Review

Review Vivo V9: Layar Berponi Smartphone Kekinian

Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa bulan lalu pihak Vivo mengelar acara akbar di Candi Borobudur, Magelang, D.I. Yogyakarta dengan lighting yang sangat cuamik hanya untuk meluncurkan salah satu ponsel mumpuninya bernama Vivo V9. Acara tersebut pun didukung dengan kehadiran beberapa artis dan penyanyi terkenal Indonesia yang termasuk brand ambassador dari Vivo V9 ini. Berikut kami me-review Vivo V9: layar beponi smartphone kekinian.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Vivo V9
– Kelebihan dan kekurangan Vivo V9
– Harga Vivo V9

Desain & Layar
Sejak Apple merilis iPhone X dengan layar penuh berbezel tipis dan memiliki poni, sehingga hampir banyak vendor di dunia mulai beralih dari smartphone full-screen hanya ke layar penuh dengan poni atau takik di bagian depannya. Layar demikian pun diusung pada Vivo V9 dengan layar penuh 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), teknologi IPS, dan aspek rasio 19: 9 yang memenuhi bagian depannya.

Jika bagian atasnya menyerupai iPhone X, namun Vivo V9 mendesain dagunya yang memiliki bentuk bezel mirip dengan Samsung Galaxy S8. Dengan kombinasi ini membuat Vivo V9 berbeda dari desain produk yang dibuat oleh Apple dan Samsung. Poni di bagian atas Vivo V9 sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan kamera depan, sensor, dan lubang speaker.

Dan ketika melihat sisi kanan Vivo V9 ada tombol volume dan power disusun secara vertikal sehingga memudahkan penggunanya melakukan kombinasi screenshoot hanya dengan satu tangan. Sementara di sisi kiri Vivo V9 ada SIM Tray yang berfungsi untuk menyimpan kartu SIM dan microSD.

Dapur Pacu
Vivo V9 telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz memiliki DNA dari Snapdragon 625 Octa-core 2 GHZ yang terkenal hemat dalam mengonsumsi daya baterai, tetapi memiliki kinerja yang bertenaga karena menggunakan teknologi proses 14nm. Vivo V9 juga telah menanamkan RAM 4 GB dan 64 GB penyimpanan internal yang dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB untuk mengimbangi kemampuan chipset yang diusung Vivo V9.

Selain itu, dikutip dari MetroNews.com, baterai Vivo V9 memiliki kapasitas yang mencapai 3260 mAh yang mampu bertahan selama 10 jam 20 menit dari kondisi baterai 100% hingga titik kritis 15%.

Sektor Kamera
Kamera depan Vivo V9 memiliki resolusi 24 MP yang diklaim berkualitas sehingga dapat menghasilkan foto selfie atau wefie yang lebih menarik. Di depan kamera ini juga telah dilengkapi dengan beberapa mode, seperti Face Beauty, Take Photo, Group Selfie, Video, AR Sticker, HDR, Profesional dan fitur Portrait Bokeh yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh (background blur), meski hanya menggunakan satu kamera depan.

Sementara itu, fitur Live Photo juga memungkinkan pengguna untuk dapat menghasilkan foto yang bergerak dalam waktu 3 detik. Vivo V9 telah menyematkan dua kamera utama di belakang ponsel dengan resolusi 13 MP + 2 MP dengan aperture f/2.0, Phase Detection Autofocus, dan dual-LED Flash.

Bisa dibilang kamera utama 13 MP digunakan untuk menangkap objek utama, tetapi kamera utama 2 MP digunakan untuk melihat kedalaman jarak antara objek dan latar belakang sehingga dapat menghasilkan foto bokeh dengan baik. Selain itu, Vivo juga menyematkan fitur Portrait Bokeh untuk kamera utamanya. Di kamera utama Vivo V9 juga terdapat mode, yang terdiri dari Take Photo, Face Beauty, Video, Panorama, AR Stickers, Professional, Ultra HD, Doc, Slow Motion, dan Time Lapse.

Fitur Lainnya
V9 juga menyematkan sensor fingerprint di bagian belakang ponselnya. Terdapat juga fitur Face Access yang diklaim mampu mengenali wajah hanya dalam 0,1 detik saja. Hampir sama dengan seri Vivo V7 sebelumnya, Vivo V9 memiliki kemampuan untuk mengambil screenshoot panjang atau scroll screenshoot. Ini akan berguna ketika pengguna ponsel ingin menangkap halaman web yang ditargetkan karena biasanya memiliki halaman yang panjang.

Selain itu, terdapat fitur Mode Motorbike yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengendarai motor dengan nyaman tanpa harus menerima panggilan dari orang lain yang nantinya dapat diatur untuk langsung menolak dan fitur ini akan nonaktif jika pengguna berhenti mengendarai kendaraanya. Fitur FunTouch berbasis Android 8.1 Oreo yang disematkan Vivo V9 berguna untuk mendukung Smart Split dengan beberapa aplikasi yang terdiri dari Facebook, LINE, Messages, WhatsApp, YouTube, Video, MX Player, menonton film & TV, dan streaming video.

Kelebihan Vivo V9:
– Desain keren dengan layar full view dan ada poni ala iPhone X
– Layar super lebar 6,3 inch degan resolusi Full HD+
– Support 4G LTE Cat 7 yang mempunyai kecepatan tinggi hingga 300 Mbps
– Dibekali dengan Dual Kamera beresolusi 13 MP + 2 MP
– Kapasitas baterai lumayan besar 3260 mAh

Kekurangan Vivo V9:
– Tidak ada NFC
– Bodi belakang terbuat dari bahan polikarbonat
– Baterai tidak dapat dilepas

Harga Vivo V9
Cek harga terbaik Vivo V9 disini.