Tips & Trik

Tips Mengatasi Touchscreen Ponsel Macet Atau Tidak Berfungsi

Memiliki ponsel layar sentuh berarti Anda harus siap melakukan perawatan dan penjagaan yang lebih jika dibanding layar biasa. Touchscreen memang terbilang sensitif dan rentan rusak, sedangkan layar sentuh pada ponsel merupakan bagian terpenting dari ponsel itu sendiri. Jika terjadi kerusakan pada layar sentuh, maka smartphone juga tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Layar sentuh ini juga merupakan bagian smartphone yang paling sering bersentuhan dengan jari pengguna, karena itulah touchscreen menjadi rentan terhadap kerusakan.

Tips Mengatasi Touchscreen Ponsel Macet Atau Tidak Berfungsi

Tapi Anda tidak perlu khawatir dan panik jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan pada layar sentuh ponsel Anda. Di bawah ini kami sajikan cara mengatasi touchscreen yang mendadak tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

– Restart Perangkat
Merestart perangkat merupakan cara pertama yang paling mudah dilakukan jika layar sentuh ponsel Anda mendadak tidak dapat merespon perintah Anda. Touchscreen yang tidak dapat berfungsi bisa saja terjadi karena ada sedikit masalah di dalam ponsel. Anda dapat mematikan ponsel sesaat atau bahkan melepaskan baterainya kemudian menghidupkannya kembali.

– Kalibrasi Layar Perangkat
Masalah yang terjadi pada layar sentuh Anda juga bisa diakibatkan oleh pengaturan layar yang tidak sesuai. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan kalibrasi layar melalui menu pengaturan.

– Bersihkan RAM
Kapasitas RAM yang kian menipis juga dapat menjadi faktor macetnya layar sentuh ponsel Anda. Jika terjadi kemacetan pada touchscreen, baiknya segera cek RAM ponsel. Anda juga dapat memasang antivirus agar RAM Anda bebas dari malware.

– Cabut Memory Eksternal
Selain RAM, ternyata memory eksternal juga dapat berpengaruh pada masalah yang terjadi di layar sentuh ponsel. Memory eksternal yang terinfeksi oleh malware dapat menjadi biang masalah untuk touchscreen. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencabutnya dan bersihkan terlebih dahulu.

– Hapus Aplikasi yang Tidak Penting
Makin banyak aplikasi yang ada pada ponsel, makin banyak pula menguras RAM ponsel Anda. Jumlah aplikasi yang banyak, dapat mengakibatkan menurunnya kinerja smartphone. Maka dari itu sebaiknya Anda kurangi saja jumlah aplikasi yang diunduh di ponsel kesayangan Anda.

– Bersihkan layar
Kemacetan yang terjadi pada layar sentuh ponsel tidak hanya disebabkan oleh masalah software saja. Layar yang kotor dan penuh dengan debu juga dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh ponsel. Untuk itu, rutinlah untuk membersihkan layar ponsel dari kotoran yang menempel. Anda dapat membersihkannya dengan kain khusus atau tisu.

Semoga bermanfaat!