Review

Review Xiaomi Redmi 3 Pro : RAM 3 GB, ROM 32 GB

Xiaomi Redmi 3 Pro merupakan pelengkap dari seri pendahulunya Redmi Note 3. Baik dari segi desain, spesifikasi, maupun harga, kedua seri ini sebenarnya hampir sama, namun tentunya Xiaomi Redmi 3 Pro dilengkapi lagi dengan beberapa peningkatan.

Review Xiaomi Redmi 3 Pro

Desain
Redmi 3 Pro hadir dengan tampilan fisik yang lebih kecil dan lebih tipis dari Redmi Note 3. Xiaomi merancang Redmi 3 Pro dengan ukuran panjang 139.3 mm, lebar 69.6 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Bobotnya juga dirancang lebih ringan dengan berat sekitar 144 gram. Anda juga akan mendapati layarnya masih sama dengan teknologi IPS LCD Capacitive Touchscreen, hanya saja sejalan dengan dimensi dan bobot, tampilan layar juga menjadi lebih sederhana. Smartphone ini memiliki layar seluas 5.0 inch dengan resolusi 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 ppi. Walaupun lebih simpel, Anda tetap mendapatkan visualisasi dengan akurasi warna mencapai 16 juta warna. Tidak hanya nyaman di genggaman tangan, Redmi 3 Pro juga enak di pandangan mata.

Performa
Jika menyempurnakan varian produk yang sama, Xiaomi selalu membekali perangkat yang baru dengan spesifikasi penyimpanan yang lebih lega. Begitu pula jika membandingkan Redmi 3 Pro dan Redmi Note 3. Anda akan menjumpai bahwa memori RAM dan ROM yang dimiliki oleh Redmi 3 Pro lebih tinggi, masing-masing 3 GB dan 32 GB. Besarnya memori tersebut menjadikan berbagai aktivitas Anda semakin multi tasking jika harus membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Sementara itu, tidak ada peningkatan yang signifikan pada prosesornya yakni masih menggunakan Qualcomm Snapdragon Quad Core yang berkecepatan 1.5 GHz. Sedangkan prosesor grafisnya juga menggunakan tipe Adreno.

Sebagai smartphone 4G LTE, Xiaomi menjamin Anda bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Keunggulan lainnya terletak pada sensor fingerprint yang juga didukung oleh sensor gyroscope. Selain berfungsi sebagai pengaman, sensor tersebut berperan ketika Anda menikmati games atau video VR dengan tampilan 360 derajat. Bagi penikmat fotografi, Redmi 3 Pro dibekali kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP dengan fitur umum LED Flash untuk mengatur pencahayaan gambar. Meskipun kamera belakangnya lebih rendah daripada Redmi Note 3 yang berkekuatan 16 MP, Anda tetap dapat memperoleh kualitas gambar yang memuaskan. Hal ini dikarenakan fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) yang membuat penguncian objek lebih fokus daripada fitur Autofocus biasa.

Baterai
Untuk mendukung kelancaran aktivitas, Xiaomi menyematkan baterai non-removable dengan paduan Lithium-Ion berkapasitas 4100 mAh pada Redmi 3 Pro. Kapasitas ini sekitar 100 mAh lebih besar dibandingkan Redmi Note 3. Baterainya juga dilengkapi fitur Fast Battery Charging yang menjadikan proses pengisian daya semakin optimal.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 3 Pro
Product Dimensions L x W x H (139.3 x 69.6 x 8.5) mm
Product Weight 144 gr
Screen Display 5.0 inch
Screen Resolution 1280 x 720 pixels (~294 ppi pixel density)
Screen Type IPS LCD Capacitive Touchscreen, 16M Colors
Operating System Android 5.1 Lollipop
Processor Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
CPU Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Memory RAM 3 GB
Memory ROM 32 GB
Memory External MicroSD, up to 128 GB
Camera Rear 13 MP, f/2.0 (Phase Detection Autofocus, LED Flash)
Camera Front 5 MP, f/2.2
Video 1080p@30fps
Technology GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE
Wireless Yes, Wi-Fi 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct, Hotspot
Bluetooth Yes, Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, A-GPS, GLONASS, BDS
USB Port MicroUSB v2.0
Audio Loudspeaker, 3.5mm Jack
SIM Type Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM)
Battery Non-removable Li-Ion 4100 mAh
Available Color Dark Grey, Silver, Gold
Warranty 1 year

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro
– Jaringan sudah menggunakan 4G LTE
– Dukungan kamera 13MP dan 5MP dengan fitur PDAF
– Kapasitas baterai, RAM, dan ROM lebih besar

Harga Xiaomi Redmi 3 Pro
Dapatkan penawaran terbaik Xiaomi Redmi 3 Pro disini.