Tips & Trik

Tips Jadi Youtuber Terkenal

Saat ini, Youtube bukan menjadi media untuk berbagi video saja melainkan juga sebagai media untuk mendapatkan uang. Caranya bagaimana? Anda dapat mencoba menjadi Youtuber yang membagikan konten video menarik untuk ditonton oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara, baik dalam konten game, make up, atau kehidupan sehari-hari. Tak tanggung-tanggung, seorang Youtubers terkenal mendapatkan uang puluhan juta setiap bulannya sehingga terkadang menjadi Youtubers adalah pekerjaan tetap seseorang.

Tips Jadi Youtuber Terkenal

Banyak pelaku Youtuber pemula yang membuat konten video, namun tidak memperhatikan aspek-aspek utama yang menjadi pilihan mutlak sampai menjadi Youtuber sukses. Banyak dari mereka yang kurang mengerti bagaimana karakteristik dirinya dan penontonnya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tips-tips jadi Youtuber terkenal yang telah di rangkum di bawah ini.

1. Konsisten dan Berinovasi
Yang dimaksud konsisten adalah Anda harus yakin dengan tujuan yang akan diraih. Menjadi seorang yang konsisten memang tak mudah dan butuh kerja keras terhadap apa yang di inginkan. Jika Anda ingin menjadi Youtuber terkenal, maka Anda harus konsisten pada pembuatan video, jadwal posting video, tema konten yang sama, dan sebagainya,

Kemudian, seorang Youtuber juga perlu memberikan inovasi terbaru, namun bukan berarti harus membuat video dengan tema berubah-ubah, melainkan lebih ke karakter si pemain video dan konten yang dipilih. Berilah sesuatu yang baru kepada masyarakat sehingga mereka akan tertarik melihat video Anda.

2. Perlengkapan yang Memadai
Meskipun bukan faktor utama, namun Anda juga harus mempunyai perlengkapan yang memadai untuk menjadi seorang Youtuber. Beberapa waktu lalu, kami telah memberitahukan 7 peralatan yang memudahkan untuk menjadi Youtuber dan di antara ketujuh barang tersebut, setidaknya Anda harus memiliki beberapa di antaranya seperti kamera, microphone, dan PC.

3. Memiliki Akun Sosmed yang Lengkap
Setelah Anda telah memutuskan untuk menjadi Youtuber dan juga ingin mendapatkan thread dari penonton di komentar Youtube, Anda juga harus menyiapkan akun media sosial sebagai sarana branding dan promosi. Apabila sudah terkenal di salah satu sosmed, contohnya Facebook, maka branding Anda dapat menular hingga ke Facebook, Twitter dan sebagainya, sehingga Anda dapat terkenal dengan cepat. Hal ini dikarenakan oleh jumlah pengguna sosmed sangat banyak.

4. Kolaborasi dengan Teman atau Youtuber Lain
Apabila memungkinkan, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan Youtuber pemula lainnya, tidak apa-apa meski mereka tidak mempunyai banyak subscriber atau bahkan 0 subs. Tujuan utama dari cara ini adalah mutualisme dalam sebuah konten, sehingga akan jauh lebih cepat jika Anda dapat berkolaborasi dengan Youtuber yang lebih terkenal. Tapi pada intinya sebuah kolaborasi bertujuan untuk memperkaya konten video secara tidak langsung atau juga berpotensi membawa subscriber-subscriber baru.

5. Terima Feedback dari Penonton Anda
Mungkin nantinya sebagian orang akan mengomentari video Anda, dan mungkin juga akan bersifat trolling, beberapa akan negatif, dan sebagian komentar lainnya bersifat membangun. Terimalah semua feedback ini untuk memperbaiki video Anda berikutnya, baik itu positif atau negatif, seseorang yang mengkritik atau mengoreksi karya Anda masih jauh lebih baik daripada tidak ada yang berkomentar sama sekali. Hal ini membuktikan bahwa mereka masih peduli dan perhatian dengan karya-karya Anda.