PCSeputar Tekno

Software Recovery Data Terbaik 2016

Salah klik sehingga menghapus total secara permanen isi disk? Atau tidak sengaja memformat hard drive atau flash disk? Sebelum Anda panik jungkir-balik tujuh keliling, tarik nafas dalam-dalam, dan tenangkan diri Anda. Kita masih dapat mendapatkan kembali data-data Anda yang hilang. Kok bisa?

Software Recovery Data Terbaik 2016

Sebenarnya, ketika Anda menghapus atau memformat suatu disk, hanya tabel database-nya saja yang dikosongkan, tetapi data-data lama masih berada di dalam disk, selama tempat mereka belum ditimpa data yang baru. Nah, untuk mengambil kembali data-data lama, kita memerlukan software khusus, yakni software data recovery.

Berikut ini beberapa software recovery data terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Data Rescue PC3

Software Recovery Data Terbaik 2016 1

Data Rescue PC3 didesain secara khusus untuk bekerja di lingkungan profesional guna memulihkan data-data lama secara rutin. Ia tidak hanya mampu mengembalikan file-file individual, tetapi juga rekaman boot, tabel partisi, serta konfigurasi RAID yang kompleks. Software ini bahkan dapat memberitahu Anda jika recovery yang Anda butuhkan memerlukan kemampuan melebihi kekuatan software tersebut, dan memberikan cara-cara untuk mengontak dan meminta bantuan langsung dari tim pengembangnya di lab Prosoft Data Rescue Center. Dalam hal performa, Data Rescue PC3 mampu mengembalikan data yang hilang dari hardisk drive (HDD) secara sempurna, dan bekerja cukup baik di solid state drive (SSD). Data Rescue PC3 juga disertai dengan segudang fitur ekstensif.

2. Ontrack EasyRecovery 11.5

Software Recovery Data Terbaik 2016 2

Ontrack EasyRecovery 11.5 merupakan software data recovery dengan performa unggulan untuk berbagai macam jenis kehilangan data di berbagai media penyimpanan. Pilihan utama untuk kebutuhan personal, baik buat urusan kerja maupun kasual. Untuk pemulihan data yang terhapus, Ontrack EasyRecovery 11.5 mampu mengembalikan 99% data di HDD, 98% di SSD, dan 90% di kartu microSD. Sementara untuk pemulihan drive yang terformat, Ontrack EasyRecovery 11.5 dapat mengembalikan paling tidak 68% data, tergantung dari tingkat kerusakan partisi yang terjadi. Ontrack EasyRecovery 11.5 terutama bekerja sangat baik untuk file-file dokumen. Tool-tool filter yang disediakan pun amat membantu dalam menyortir setumpuk data yang berhasil dikembalikan oleh software tersebut.

3. EaseUS Data Recovery Wizard

Software Recovery Data Terbaik 2016 3

Opsi gratis nan cukup powerful. EaseUS Data Recovery Wizard bisa menjadi pilihan Anda ketika Anda dalam situasi darurat membutuhkan software data recovery yang bisa langsung bekerja mengembalikan data dengan segera tanpa merepotkan urusan bayar-membayar. Dengan versi gratis, EaseUS Data Recovery Wizard dapat langsung bekerja memulihkan data dengan berbagai format. Hanya saja, versi gratis ini hanya memberikan kemampuan pemulihan sebesar 1 GB, cukup lapang untuk mengambil dokumen-dokumen dan beberapa gambar penting, meski mungkin kurang untuk file-file media. Bila perlu, Anda bisa meng-upgrade ke full version seharga US$70.

Semoga bermanfaat!