Seputar Tekno

Tips Kurangi Penggunaan Data Pada WhatsApp

Kini, makin banyak media yang memungkinkan Anda untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang Anda kenal. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. kali ini kami akan memberikan sedikit tips terbaru agar Anda dapat menghemat pemakain data untuk aplikasi WA.

Tips Kurangi Penggunaan Data Pada WhatsApp Pasti chatting di WhatsApp bersama teman atau keluarga makin menyenangkan jika Anda tidak terbeban dengan besarnya data yang diserap oleh aplikasi satu ini, iya kan? Bagaimana caranya? Yuk baca dan aplikasikan tips berikut ke smartphone masing-masing.

1. Atur WhatsApp Autodownload ke Wifi
Anda harus mengatur autodownload WhatsApp terlebih dahulu agar dapat meminimalkan data yang digunakan. WA akan secara otomatis mendownload semua pesan media, baik itu menggunakan kuota Anda maupun Wifi. Oleh karena itu, Anda harus mengubah pengaturan download hanya menggunakan Wifi aja.
Caranya :
Masuk ke menu Setting lalu pilih Chat and call (chatting dan panggilan), lalu pilih Media Autodownload (Unduh-otomatis media) dan pilihlah media diunduh via wifi atau tidak. Atau pilih bagian tengah (saat tersambung ke Wifi) dan centang tulisan gambar, audio, video. Sedangkan untuk pilihan ‘saat menggunakan data seluler’ dan ‘saat roaming’ Anda tidak perlu mencentang apa-apa.

2. Save Data Usage di WhatsApp Calls
Saat Anda membuat VoIP call, akan banyak kuota data yang tersedot untuk mentranfer voice data. Untuk itu Anda harus menguranginya dengan cara masuk ke Setting, lalu Chat and calls, kemudian Anda centang ‘Low Data Usage’ atau ‘Gunakan Data Minimum’.

3. Matikan Backup Chat WhatsApp dengan Data Seluler
Pada aplikasi WhatsApp, terdapat fitur untuk membackup data ke cloud. Namun sayangnya data yang digunakan cukup banyak. Karena itulah Anda perlu menyiasatinya, yaitu dengan cara masuk ke Setting, lalu pilih chat and calls, kemudian pilih backup chat (cadangkan chat), lalu Anda dapat memilih ‘Cadangkan lewat’ dan pilihlah wifi.

Semoga bermanfaat!