Review

Review Xiaomi Mijia 360 : Kamera Panoramic 23.88 MP

Virtual Reality menjadi salah satu teknologi yang sedang booming saat ini, dan beberapa orang pun rela membeli sebuah headset VR meskipun harganya cukup tinggi. Dibandingkan dengan video biasa, video VR-ready memang lebih bagus. Apalagi sejak bermunculan kamera 360 derajat yang memudahkan Anda untuk memotret video panorama. Meskipun begitu, tidak wajib bagi Anda untuk memiliki headset Virtual Reality (VR) untuk menonton video ini, karena Anda masih dapat menikmati videonya di tampilan reguler. Salah satu kamera 360 yang mendukung semua hal itu ialah produk dari Xiami yang akan kami ulas hari ini yaitu review Xiaomi Mijia 360.

Sejauh ini, sebagian besar kamera 360 derajat dibanderol dengan harga mahal, namun di awal tahun ini, produsen smartphone populer asal China, Xiaomi telah mengumumkan kamera 360 derajat yang terjangkau, namun mampu memotret beberapa video panorama berkualitas tinggi. Perangkat yang dimaksud adalah kamera Xiaomi Mijia 360 dan jika Anda mungkin tertarik untuk membelinya, maka Anda pun bisa membaca ulasan mendalam tentang kamera 360 canggih ini.

Apa yang ada di dalam kotak?
Kamera 360 Xiaomi MiJia hadir dengan rapi dalam kotak yang kompak dan ukurannya mungkin hanya seukuran telapak tangan Anda. Namun hal itu tidak berarti bahwa Xiaomi belum memasukkan hal lain selain kamera ke dalam kotaknya. Adapun benda-benda di dalam kotak pembelian Xiaomi Mijia 360 adalah:
– 1 x Xiaomi Mijia 360
– 1 x Tripod
– 1 x Kantong pengangkut tahan air
– 1 x Kabel micro-USB

Desain dan Kualitas Bangun
Kamera 360 derajat pertama Xiaomi adalah salah satu yang paling tipis dan paling kompak yang pernah Anda lihat. Ukurannya pun cukup kecil sebesar telapak tangan, jadi Anda mungkin tidak memiliki keluhan mengenai dimensinya. Bahkan mungkin, Sobat akan menyukai bentuk persegi panjang MiJia tersebut. Pasalnya Xiaomi tetap mengambil bentuk minimalis namun modern saat merancang MiJia 360, alih-alih mengambil bentuk aneh seperti beberapa kamera 360 derajat lainnya yang ada di pasaran.

Perangkat ini mengemas dua lensa yang menonjol di kedua sisinya, masing-masing dengan bidang pandang super lebar 190 derajat yang bekerja bersamaan untuk menciptakan rekaman 360 derajat tanpa hambatan. Kedua kamera ini memiliki resolusi 16 Megapixels yang memungkinkan Anda mengambil beberapa foto panorama yang jernih dan tajam. Dari segi video, ada dua resolusi dan frame rate yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih untuk merekam pada resolusi 2304 x 1152 pada 30 atau 60 frame per detik, namun resolusi 3456 x 1728 lebih tinggi dibatasi hingga 30 frame per detik.

Kamera pun telah bersertifikat IP 67, yang pada dasarnya berarti tahan terhadap debu dan air. Benar, kamera 360 derajat Mijia bisa terendam air hingga 1 meter hingga 30 menit, yang cukup mengesankan dari harganya yang murah. Alhasil, Anda bisa menggunakannya sebagai kamera aksi sembari mengambil beberapa shot di bawah air. Namun, perangkat ini tidak tahan benturan, jadi Anda harus sangat berhati-hati saat mengoperasikannya, karena kedua lensa itu menonjol di kedua sisinya.

Kontrol Kamera
Di bagian atas kamera, ada tiga tombol fungsional, yaitu tombol power, tombol toggle Wi-Fi dan tombol Record. Ada indikator LED yang terlihat jelas jika kamera sedang merekam video atau mengambil stills, disamping masa pakai baterai. Di bagian bawah, terdapat lubang untuk memasang tripod yang disertakan untuk memotret beberapa video 360 derajat yang stabil tanpa harus khawatir dengan getaran. Ada slot kartu Micro-SD dan port Micro-USB di sisi kamera, untuk tujuan penyimpanan dan pengisian.

Kamera bisa dinyalakan dengan menekan tombol power lama-lama. Sementara itu, tombol yang sama digunakan untuk beralih antara mode gambar dan video. Kemudian, dengan mengeklik tombol Wi-Fi, perangkat akan membuat jaringan Wi-Fi yang dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone Anda ke kamera melalui aplikasi Sphere 360 yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Meskipun bisa digunakan tanpa terhubung ke aplikasi hanya dengan mengklik tombol Record, smartphone Anda memainkan peran utama dalam bertindak sebagai jendela bidik, sehingga Anda benar-benar dapat melihat apa yang Anda bidik dan membingkai gambar dengan sempurna.

Kinerja dan Kualitas
Kamera Xiaomi Mijia 360 didukung oleh chip Ambarella A12 yang pada dasarnya menampung prosesor ARM Cortex A9 yang tangguh untuk merekam video VR 360 derajat dan mengkodekannya dalam format video H.264. Dimulai dengan fotografi, perangkat ini berhasil melakukan pekerjaan yang bagus dalam memberikan gambar berkualitas tinggi, berkat sensor 16 MP yang ditawarkannya. Anda pasti akan terkesan dengan kualitas gambar kamera, terutama jika Anda mempertimbangkan ukurannya.

Sekarang, mari kita bicara tentang kualitas video, yang merupakan alasan utama mengapa harus membeli kamera 360 derajat ini di pilihan pertama. Ketika sampai pada kualitas video, stabilisasi memainkan peran utama dan Xiaomi telah berhasil menyampaikannya dengan baik.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mijia 360:
– Dimensi 78 x 67.40 x 24 mm
– Berat 109 gram
– Chipset Ambarella A12
– Sensor gambar Sony IMX 206
– Ukuran size 1/2.3inch
– 190 degree wide angle, dengan aperture f/2.0
– Resolusi gambar 16 MP
– Resolusi video 2304 x 1152 pixel (30/60 fps) dan 3456 x 1728 pixel (30 fps)
– Format video H.264
– Audio Built in microphone atau speaker
– Sertifikasi IP67
– Konektiitas WiFi 802.11 b/g/n 2.4 GHz, Bluetooth 4.0
– Baterai 1600 mAh / 3.8 V
– Penyimpanan memori microSD hingga 128 GB

Kelebihan Xiaomi Mijia 360:
– Ringkas, ringan dan desain minimalis
– Hasil foto tajam dan rekaman 360 derajat yang stabil
– Resolusi video tinggi
– Daya tahan baterai sangat mengesankan mengingat ukurannya
– Terdapat tripod yang juga bisa digunakan sebagai pegangan
– Harga cukup terjangkau untuk kamera 360 derajat

Kekurangan Xiaomi Mijia 360:
– Bagian depan dan belakang terbuat dari plastik
– 3.5 rekaman tidak mendukung 60 fps

Harga Xiaomi Mijia 360
Cek harga terbaik Xiaomi Mijia 360 disini.