Tips & Trik

Tips Memaksimalkan Penggunaan Chrome dan Android

Hingga saat ini, tidak ada yang meragukan Google sebagai raksasa teknologi. Hal ini semakin ditegaskan dengan dua produk Google yang tidak saja populer tetapi juga punya nama besar. Yang pertama adalah Chrome sebagai web browser dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Dan yang kedua adalah Android sebagai sistem operasi smartphone yang mengusai 60% pasar dunia.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Chrome dan Android

Sobat Gaptex, apakah Anda termasuk salah seorang pengguna Chrome dan Android? Belum banyak yang mengetahui bahwa keduanya dapat menjadi kombinasi tepat dalam beraktivitas sehari-hari. Terutama, bagi Anda yang kerap berganti perangkat dari laptop ke smartphone atau sebaliknya. Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan penggunaan Chrome dan Android :

1. Sinkronisasi history
Banyak orang dengan kegiatan indoor mengakses Chrome melalui laptop atau komputer. Sedangkan untuk kegiatan outdoor, lebih banyak yang menggunakan perangkat Android. Dalam beberapa hal, perpindahan antar perangkat tersebut dirasa cukup merepotkan. Sebagai contoh, saat menemukan informasi menarik di Chrome, Anda harus segera pergi karena terburu-buru. Andai saja informasi tersebut dapat diakses dari perangkat Android.

Di sini, Chrome memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa mengetahui riwayat penelusuran atau daftar history di beberapa perangkat sekaligus. Anda bisa mengaksesnya dengan membuka aplikasi Chrome di perangkat Android. Pada gambar titik tiga di sudut kanan atas, pilih “Recent tabs”. Anda dapat melihat daftar alamat website yang pernah Anda kunjungi. Fitur ini dapat dilakukan dengan syarat Chrome dan Android terhubung oleh akun Google yang sama.

2. Sinkronisasi penunjuk arah
Sama halnya dengan sinkronisasi history, Google Maps memungkinkan Anda untuk mengirimkan lokasi atau rute perjalanan dari laptop atau komputer ke perangkat Android. Caranya adalah terlebih dulu Anda menuliskan lokasi awal dan lokasi akhir di Google Maps yang terdapat di laptop. Setelah rute ditampilkan, Anda dapat mengirim penunjuk arah ke perangkat Android dengan melakukan klik pada tulisan “Send directions to your phone”. Pastikan akun Google yang Anda gunakan sudah sign in ke aplikasi Chrome.

3. Kendali jarak jauh
Dengan menggunakan aplikasi Chrome Remote Desktop, Anda bisa mengontrol penggunaan Chrome di laptop atau komputer dari perangkat Android dan sebaliknya. Anda cukup memasang aplikasi tersebut di laptop dan smartphone. Chrome Remote Desktop sendiri adalah sebuah ekstensi yang terpasang di Chrome untuk melakukan kendali jarak jauh melalui akses internet. Anda harus memastikan bahwa Chrome terpasang di laptop dan smartphone, serta memiliki akses internet.

Contoh sederhana, Anda mendapatkan email masuk yang membutuhkan balasan file. File tersebut disimpan di laptop, sedangkan Anda tengah berada di luar rumah atau kantor. Anda bisa mengambil file dari laptop dengan menggunakan smartphone. Contoh lainnya, tim IT yang memeriksa komputer karyawan dapat mengecek status error di server dari jarak jauh.

4. Mencari posisi smartphone
Anda biasanya menggunakan aplikasi Android Device Manager untuk mencari smartphone yang hilang atau lupa diletakkan. Dengan akun Google yang sama, Anda kini dapat melakukan pencarian dengan menggunakan Chrome di laptop atau komputer. Caranya tidak terlalu sulit, Anda cukup mengetikkan “Find your phone” pada kolom pencarian Google. Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju laman yang menunjukkan posisi terakhir smartphone Anda. Namun seperti biasa, pastikan dahulu akun Google sudah sign in ke aplikasi Chrome.

5. Membuat reminder
Tips kelima diperuntukkan bagi Anda yang kerepotan membuat reminder atau pengingat di kalender. Cara ini memanfaatkan fitur Google Now yang sudah tersedia di banyak perangkat Android. Anda cukup menuliskan “Remind me to X at Y” pada kolom pencarian Google di laptop atau komputer. Setelah itu, pilih tulisan “Remind me on Google Now”. Secara otomatis, Google Now akan mengingatkan jadwal yang sudah Anda buat pada perangkat Android. Untuk memastikan fitur ini bekerja dengan baik, pastikan Anda memiliki Google Now pada perangkat Android.

Semoga bermanfaat.