Tips & Trik

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android

Android, sistem operasi buatan Google ini merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh produsen-produsen ponsel ternama kelas dunia. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android memiliki keunggulan tersendiri yang dianggap menarik dari sistem operasi lainnya. Android memiliki tampilan yang sangat terbuka sehingga memudahkan penggunanya untuk mengakses dan menggunakan sistem operasi ini. Selain itu juga berbagai fitur menarik yang disuguhkan terbukti mampu meningkatkan performa dari smartphone yang menggunakan sistem android ini.

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android

Meskipun sistem operasi Android telah dibekali dengan teknologi canggih, sistem ini juga tak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan smartphone bersistem android adalah cepat panas, baterai cepat habis dan tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Tentunya Anda akan merasa sangat tidak nyaman jika baterai ponsel Anda tidak tahan lama alias cepat habis. Terlebih lagi jika Anda sedang dalam perjalanan yang cukup jauh dan ingin menggunakan ponsel selama dalam perjalanan. Anda pasti menginginkan masa hidup baterai yang lama sehingga tidak perlu mengganggu aktivitas Anda untuk berkomunikasi dengan teman di media sosial ataupun kegiatan gaming kesayangan Anda di ponsel.

Berikut beberapa cara memperpanjang daya baterai agar tidak cepat habis :

1. Tutup semua aplikasi yang sedang tidak digunakan
Jangan biarkan aplikasi dalam keadaan berjalan kecuali aplikasi tersebut benar-benar penting dan kita sedang memakainya. Karena aplikasi yang berjalan akan menguras daya baterai ponsel Anda. Dengan menutup aplikasi atau memastikannya tidak dalam keadaan ‘berjalan’ akan menghasilkan perbedaan nyata dalam daya baterai.

2. Ganti radio perangkat GPS ke dalam posisi ‘OFF’
Hal ini perlu Anda perhatikan, kecuali saat Anda memiliki alasan yang kuat untuk menggunakannya karena elemen satu ini sangat menguras baterai.

3. Pastikan WiFi dan Bluetooth dalam keadaan OFF saat tidak digunakan
Daya yang diserap dua elemen ini sangat besar. Hal tersebut lah yang mengakibatkan baterai cepat habis meski Anda tidak melakukan panggilan ataupun bermain game di ponsel Anda.

4. Kurangi kecerahan layar
Selagi masih mampu untuk membaca atau melihat ponsel, sebaiknya kurangi kecerahan layar ponsel Anda. Terlebih lagi disaat siang hari dengan cuaca cerah atau berada di ruangan yang menggunakan lampu terang.

5. Kurangi update status
Tips terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menghemat daya ponsel Anda adalah jangan terlalu sering mengupdate status pada jejaring sosial, karena hal itu berarti Anda akan terus menerus menjalankan aplikasinya sehingga baterai ponsel Anda cepat habis tanpa Anda sadari.

Itulah beberapa cara memperpanjang daya tahan ponsel Android Anda. Segera aplikasikan tips-tips di atas dan Anda rasakan sendiri perbedaannya.

Semoga bermanfaat!