Review

Review Xiaomi Redmi 2 Prime : RAM 2 GB, ROM 16 GB

Redmi 2 Prime dihadirkan oleh Xiaomi untuk merayakan satu tahun keberadaannya di pasar Indonesia. Smartphone 4G LTE ini sekaligus menyempurnakan pendahulunya yaitu seri Xiaomi Redmi 2. Meski rilis pada 2015 lalu, sejumlah fitur yang dimiliki tidak ketinggalan zaman.

Review Xiaomi Redmi 2 Prime

Desain
Redmi 2 Prime hadir dengan tampilan fisik sedikit lebih kecil dan lebih tipis dari Redmi 2. Xiaomi merancang produk ini dengan panjang 134 mm, lebar 67 mm, dan ketebalan 9 mm. Beratnya sekitar 133 gram, cukup nyaman di dalam genggaman tangan. Bodinya tersusun dari material sintetis yang cukup melindungi perangkat ini dari tekanan dan goresan kecil. Keempat pinggiran masih didesain dengan bentuk melengkung yang memberikan kesan artistik. Tekstur halus dan finishing doff di bagian cover belakang turut member rasa nyaman dan yang terpenting menjadikan bagian ini bebas sidik jari dan minyak. Layarnya sendiri berukuran 4.7 inch dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kerapatan 312 ppi. Anda tetap berkesempatan memperoleh tampilan visual yang enak dipandang mata, apalagi layarnya menggunakan teknologi in-plane switching (IPS) Capacitive Touchscreen.

Performa
Xiaomi membekali Redmi 2 Prime dengan spesifikasi RAM dan ROM yang lebih tinggi daripada Redmi 2, yaitu masing-masing 2 GB dan 16 GB. Kapasitas memori yang lebih besar ini menjamin performa Redmi 2 Prime semakin berkualitas dibandingkan pendahulunya. Untuk prosesor yang digunakan masih tetap sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 410 64-bit dengan kecepatan 1.2 GHz. Jenis prosesor grafis juga tidak berbeda yakni GPU Adreno 306. Begitu pula sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan serangkaian aplikasi. Android 4.4 KitKat dipercaya Xiaomi mampu menawarkan kinerja multi tasking yang stabil dan tidak mengecewakan bagi para penggunanya.
Dari segi koneksi, jaringan utama 4G LTE menjamin Anda bisa berselancar di dunia maya lebih baik dari Redmi 2. Kecepatan download Redmi 2 Prime bisa mencapai 150 MBps. Fitur jaringan internet ini sekaligus merupakan komitmen Xiaomi dalam upaya menghadirkan smartphone 4G LTE dengan harga sangat terjangkau. Selain internet, Redmi 2 Prime juga dapat terkoneksi dengan Wi-Fi dan Bluetooth, namun belum tersambung dengan NFC. Untuk segi fotografi, Redmi 2 Prime dibekali kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Seperti smartphone 4G LTE pada umumnya, fitur kamera ikut dilengkapi Autofocus dan LED Flash untuk mengatur titik fokus dan tingkat pencahayaan. Selain itu, masih ada lagi fitur-fitur kamera lain, seperti geo-tagging, face/smile detection, dan fitur HDR.

Baterai
Untuk menunjang performa secara keseluruhan, Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 2200 mAh pada smartphone ini. Teknologi quick charge yang dimiliki mampu mempercepat proses charging hingga 40%. Meskipun tidak sebesar baterai smartphone kelas premium, daya tahan yang dihasilkan termasuk mencukupi di kelasnya. Anda bisa beraktivitas seharian penuh dengan perangkat ini dengan ritme kerja yang normal. Akan tetapi jika aktivitas harian Anda termasuk padat, sebaiknya siap sedia power bank untuk melakukan charging apabila sewaktu-waktu baterai hampir habis.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 2 Prime
Product Dimensions L x W x H (134 x 67 x 9) mm
Product Weight 134 gr
Screen Display 4.7 inch
Screen Resolution 1280 x 720 pixels (~312 ppi pixel density)
Screen Type IPS Capacitive Touchscreen
Operating System Android 4.4 KitKat
Processor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz
GPU Adreno 306
Memory RAM 2 GB
Memory ROM 16 GB
Memory External MicroSD, up to 32 GB
Camera Rear 8 MP (3264 x 2448 pixels, Autofocus, LED Flash)
Camera Front 2 MP
Video 1080p@30fps
Data Connection GPRS, EDGE, HSDPA, HSPA, LTE (2G/3G/4G)
Wireless Yes, Wi-Fi 802.11b/g/n, Wi-Fi Hotspot
Bluetooth Yes, Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes
USB Port MicroUSB v2.0, USB Host
Audio Speaker, 3.5mm Jack
SIM Type Micro SIM, Dual SIM Slots
Battery Li-Po 2200 mAh
Warranty 1 year

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime
– Jaringan sudah menggunakan 4G LTE
– Kapasitas ROM besar

Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime
– Sistem operasi masih Android 4.4 KitKat

Harga Xiaomi Redmi 2 Prime
Dapatkan penawaran terbaik Xiaomi Redmi 2 Prime disini.