Tips & Trik

Tips Memilih MicroSD untuk Smartphone Android

Sobat Gaptex, ada banyak sekali microSD dengan berbagai spesifikasi, namun belum tentu semuanya kompatibel dengan perangkat Android. Perlu diketahui bahwa performa microSD pada perangkat Android tergantung oleh beberapa hal, antara lain kapasitas, kecepatan, dan kelas. Selain itu, spesifikasi smartphone juga ikut berpengaruh. Anda mungkin belum terlalu paham ketika memilih antara microSD jenis SDHC dan SDXC, atau memilih antara microSD tipe Class 10 dan UHS-1 Class 1.

Tips Memilih MicroSD untuk Smartphone Android

Berikut ini tips yang dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan microSD yang terbaik untuk perangkat Android milik Anda :

Spesifikasi
Yang paling utama tentu Anda harus pastikan terlebih dulu spesifikasi yang mendukung penggunaan microSD pada perangkat Android. Misalnya, ada smartphone yang support dengan microSD berkapasitas 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan sebagainya. Dan ada pula, smartphone yang tidak didukung slot microSD karena diklaim memiliki memori internal yang berkapasitas besar.

Kapasitas
MicroSD yang umum digunakan untuk smartphone Android ada dua jenis, yaitu SDHC dan SDXC. Yang menjadi perbedaan di antara keduanya adalah kapasitas memori penyimpanan data. SDHC atau secure digital high capacity memiliki kapasitas 2GB hingga 32GB. Sementara itu, SDXC atau secure digital extended capacity menyediakan kapasitas penyimpanan lebih besar yakni mulai 32GB sampai dengan 2TB.

Sebagai perbandingan, foto yang diambil oleh kamera berkekuatan 16MP punya memori sekitar 7MB. Dengan microSD berkapasitas 32GB, setidaknya Anda bisa menyimpan kurang lebih 4.500 foto. Perlu diketahui juga bahwa kebanyakan smartphone low end atau menengah ke bawah tidak mendukung microSD jenis SDXC.

Anda mungkin cenderung memilih microSD yang berkapasitas lebih besar. Akan tetapi sebelum menentukan kapasitas memori yang Anda inginkan terpasang, pastikan terlebih dulu kapasitas maksimal yang dapat digunakan oleh perangkat Android milik Anda, sesuai dengan tips spesifikasi yang telah dibahas sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa contohnya:
– Samsung Galaxy S dan S7 Edge = 200GB
– LG V10 = 2TB
– Motorola Moto G 2015 = 32GB
– Sony Xperia Z5 Compact = 200GB
– Alcatel OneTouch Idol 3 = 32GB

Kecepatan
Setelah kapasitas memori, yang menjadi bahan pertimbangan selanjutnya adalah kecepatan. Kecepatan ini sedikit banyak menentukan seberapa cepat microSD dapat membaca dan menulis data. Saat Anda melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan grafis seperti foto dan video, kecepatan yang lebih tinggi akan memberikan hasil lebih baik.

Kecepatan microSD digolongkan menjadi beberapa kelas, misalnya Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10. Semakin tinggi kelasnya, semakin cepat microSD tersebut dalam melakukan transfer data. Saat ini, Class 10 merupakan microSD dengan kecepatan tertinggi. Nomor terakhir di belakang Class menunjukkan kecepatan minimal, sebagai berikut:

– Class 2 = 2 MBps (atau 16 Mbps)
– Class 4 = 4 MBps (atau 32 Mbps)
– Class 6 = 6 MBps (atau 48 Mbps)
– Class 10 = 10 MBps (atau 80 Mbps)
Catatan: MBps = Mega Byte per second / Mbps = Mega bit per second / 1 Byte = 8 bit

Sejak tahun 2009, kecepatan microSD juga ditunjukkan oleh huruf UHS yang merupakan singkatan dari ultra high speed. Secara teori, microSD tipe UHS menawarkan kecepatan transfer data lebih tinggi yang mencapai 312 Mbps atau 40 MBps.

UHS memiliki dua bus type yang diberi label I dan II untuk membedakan kecepatan maksimum microSD. Bus itu sendiri adalah sambungan di antara microSD dan hardware smartphone.

Berikut ini kecepatan minimal yang dimiliki microSD tipe UHS:
– UHS Speed Class 1 = 10 MBps (atau 80 Mbps)
– UHS Speed Class 3 = 30 MBps (atau 240 Mbps)

Informasi di Kartu
Untuk mengetahui jenis kartu microSD (SDHC atau SDXC) dan kapasitas kartu microSD (GB atau TB), biasanya hal tersebut sudah tertulis di produknya. Sedangkan untuk deskripsi kelas biasanya ditunjukkan dengan logo tertentu yang menampilkan informasi kecepatan.

Sebagai contoh, Class 10 dengan huruf C dan nomor 10 di dalamnya, lalu UHS Speed Class 1 dengan huruf U dan nomor 1 di dalamnya, kemudian UHS Speed Class 3 dengan huruf U dan nomor 3 di dalamnya. Anda juga bisa melihat label I atau label II sebagai petunjuk mengenai kecepatan UHS bus-nya.

Semoga bermanfaat.