Tips & Trik

Tips Melacak Smartphone Android yang Hilang

Sebelumnya kami pernah memberikan tips untuk melacak iPhone yang hilang. Nah, kali ini kami akan memberikan tips penting untuk melacak keberadaan smartphone Android Anda jika sewaktu-waktu Anda lupa atau bahkan kehilangan.

Tips Melacak Smartphone Android yang Hilang

Tidak semua smartphone Android bisa kita lacak jika hilang. Hanya yang sudah dilakukan setting konfigurasi saja yang bisa kita lacak. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan setting konfigurasi pada smartphone Anda agar jika suatu saat keadaan yang tak menyenangkan ini terjadi, Anda dapat melakukan pelacakan sendiri. Dan tips kali ini hanya berlaku pada smartphone yang telah melakukan konfigurasi di pengaturan Google.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi di pengaturan Google.

Setelan Google
Langkah awal yang wajib dilakukan adalah mengatur keamanan di setelan Google. Berikut langkah-langkahnya :
– Masuk ke Setelan Google.
– Masuk ke menu keamanan.
– Centang bagian”Cari Lokasi perangkat ini dari jarak jauh” dan “Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh” yang ada pada bagian “Pengelola Perangkat Android”.
– Kemudian nyalakan GPS Anda.
– Setelah itu Anda dapat mencoba meletakkan ponsel ke tempat lain misalnya di tempat saudara.
– Yang perlu Anda ketahui, akses data operator harus tersambung dan sebelumnya Anda harus login Gmail pada smartphone Anda.

Untuk mencobanya, dibutuhkan perangkat yang dijadikan remot seperti PC, Laptop, atau bisa juga smartphone lain. Berikut cara melacak lokasi smartphone Anda yang sebelumnya telah disetting seperti yang telah dijelaskan diatas :

Pertama, bukalah situs Android Device Manager.
– Anda akan dibawa untuk melakukan login Gmail. Lakukan login Gmail dengan akun yang sama pada waktu Anda login Gmail di smartphone Anda yang hilang.
– Setelah login, Anda akan disuguhkan peta dan tools untuk melakukan pencarian.
– Jika lokasi telah ditemukan, akan tampil alamat dimana smartphone Anda berada.
– Lokasi smartphone pun akan diberi lingkaran biru pada tampilan peta.
– Di dalam kolom peralatan, ada tiga pilihan yang memiliki fungsi masing-masing. Pertama ada tombol Deringkan/Ring. Tombol ini berfungsi untuk menderingkan smartphone Anda dengan volume maksimal selama lima menit. Hal ini tetap berlaku walaupun tadinya smartphone Anda dalam keadaan Silent.

Kedua, ada tombol Lock/Kunci.
Ini berfungsi untuk mengunci smartphone Anda agar orang lain tidak dapat membuka dan menggunakannya. Tombol ini sangat berfungsi bagi Anda yang ingin melindungi data-data penting Anda ketika Anda kehilangan smartphone.

Ketiga, adalah tombol Hapus/Erase.
Tombol ini memiliki fungsi untuk menghapus data-data Anda dari jarak jauh. Misalnya Anda ingin menghapus foto, video, aplikasi, kontak, dan lainnya. Pilihan ini adalah pilihan terakhir untuk keamanan data Anda bila smartphone Anda benar-benar tidak bisa ditemukan.

Semoga bermanfaat.