Tips & Trik

Tips Periksa Kondisi Smartphone Second Tanpa Bongkar

Pernahkah Anda mengindam-idamkan memiliki sebuah smartphone impian? Akan tetapi hingga saat ini mungkin smartphone impian Anda tersebut hanya bisa Anda pandang dari kejauhan karena harganya yang masih mahal. Itulah mengapa membeli smartphone bekas atau second merupakan salah satu cara mendapatkan smartphone impian dengan harga yang lebih hemat. Namun sebelum membelinya, Anda perlu mengikuti tips periksa kondisi smartphone second tanpa bongkar berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Masalah yang timbul saat membeli smartphone bekas
– Tips periksa kondisi smartphone second tanpa bongkar

Jika sebelumnya kami pernah membagikan trik saat ingin membeli kamera DSLR bekas, kini kami membagikan tips lain yang juga pasti bermanfaat untuk Anda. Bagi masyarakat membeli sebuah smartphone second merupakan sebuah dilema. Dilema ini terjadi karena sering ditemui ada smartphone bekas yang bermasalah tetapi tidak terlihat saat konsumen pertama kali membelinya.

Masalah ini timbul setelah smartphone sudah digenggaman penggunanya. Dan di sini impian ingin menghemat, malah ternyata yang didapat zonk. Dengan demikian Anda harus lebih teliti sebelum memutuskan untuk membelinya. Anda harus memastikan jika kondisi semua komponen masih bagus.

Ponsel jenis smartphone ini sulit untuk diperiksa tingkat validitas kerusakannya karena banyak hal yang tidak terlihat seperti kecepatan sistem, memori, kinerja, dan lain sebagainya. Buat orang awam Anda tidak perlu khawatir, karena tips ini mudah dilakukan, bahkan cocok untuk Anda yang tidak tahu sama sekali dengan teknis smartphone. Semuanya akan diperiksa secara keseluruhannya, mulai dari kamera, baterai dan lainnya. Tips ini juga dapat digunakan untuk semua merek dan jenis smartphone android.

Berikut ini tips periksa kondisi smartphone second tanpa bongkar, antara lain sebagai berikut:

1. Download dan instal aplikasi Android Phone Doctor Plus di smartphone yang baru saja Anda beli.

2. Setelah menginstalnya, cukup buka aplikasi. Anda akan langsung disajikan dengan halaman Summary dari perangkat ponsel cerdas yang ingin Anda periksa.

3. Tekan salah satu dari Summary tersebut, maka Anda akan disajikan dengan Detail. Kemudian akan tampil serangkaian BINTANG yang menujukkan keterangan ada tidaknya masalah pada smartphone. BINTANG yang rendah kemungkinan besar smartphone tersebut bermasalah atau akan rusak.

4. Ketika melakukan pemeriksaan secara detail. Tekan ikon Cek di berada di atas. Lakukan serangkaian tugas untuk melakukan pengecekan terhadap Outer Hardware, Sensors, Inner Hardware dan Connection secara keseluruhan.

5. Pada bagian yang sudah diperiksa, Anda akan mendapatkan Tanda Centang Hijau. Lakukan semua tugas hingga selesai, dan selesai sudah pemeriksaan ini.

Selain dengan tips di atas, dikutip dari TribuNews.com Anda juga bisa memeriksa kualitas beberapa smartphone dengan cara lain seperti di bawah ini:
1. Untuk smartphone Samsung, Anda hanya perlu mengetik *#0#*.
2. Untuk smartphone Sony, Anda hanya perlu mengetik *#*#7378423#*#.
3. Untuk smartphone Xiaomi, Anda hanya perlu mengetik #*#*64663#*#*.
4. Untuk smartphone Oppo, Anda hanya perlu mengetik *#800#.

Kemudian akan terbuka beberapa menu yang bisa dicek di antaranya vibration, diming, receiver, megacam, sensor, touch, speaker. Silakan periksa apakah semua berfungsi dan masih dalam kondisi baik.

Demikianlah tips periksa kondisi smartphone second tanpa bongkar yang bisa Anda lakukan saat atau setalah membeli smartphone. Periksalah selalu sebelum membeli smartphone second, bukan hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam. Sehingga tidak membuat kecewa Anda di kemudian hari. Semoga bermanfaat.