Tips & Trik

Tips Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wi-Fi

Wi-Fi, bagaimanapun juga, hanyalah gelombang radio. Banyak hal dapat menyebabkan gangguan atau interferensi. Tapi, sinyal Wi-Fi yang kuat dapat memberikan kecepatan jaringan yang lebih tinggi dan cakupan area yang lebih luas, sehingga amat penting untuk mengoptimalkan kekuatan sinyal Wi-Fi dari router Anda.

Tips Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wi-Fi

Berikut langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi :

1. Arahkan antena ke atas
Router pada umumnya memiliki antena fisik yang adjustable alias bisa diatur sendiri oleh pemakai. Secara default, biasanya antena router ini diarahkan secara horizontal agar tidak memakan tempat saat masih di dalam kotak. Untuk kekuatan sinyal yang maksimal, arahkan antena router Anda secara vertikal mengarah ke atas. Jika ada dua antena, arahkan juga kedua antena tersebut vertikal ke atas. Tidak benar bahwa dengan mengarahkan masing-masing antena ke arah yang berbeda dapat memberikan performa yang lebih baik.

2. Letakkan router dengan tepat
Letakkan router di tengah-tengah wilayah yang ingin Anda berikan sinyal. Di dalam rumah atau gedung kantor, letakkan router di sekitar pusat bangunan untuk memaksimalkan cakupan wilayah. Jika Anda meletakkan router di salah satu sisi gedung saja, maka sisi di seberang tidak akan memperoleh sinyal yang bagus. Ketahuilah bahwa semakin jauh posisi router maka semakin lemah pula sinyal yang dapat diterima. Peletakkan router juga mesti di tempat yang tinggi, misalnya di atas lemari.

3. Hindari penyebab interferensi
Jangan menaruh router di dekat objek metal yang besar, seperti lemari besi atau filing cabinet. Metal dan dinding batu dapat menghalangi sinyal, sedangkan kayu tidak. Oven microwave, serta alat-alat elektronik yang memiliki frekuensi sinyal yang sama dengan frekuensi Wi-Fi Anda, juga dapat mengganggu transmisi sinyal. Solusinya, Anda dapat memindahkan barang-barang ini agar tidak berada di antara router dan komputer. Atau, Anda juga dapat mengganti alat elektronik tersebut dengan alat yang bekerja pada frekuensi berbeda.

4. Pilih channel paling baik
Di lingkungan tempat tinggal Anda mungkin ada beberapa jaringan Wi-Fi lain milik tetangga. Jaringan-jaringan lain itu juga dapat menyebabkan interferensi sinyal. Solusi terbaik ialah dengan mengganti channel Wi-Fi yang Anda gunakan dengan channel yang memiliki tingkat interferensi paling rendah. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca buku panduan router .

Semoga bermanfaat!