Tips & Trik

Tips Setting Android agar Jaringan 4G Tetap Stabil

Kebutuhan akan data internet di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini dibuktikan oleh Menkominfo yang mengatakan bahwa penggunaan jaringan tahun 2016 lalu melonjak drastis hingga 65% dan bertambah lagi di tahun 2017 ini. Oleh karena itulah, para provider seluler di Tanah Air seperti Telkomsel, 3, XL, Indosat dan lain-lainnya terus berlomba untuk menyediakan kuota jaringan internet yang murah dan cepat.

Tips Setting Android agar Jaringan 4G Tetap Stabil

Dilain pihak, seiring dengan penggunaan jaringan internet yang meroket, para produsen smartphone juga terus berusaha untuk mengimbangi kebutuhan internet pada perangkat produksinya. Hingga kini, telah ada 4 generasi jaringan yang diusung oleh smartphone dan juga kartu operator di Indonesia yakni 2G, 3G, dan 4G.

Jaringan internet super cepat 4G memang sudah cukup lama hadir di Negara Garuda ini namun baru sekarang, 4G semakin modern di masyarakat. Awalnya, jaringan tersebut hanya tersedia dikota-kota besar saja, tapi lama-kelamaan pihak Menkominfo dan provider seluler terus mengembangkan usahanya untuk merambah daerah-daerah terpencil sehingga terjaring koneksi internet 4G.

Kecepatan 4G pun memiliki speed download 48 Mbps hingga 150 Mbps dan juga kebanyakan smartphone telah mendukung fitur tersebut. Dengan kecepatan yang super itu, penggunanya dapat menonton video di Youtube tanpa buffering, download lancar, bahkan bermain game dapat berjalan mulus.

Meskipun kencang, namun tak jarang koneksi 4G dapat putus-putus atau tidak stabil, bahkan Anda dapat kehilangan sinyal jaringan tersebut dan otomatis smartphone akan menyesuaikan jaringan yang ada. Pada dasarnya, setiap smartphone memiliki pengaturan jaringan otomatis yang dapat Anda rubah untuk membuat 4G terus stabil. Berikut ini tips setting Android agar Jaringan 4G tetap stabil:
· Masuk ke Pengaturan/Setting pada smartphone Anda.
· Cari pilihan menu ‘Jaringan Seluler’. Pada beberapa merk ponsel, menu tersebut digabung dengan pengaturan SIM Card.
· Setelah itu pilih dan klik ‘Mode Jaringan’ atau ‘Jenis jaringan yang dianjurkan’.
· Di sana, tersedia beberapa pilihan seperti LTE Only, WCDMA Only, GSM Only, dan sebagainya. Silahkan pilih LTE Only.
· Ada pula jenis ponsel yang menampilkan pilihan ‘4G/3G/2G’ (Otomatis), ‘3G/2G’ (Otomatis), 3G saja, dan 2G saja. Silahlan pilih ‘4G/3G/2G’ (Otomatis).