Tips & Trik

Tips Mengatasi MP3 Tidak Bisa diputar di Android

Apakah Sobat Gaptex pernah mengalami masalah MP3 tidak bisa diputar di smartphone Android Anda? Jika hal ini terjadi, Anda jangan khawatir dan bingung karena masalah tersebut biasa di atasi dengan berbagai cara. Meskipun merasa kesal karena sedang ingin menikmati lagu favorit tapi MP3 tidak bisa diputar, Anda bisa menghembuskan nafas lega karena kini telah ada tips mengatasi MP3 tidak bisa diputar di Android.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan reboot atau memuat ulang smartphone. Reboot ini juga diklaim ampuh memperbaiki smartphone yang terkunci atau lupa password. Kemudian, beberapa faktor yang menyebabkan MP3 tidak bisa diputar biasanya tidak Anda sadari sehingga ketika ingin memutar lagu, MP3 pun langsung berhenti.

Ketika pemutar musik tidak dapat memutar lagu, Anda akan melihat pop-up pesan peringatan seperti ‘sayangnya musik telah berhenti’ atau ‘musik tidak merespon’. Hal ini memang kerap terjadi pada smartphone Android berbagai merk seperti Asus, Samsung, Lenovo, Advan, Xiaomi, dan lainnya. Maka dari itu, untuk terhindar dari kesalahan ketika memutar musik, mari simak tips mengatasi MP3 tidak bisa diputar di Android berikut ini:

1. Menghapus Data Aplikasi Pemutar Musik
Cara ini dilakukan untuk membersihkan data yang tersimpan di dalam aplikasi musik player. Bukan data musik melainkan pengaturan dan konfigurasi yang sudah diatur sebelumnya, seperti favorit, equalizer, dan fitur kostumisasi lainnya. Anda dapat menyetelnya di Pengaturan > Aplikasi > lalu cari aplikasi music player, kemudian pilih Clear Data atau clear cache.

2. Membersihkan Cache
Kemudian, Anda bisa membersihkan cache di smartphone Android Anda. biasanya cache bisa menyebabkan kesalahan ketika ingin memutar musik MP3 dan muncul keterangan “No Media Found”, padahal di memori internal atau eksternal terdapat banyak file lagu. Anda bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti Ccleaner atau Clean Master untuk melakukan scanning.

3. Reboot Smartphone
Jika dua hal di atas belum mampu mengatasi MP3 tidak bisa diputar, maka Anda perlu mematikan ponsel lalu melepas SIM Card, microSD dan baterai (jika ada). Setelah itu, pasang dan hidupkan lagi kembali smartphone tersebut.

4. Pasang Aplikasi Music Player Alternatif
Kemudian, Anda juga memasang aplikasi music player alternatif yang banyak tersedia di Google Play Store. Unduh dan install aplikasi tersebut sebagai alternatif untuk bisa kembali menikmati lagu favorit Anda.