Tips & Trik

Tips Aktifkan Hybrid Sleep Pada Windows

Bagi Anda yang sudah menggunakan sistem operasi Windows untuk PC atau laptop, pastinya sudah kenal bukan dengan fitur sleep dan hibernate? Namun, pada sebagian orang sangat jarang bahkan tidak mengerti apa kegunaan fitur tersebut. Padahal jika penggunanya tahu pastinya akan membantu mereka dalam beraktvitas dengan PC ataupun laptop. Oleh sebab itu, pada kesempatan hari ini kami uraikan tips aktifkan hybrid sleep pada windows.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu sleep dan hibernate?
– Apa itu hybrid sleep
– Tips aktifkan hybrid sleep pada windows

Apa Itu Sleep dan Hibernate?
Fitur sleep merupakan sebuah fitur untuk situasi di mana komputer atau laptop Anda buat dalam keadaan tidur. Tetapi ketika dalam mode sleep semua data atau program yang sedang berjalan masih aktif dan tersimpan dalam memori. Saat mode tidur diaktifkan, PC ataupun laptop akan masuk ke mode hemat daya sehingga daya yang digunakan akan lebih sedikit.

Lalu berlanjut ke fitur hibernate, fitur yang satu ini sering disamakan dengan sleep. Fitur ini sebenarnya sama dengan sleep yang membuat komputer dalam keadaan tidur. Namun semua program yang sedang dijalankan sebelumnya akan dinonaktifkan apabila Anda menggunakan mode hibernate. Sama seperti sleep, ketika hibernate diaktifkan maka perangkat juga langsung masuk ke mode hemat daya. Jika masih belum paham, baca juga artikel kami sebelumnya tentang membedakan shut down, sleep dan hibernate.

Pengertian Hybrid Sleep
Hybrid sleep dapat dikatakan sebagai fitur atau mode yang menggabungkan antara sleep dan hibernate. Ketika diaktifkan maka semua dokumen, data dan aplikasi akan disimpan ke hard disk. Di sini perangkat juga akan masuk ke mode hemat daya sehingga tidak menggunakan terlalu banyak daya. Sebenarnya lebih baik mana di antara ketiganya, semua tergantung kebutuhan Anda. Apabila Anda hanya ingin mengistirahatkan perangkat untuk waktu yang tidak terlalu lama maka gunakan mode sleep. Akan tetapi apabila Anda ingin mengistirahatkan perangkat dalam waktu yang cukup lama maka gunakan mode hibernate.

Dan bisa juga mengaktifkan hybrid sleep untuk mode mengistirahatkan perangkat baik dalam waktu lama maupun singkat. Dikutip dari JalanTikus.com, kelebihan mengaktifkan mode ini adalah apabila tiba-tiba rumah Anda mati listrik (atau sering disebut mati lampu), maka sistem perangkat Anda akan tetap aman karena sudah disimpan pada hard disk.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini, berikut kami uraikan tips aktifkan hybrid sleep pada windows:
1. Klik kanan pada ikon baterai di taskbar, lalu pilih power option
2. Pilih salah satu dan klik pada opsi Change plan settings
3. Setelah masuk, selanjutnya Anda pilih opsi Change advance power setting untuk menampilkan pengaturan lanjutan
4. Lalu setelah di klik maka akan muncul windows baru dan klik tanda tambah (+) yang ada di opsi sleep
5. Pilihan selanjutnya akan muncul lagi dan klik tanda tambah (+) yang ada di opsi Allow hybrid sleep
6. Ubah pengaturan off yang tertera di sana, jika sudah silakan klik OK pada kanan bawah
7. Jika semua sudah dilakukan, maka selamat sekarang windows Anda telah berhasil mengaktifkan fitur hybrid sleep
8. Terakhir, silakan restart PC atau perangkat laptop Anda agar pengaturannya berubah dan berfungsi sepenuhnya.

Bagaimana cukup mudah bukan Sobat? Lakukan tips aktifkan hybrid sleep pada windows yang kami uraikan di atas. Ingatlah selalu untuk menggunakan fitur ini apabila Anda ingin berhenti menggunakan perangkat (sementara), agar data yang ada tetap tersimpan dan baterai perangkat Anda tetap hemat daya. Semoga bermanfaat.