Tips & Trik

Tips Menghemat Pulsa Saat di Luar Negeri

Biaya roaming bisa jadi kendala tersendiri saat Anda bepergian keluar negeri. Selain untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah air, biaya roaming juga menjadi kendala, terutama jika harus mengakses internet untuk mengetahui lokasi tertentu atau berbagi foto di media sosial.

Tips Menghemat Pulsa Saat di Luar Negeri

Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pulsa ketika sedang berada di luar negeri:

1. Beralih ke penawaran roaming
Sebelum berangkat ke luar negeri, cek terlebih dahulu paket roaming yang ditawarkan operator seluler Anda. Pilihlah paket roaming yang bisa membantu pemakaian data lebih hemat, baik untuk SMS, telepon, maupun akses internet. Ketika mendarat di negara tujuan, cek kembali tarif yang dikenakan operator seluler Anda supaya Anda dapat memperkirakan pemakaian data dan tidak kebablasan yang bisa membuat pulsa tahu-tahu sudah habis.

2. Beralih ke penggunaan web browser
Tips berikutnya, Anda perlu beralih ke web browser yang penggunaan datanya lebih hemat, misalnya yang menjadikan penggunaan data halaman web menjadi 10 persen dari ukuran aslinya. Selain itu, web browser tersebut diusahakan dapat digunakan untuk mengakses internet dengan cepat sekalipun berada di lokasi yang jangkauan sinyalnya lemah.

3. Matikan sinkronisasi
Apabila file yang tersimpan di smartphone Anda terhubung dengan Dropbox, Facebook, atau Google Drive melalui sinkronisasi, segera matikan sinkronisasi file tersebut. Hal ini dilakukan supaya foto-foto tidak terunggah secara otomatis ke dalam akun-akun tersebut. Tujuannya antara lain menghemat penggunaan data. Anda bisa mengatur supaya foto-foto yang Anda unggah hanya bisa dilakukan jika smartphone terhubung dengan koneksi Wi-Fi saja.

4. Matikan notifikasi
Ketika smartphone sedang tidak digunakan, terdapat notifikasi dan akses data yang berjalan pada background process. Dengan mematikan notifikasi tersebut, penggunaan data pun menjadi lebih hemat karena notifikasi yang menyala saat aplikasi tidak digunakan akan memakan data hingga 30 persen.

5. Kompres data
Gunakan aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data. Dengan demikian, Anda dapat memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data seluler dan membatasinya dengan data Wi-Fi. Anda juga bisa mencoba untuk melakukan bookmark atau menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Ketika ingin membuka halaman tersebut, Anda kini dapat melakukan tanpa perlu mengaktifkan paket data.

Semoga bermanfaat!