Tips & Trik

Tips Memanfaatkan Teknologi untuk Berbelanja Hemat

Kehadiran smartphone tidak hanya memudahkan manusia dalam aktivitas berkomunikasi, tetapi juga dalam berbelanja hemat. Sebelum ini, pembeli harus melakukan tawar-menawar terlebih dulu dengan penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Cara lain yang biasa dilakukan pembeli untuk memperoleh barang berharga murah adalah mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan diskon.

Tips Memanfaatkan Teknologi untuk Berbelanja Hemat

Sekarang para pembeli dapat memanfaatkan teknologi untuk berbelanja hemat, berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda lakukan :

1. Mengikuti akun toko langganan
Salah satu cara untuk mengetahui informasi terbaru seputar produk yang dijual adalah mengikuti akun media sosial toko langganan. Anda tidak hanya berkesempatan untuk tahu produk berharga miring, tetapi juga memperoleh informasi seputar promosi yang tengah menjadi program toko tersebut. Anda bisa memanfaatkan kode diskon atau kode voucher yang sedang berlaku untuk berbelanja hemat secara online. Dan tidak jarang, toko langganan mengadakan semacam kuis berhadiah.

2. Memanfaatkan kode referral
Tidak sedikit aplikasi atau website belanja online yang menyediakan fitur kode voucher. Salah satu cara penggunaan kode voucher tersebut adalah menukarnya dengan saldo uang yang dimiliki. Kode voucher biasanya diperoleh dari akun media sosial atau aplikasi toko tersebut ataupun meminta kepada teman yang sama-sama terhubung toko langganan. Beberapa aplikasi memungkinkan kode referral dapat digunakan bersama-sama dan biasanya Anda yang menggunakan kode referral juga memperoleh tambahan saldo.

3. Mengikuti newsletter
Selain promosi dan referral, toko langganan pada umumnya juga membuka akses bagi para calon pembeli atau pengunjung website untuk berlangganan newsletter. Anda cukup memasukkan alamat email di kolom berlangganan newsletter atau melakukan register di website toko langganan. Newsletter akan dikirimkan secara berkala melalui email dan Anda berkesempatan mengetahui berbagai informasi seputar belanja hemat.

4. Memanfaatkan credit card
Selain pembayaran menggunakan sisa saldo dan kartu ATM, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan credit card. Terlebih lagi, sudah banyak bank yang menjalin kerja sama dengan berbagai toko ritel dan juga toko online dalam memberikan promosi kepada para pelanggan. Anda bisa memanfaatkan credit card tidak hanya untuk membayar barang belanja, tetapi juga untuk menikmati berbagai promosi yang ditawarkan, seperti cicilan nol persen.

5. Menggunakan aplikasi
Lambat laun perkembangan bisnis beralih ke sistem online. Sementara itu di sisi lain, semakin banyak perusahaan belanja yang membuat aplikasi di smartphone untuk memudahkan para pembeli. Jadi, perusahaan tidak hanya memiliki akun di media sosial, tetapi juga membuat aplikasi secara khusus yang dapat diunduh di Play Store. Anda pun bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja hemat dengan mengetahui beberapa bonus dan penawaran khusus.

Semoga bermanfaat!