Tips & Trik

Tips Sederhana Mengurangi Penggunaan Smartphone

Semakin berkembang dan meningkatnya teknologi membuat masyarakat kini lebih banyak menghabiskan waktunya berduaan dengan smartphone. Bahkan sering ditemui, pengguna smartphone yang hampir setiap menit memegang smartphone-nya meski hanya sekedar mengintip notifikasi yang ada atau hanya untuk stalking yang tidak jelas. Hal ini malah akan mempengaruhi kesehatan mental Anda, agar tidak terlambat ketahuilah tips sederhana menggurangi penggunaan smartphone.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Efek buruk penggunaan smartphone
– Tips sederhana menggurangi penggunaan smartphone

Perilaku terus menerus memeriksa notifikasi atau pemberitahuan di smartphone dapat menimbulkan efek buruk di antaranya berkurangnya kemampuan fokus seseorang, meningkatkan kecemasan seseorang atau bahkan mempengaruhi kesehatan mentalnya. Selain itu, radiasi yang ditimbulkan dari smartphone berdampak buruk pula bagi Anda, sehingga Anda pun perlu untuk menerapkan tips sehat lindungi mata dari radiasi smartphone yang kami posting sebelumnya.

Dari berbagai efek buruk tersebut, nyatanya sejumlah investor juga dilaporkan berusaha membantu membuat produsen menciptakan teknologi baru sehingga pengguna dapat mengurangi kecanduan mereka terhadap smartphone. Tetapi jika Anda merasa terlalu kecanduan dan ingin mengurangi penggunaan ponsel cerdas Anda, maka berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda dalam mengurangi kecanduan smartphone.

Aturlah Waktu Memeriksa Smartphone
Jika sebelumnya Anda bisa setiap menit memeriksa smartphone maka yang harus Anda lakukan ialah mengalihkan pandangan untuk membuka smartphone. Anda dapat mendisiplinkannya dengan menggunakan alarm yang ada di smartphone. Waktu yang bisa Anda atur misalnya dimulai dengan 15 menit sekali, lalu setengah jam sekali, 45 menit sekali hingga setiap jam.

Sehingga Anda telah paham, bahwa ketika alarm berbunyi maka itu berarti waktunya Anda untuk memeriksa smartphone, tetapi batasi waktu Anda melihat notifikasi dan jangan lupa untuk mengatur ulang alarm-nya. Untuk mengurangi kecemasan ketika pesan penting muncul, Anda dapat mengabarkan seluruh kontak atau media social Anda melalui status. Sehingga sekarang Anda tidak dapat menanggapi pesan secepat yang biasa Anda lakukan.

Matikan Push Notification yang Tidak Diperlukan
Dikutip dari MetroTVnews.com, salah satu tips yang dapat membantu Anda untuk tidak sering memeriksa smartphone adalah dengan mematikan pemberitahuan yang Anda anggap tidak penting dari aplikasi media sosial atau aplikasi chatting. Hal ini mudah untuk Anda lakukan, cukup dengan masuk ke pengaturan smartphone Anda dan kelola notifikasi mana yang harus muncul dan tidak di smartphone Anda. Atau bisa juga dengan langsung menonaktifkan notifikasi melalui aplikasi.

Jauhkan Layar Utama Dari Aplikasi Pengalih Perhatian
Kecenderungan sering menggunakan smartphone umumnya karena banyak aplikasi yang menarik perhatian di smartphone. Awalnya ingin mengecek cuaca lalu pesan teks, kemudian secara tidak sadar beralih ke Facebook, Instagram dan media social lainnya. Padahal sebenarnya tidak ada pemberitahuan atau pesan yang masuk di smartphone Anda. Inilah yang menjadi jalan utama Anda menjadi seorang stalker yang tidak jelas.

Oleh karena itu, alangkah baiknya masukkan aplikasi penting saja pada layar utama depan dan tengah, lalu simpan aplikasi apapun yang ingin Anda batasi penggunaannya ke dalam folder halaman berikutnya.

Jauhkan Smartphone Dari Tempat Tidur
Jangan biarkan penggunaan smartphone menjadi aktivitas terakhir yang dilakukan sebelum tidur dan menjadi aktivitas pertama yang terlihat setelah Anda bangun tidur. Gunakan alarm biasa saja dan jauhkan smartphone Anda dari jangkauan, agar Anda tidak tergoda untuk memulai aktivitas pertama di pagi hari dengan melihat dan memeriksa smartphone Anda.

Demikianlah tips sederhana menggurangi penggunaan smartphone. Tentunya segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik. Mari mulai mengurangi ketergantungan Anda dengan smartphone dan bijaklah dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat.