Tips & Trik

Tips Keamanan Gunakan Perangkat Mobile Dari Google

Sisi positif dari perkembangan teknologi saat ini ialah kita dapat mengakses berbagai informasi dengan sangat mudah dan cepat. Begitu pula dengan kehadiran perangkat-perangkat mobile yang canggih memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi skala dunia dimana saja dan kapan saja. Namun, kehadiran manfaat dari kecanggihan teknologi tersebut tentunya diikuti dengan hadirnya dampak negatif bagi pengguna.

Tips Keamanan Gunakan Perangkat Mobile Dari Google

Karena itulah kali ini kami akan memberikan beberapa tips keamanan yang diberikan oleh Google dalam menggunakan perangkat mobile.

1. Pasang atau gunakan PIN pada perangkat mobile pribadi Anda
Perangkat mobile adalah benda pribadi yang harus Anda jaga keamanannya, karena di dalamnya pasti terdapat data-data penting yang tidak semuanya harus diketahui semua orang. Karena itulah sangat penting untuk memasang PIN, baik berupa password ataupun pola agar perangkat mobile pribadi Anda tidak dapat dibuka dan digunakan sembarang orang.

2. Download aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya
Biasanya saat Anda memiliki perangkat mobile, Anda pasti akan berpikir untuk mengunduh beberapa aplikasi yang Anda butuhkan, terlebih jika Anda membeli ponsel baru. Sangat wajar bila Anda mengisinya dengan beberapa aplikasi yang Anda suka. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih aplikasi. Karena beberapa aplikasi dapat berisi software yang berbahaya bagi perangkat Anda. Disarankan untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store untuk Android, dan iTones pada iPhone.

3. Berhati-hati saat Gunakan WiFi Public
Saat ini tempat-tempat umum makin banyak saja yang menyediakan fasilitas WiFi agar menarik perhatian masyarakat. Anda sebagai pemilik perangkat mobile harus tetap waspada saat menggunakan WiFi tersebut. Sebab jaringan WiFi terbuka dapat dimanfaatkan untuk penyalahgunaan informasi pribadi. Sebisa mungkin hindari untuk memasukkan info pribadi ataupun password Anda. Hindari juga transaksi online seperti transaksi perbankan dan juga belanja online.

4. Jelaskan pada anak mengenai penggunaan internet
Kini anak-anak juga tak mau ketinggalan, rata-rata mereka sudah memiliki perangkat pribadi meskipun belum terlalu paham fungsi perangkat itu sendiri. Sebelum Anda memberikannya, lebih baik jelaskan terlebih dahulu fungsi dan bahaya dari penggunaan ponsel atau perangkat lainnya. Tekankan juga untuk tidak memberikan informasi pribadi walaupun diiming-imingi dengan hadiah.

5. Bila perangkat hilang segera aktifkan Android Device Manager
Jika suatu saat Anda kehilangan smartphone Android Anda, segera aktifkan Android Device Manager. Anda dapat mencari lokasinya dari jarak jauh. Anda juga dapat membunyikan, mengunci bahkan menghapus data pribadi dari jarak jauh. Sebelumnya kami pernah memberikan tips jika Anda kehilangan ponsel Android.