan lama. Tapi jika terlanjur rusak atau mudah sekali low-bat, maka Anda perlu membeli baterai baru. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui trik membedakan baterai laptop original, OEM, dan KW berikut ini agar Anda tidak menyesal membelinya dikemudian hari.

1. Memilih Tempat Membeli Baterai Laptop
Memilih tempat membeli memang menjadi hal pertama yang bisa Anda lakukan karena jika Anda menginginkan baterai yang original, tentunya dengan langsung membeli di service center resmi. Tapi, jika Anda ingin membeli barang original dengan harga lebih murah, Anda bisa membeli baterai OEM di toko komputer yang sudah terkenal dengan reputasi baik.

2. Kemasan Baterai Laptop
Sebelum menanyakan harga, Anda perlu memperhatikan kemasan baterai tersebut. Kemasan baterai laptop original biasanya mempunyai warna dan tulisan yang lebih jelas dibandingkan dengan baterai KW.

3. Harga Baterai Laptop
Setelah melihat kemasan produk, biasanya Anda akan menanyakan soal harga. Harga memang menjadi faktor penting dari sebuah produk. Namun, Anda perlu memperhatikan jika harga baterai laptop terlalu murah dari harga pasaran, berarti baterai tersebut merupakan barang palsu.

4. Bahan Baku Baterai Laptop
Terkadang ada toko yang memperbolehkan produknya dibuka dari kemasan. Kesempatan inilah yang perlu Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Anda bisa melihat secara detail seperti apa bahan dari baterai yang dijual. Biasanya, baterai produk palsu memakai komponen berkualitas rendah dibandingkan dengan baterai original.

5. Garansi Baterai Laptop
Terakhir, Anda perlu memperhatikan garansi yang diberikan oleh penjual. Apabila baterai original, maka penjual akan memberikan garansi langsung dari produsen baterai tersebut. Tetapi penjual hanya memberikan garansi toko atau distributor, Anda perlu curiga kalau baterai itu palsu.