Tips & TrikTutorial

Tips Mempercepat Start Up Windows 10

Anda baru saja berhasil menginstall Windows 10 dan kini komputer Anda butuh waktu super lama hanya untuk start up? Anda tidak sendirian. Banyak pengguna lain yang juga mengalami proses boot-up bak keong berjalan paska upgrade ke Windows 10. Sebelum Anda mengamuk pada Microsoft, berikut kami berikan beberapa tips yang dapat mempercepat proses start up Windows 10 Anda.

Tips Mempercepat Start Up Windows 10

1. Matikan program start up yang tidak diperlukan
Semakin banyak program yang harus dijalankan ketika komputer Anda baru dinyalakan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses start up. Pengguna dapat mempercepat proses start up dengan mematikan program-program start up yang tidak penting. Anda masih dapat menjalankan program-program tersebut setelah komputer siap beroperasi, hanya saja mereka tidak bakal terbuka secara otomatis.

Untuk mematikan beberapa program start up, buka Task Manager (tekan Ctrl + Alt + Del, lalu pilih Task Manager), kemudian klik “More details”.

Tips Mempercepat Start Up Windows 10 1

 

Setelah itu, klik tab Startup. Disana ditampilkan daftar program yang secara otomatis diluncurkan setiap kali komputer baru mulai dinyalakan. Klik kanan di nama program yang hendak dimatikan, lalu klik pilihan “Disable”.

Tips Mempercepat Start Up Windows 10 2

Pertanyaan yang mungkin muncul ialah, program mana saja yang boleh dan tidak boleh dimatikan? Yang pasti, jangan mematikan antivirus Anda. Juga, program seperti Intel atau AMD atau Nvidia services, program audio dan jaringan wireless, serta aplikasi layanan cloud storage seperti Dropbox, GoogleDrive, dan Microsoft OneDrive. Sementara, Anda dapat mematikan aplikasi seperti Google Chrome, Skype, Apple iTunes Helper, Adobe Reader… program-program aplikasi pengguna yang tidak berhubungan dengan mekanisme kerja sistem komputer.

2. Nyalakan Fast Startup
Sebenarnya, Windows 10 memiliki fitur Fast Startup yang dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan komputer. Dengan menyalakan fitur ini, ketika pengguna mematikan komputer mereka, Windows akan menyimpan informasi sistem terkini ke sebuah file temporer. Ketika komputer dinyalakan kembali, Windows akan menarik informasi dari file tersebut untuk start up alih-alih melakukan rebooting dari nol. Sehingga, proses start up menjadi lebih cepat.

Untuk menyalakan fitur Fast Startup, Anda dapat pergi ke “Control Panel”, lurus ke “System and Security”, kemudian belok ke “Power Options”.

Tips Mempercepat Start Up Windows 10 3

Di jendela yang ditampilkan, klik tulisan “Choose what the power buttons do on the left side of the screen” pada panel di sisi kiri. Lalu klik “Change settings that are currently unavailable”.

Tips Mempercepat Start Up Windows 10 4

Di bawah sub-judul Shutdown, tersedia beberapa opsi fitur yang dapat diaktifkan. Berikan tanda centang pada kotak “Turn on fast startup (recommended)”. Terakhir, simpan perubahan pengaturan Anda dengan menakan tombol “Save Changes”.

Kini, komputer Windows 10 Anda akan start up dengan lebih cepat.

Semoga bermanfaat!