Tips & TrikTutorial

Tips Cegah Goresan di Layar Smartphone

Meski smartphone yang Anda miliki saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur layar keren, seperti corning Gorilla Glass dan lain sebagainya, bukan berarti layar tersebut akan selamanya bebas dari goresan dan baret. Tak percaya? Silahkan coba Anda gesekkan ke area yang cukup tajam dan lihat goresan akan segera terlihat.

Tips Cegah Goresan di Layar Smartphone

Faktanya, Layar merupakan salah satu komponen smartphone yang sensitif dan memiliki risiko kerusakan paling tinggi karena posisisnya yang ada di bagian luar smartphone. Tanpa terjatuh dan terkena permukaan kasar pun, layar smartphone yang tidak ‘dilindungi’ akan tergores, cepat atau lambat.

Pakai Antigores
Meski terkesan kuno, nyatanya menggunakan antigores merupakan cara paling efektif untuk melindungi layar smartphone dari gores dan baret. Pada beberapa tipe smartphone, antigores juga bisa meredam sensitivitas layar sehingga sangat membantu (contohnya pada Sony Xperia).

Selain itu, antigores yang bagus juga bisa berfungsi sebagaimana kaca ‘riben’ pada mobil, melindungi mata dan melindungi dari aksi intip-intip. Cek berbagai pilihan antigores disini.

Kain Microfiber
Jika Anda menggunakan kacamata, Anda pasti tahu betul dengan kain untuk melap kacamata. Kain-kain sejenis itu, atau jenis microfiber yang banyak dijual merupakan lap yang Anda gunakan untuk membersihkan atau mengusap layar smartphone Anda. Tips ini wajib diikuti jika Anda sama sekali tidak menggunakan lapisan antigores.

Tips Cegah Goresan di Layar Smartphone 1

Perlu diingat bahwa frekuensi ‘bersih-bersih’ smartphone sebaiknya dilakukan sesekali saja. Jangan terlampau sering. Hindari juga penggunaan cairan-cairan pembersih yang terlalu kuat. Cukup gunakan air saja.

Gunakan Jari, Bukan Kuku
Layar smartphone didesain untuk berhadapan dengan jari, bukan kuku Anda yang tajam. Biasakan untuk menggunakan jari ketika menyentuh.

Selamat mencoba!