Seputar Tekno

Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Bila berbicara mengenai game PC tentu akan selalu berkaitan dengan performa PC atau laptop saat memainkannya. Banyak laptop yang dipaksakan untuk memainkan game berat sehingga seringkali terjadi force close atau lagging ketika bermain game tersebut. Bahkan tak jarang, laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan game sering terjadi lag atau melambat ketika dimainkan. Kira-kira apa yang terjadi?

Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Permasalahan utama ternyata dari perfoma laptop itu sendiri. Salah satunya yaitu cepat panas, baterai habis dengan cepat dan sebagainya. Memang tak dipungkiri, mayoritas laptop di desain untuk aktivitas komputasi ringan sehari-hari. Beda halnya dengan laptop gaming seperti Asus ROG GL552VX atau MSI GS40-6QE Phantom yang memiliki spesifikasi tingkat tinggi, sehingga mampu menyeimbangi permainan game berat Anda.

Karena itulah, laptop dengan spesifikasi standar sering lambat respon ketika dimainkan game yang memang bukan keahliannya. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa laptop untuk bermain game supaya lancar dan tanpa hambatan. Berikut cara-caranya:

1. Matikan Aplikasi Background yang sedang Berjalan
Setiap laptop pasti mempunyai aplikasi background yang jarang diketahui oleh penggunanya. Aplikasi backrground yakni aplikasi yang berjalan otomatis ketika laptop dinyalakan yang akan membuat RAM dan CPU bekerja lebih berat. Cara mengatasinya ialah klik “Show Hidden Icons” di pojok kanan layar laptop dan lakukan Exit.

2. Install Driver Terbaru
Saat Anda membeli laptop, pasti disediakan file driver pada kotak atau harddisk-nya. File driver tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan hardware dengan sistem operasi. Tentu saja, akan selalu ada update untuk driver terbaru yang dikeluarkan oleh vendor. Jika Anda sudah lama tidak menginstall driver, mungkin sekarang saatnya Anda menginstall driver terbaru itu. Tujuannya untuk meningkatkan performa video card supaya output lebih baik dan game yang sedang dimainkan pun dapat berjalan dengan mulus.

3. Tingkatkan Perfoma GPU Clock
Dengan meningkatkan performa GPU, pastinya laptop Anda akan mengeluarkan performa maksimal dari VGA laptop. Biasanya untuk melakukan ini, setiap VGA mempunyai tools bawaan masing-masing, baik itu Nvidia atau AMD.

4. Mengatur Power Management
Terkadang setting power terutama untuk profil Power Saver sering berlangsung ketika Anda bermain game. Untuk itu, di sarankan untuk menggunakan pengaturan Hybrid atau Switchable Grapich, dan juga harus pastikan GPU sebagai default. Selain itu, jika sedang bermain game usahakan laptop di charger terlebih dahulu hingga kapasitas baterai penuh.