Tips & Trik

Tips Dalam Memilih Hardisk External

Hardisk external adalah alternatif media penyimpanan data selain USB sticks dan SD cards. Jika Anda termasuk pengguna layanan Cloud, ada baiknya mempertimbangkan hardisk external sebagai solusi pelengkap. Sebab bagaimanapun juga, penyimpanan online atau backup online memiliki beberapa kekurangan seperti akses internet yang mungkin tidak selalu tersedia dan kecepatan akses data yang terkadang melambat.

Tips Dalam Memilih Hardisk External

Selain mudah dibawa dan disimpan, hardisk external juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar. Jika kami pernah membahas tentang tips membawa dan menyimpan hardisk external, kali ini kita akan mengulas tips dalam memilih hardisk external terbaik :

1. Pastikan perangkat dapat terkoneksi dengan baik
Koneksi atau ketersambungan perangkat adalah hal penting pertama yang harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai setelah membeli, hardisk external tersebut tidak dapat terkoneksi dengan baik pada laptop atau komputer. Dengan kata lain, jangan sampai hardisk external tidak kompatibel dengan laptop atau komputer. Anda perlu memperhatikan jenis port yang kompatibel, misalnya port USB dan Thunderbolt.

Jika laptop yang dipakai adalah MacBook dari Apple, Anda perlu memilih perangkat dengan ketersediaan port Thunderbolt. Begitu pula sebaliknya, jika laptop yang digunakan memakai sambungan USB, Anda perlu memilih perangkat yang dapat terkoneksi melalui kabel USB. Namun beberapa hardisk external saat ini ada yang bisa tersambung dengan laptop baik dengan port USB maupun Thunderbolt.

2. Pastikan perangkat memiliki kecepatan optimal
Hardisk external yang dipadukan dengan solid state drive (SSD) untuk penyimpanan data cenderung memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat. Biasanya, SSD ini sangat dirasakan manfaatnya ketika bekerja dengan konten-konten multimedia seperti video dan film. Akan tetapi, SSD ikut berpengaruh pada harga hardisk external yang lebih tinggi bila dibandingkan hardisk external non-SSD.

Berbicara tentang kecepatan, hardisk external dengan port Thunderbolt memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi daripada yang menggunakan port USB. Untuk USB sendiri, jenis USB 3.1 memiliki kecepatan dua kali lebih tinggi daripada USB 3.0. Sedangkan untuk jenis USB 3.0, kecepatannya bisa mencapai 10 kali lebih tinggi daripada USB 2.0.

Selain transfer data, kecepatan lain yang juga perlu diperhatikan adalah kecepatan rotasi atau putaran piringan hardisk. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kemampuan baca dan tulis data, terutama jika Anda sering berurusan dengan konten multimedia. Kecepatan rotasi yang ditawarkan adalah 5400 rpm, 7200 rpm, dan 10.000 rpm. Semakin tinggi kecepatan rotasi, semakin baik performa yang diberikan.

3. Pastikan perangkat memiliki kapasitas penyimpanan ideal
Semakin besar memori hardisk external yang dimiliki, biasanya semakin memuaskan penggunanya. Anda tidak lagi merasa khawatir bahwa perangkat akan kehabisan free space. Meski demikian, semakin besar kapasitas penyimpanan biasanya juga berpengaruh pada harganya yang semakin mahal. Untuk menentukan kapasitas yang ideal, sebenarnya Anda cukup memastikan bahwa hardisk external yang akan dibeli memiliki memori yang lebih besar daripada memori yang ada di laptop.

Hardisk external menawarkan kapasitas penyimpanan yang beragam, antara lain 500 GB, 750 GB, 1 TB, 1.5 TB, dan 2 TB. Apabila kapasitas penyimpanan ini merupakan pertimbangan utama dalam memilih hardisk external, Anda bisa membeli perangkat yang berkapasitas 4 TB.

4. Pastikan perangkat akan terpakai dalam waktu lama
Anda tentu ingin hardisk external yang dibeli awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa laptop atau komputer yang digunakan juga awet dan tahan lama. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar perangkat tetap kompatibel. Sebagai contoh, Anda ingin supaya hardisk external bisa terkoneksi juga dengan laptop yang rencananya akan dibeli beberapa waktu mendatang. Jika laptop tersebut tidak kompatibel, Anda memerlukan tambahan port USB-C untuk menyambungkan laptop dengan hardisk external.

Semoga bermanfaat.