Review

Review Sony Xperia Z4: Smartphone Prosessor Mumpuni

Meskipun sudah dirilis beberapa tahun lalu, namun Sony Xperia Z4 masih tetap di hati para pencinta Sony Mobile. Sony Xperia Z4 merupakan smartphone kelas premium yang mengusung layar Triluminos dan mesin X-Reality. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan me-review Sony Xperia Z4: smartphone prosessor mumpuni.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Sony Xperia Z4
– Kelebihan dan kekurangan Sony Xperia Z4
– Harga Sony Xperia Z4

Meskipun Sony Xperia Z4 tidak seperti Sony Xperia Z5 Premium, yang memiliki resolusi layar 4K namun Sony Xperia Z4 mengusung layar berukuran 5,2 inci dengan IPS LCD display jenis capacitive touchscreen yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Desain dan Tampilan
Dikutip dari CNNIndonesia.com, Sony Xperia Z4 membawa desain OmniBalance yang lebih tipis dari Xperia Z3, dengan ketebalan 6,9 mm. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini juga menggunakan bingkai logam yang kokoh, dengan sisi depan dan belakang berlapis kaca premium.

Tidak ada perbedaan mencolok dalam desain Sony Xperia Z4, tetapi ponsel ini masih terlihat premium dengan pemilihan material terbaik di semua sisi. Sedangkan untuk ukuran rasio dibuat dengan dimensi 146 x 72 x 6,9 mm, dan memiliki bobot ringan sekitar 144 gram.

Layar
Sony Xperia Z4 memiliki ukuran layar lebar 5,2 inci dengan IPS tipe LCD capacitive touchscreen yang menawarkan kemudahan dalam mengetik, bermain game, browsing, menonton vidio dan memberikan tampilan gambar yang lebih baik. Istimewanya, smartphone dari Sony ini telah mendapat sertifikat IP68 yang tahan air dan debu sehingga dapat bertahan di bawah kedalaman air 1 meter dalam 30 menit.

Kamera
Sony Xperia Z4 mengusung kamera utama yang memiliki kemampuan autofocus LED flash berkapasitas 20,7 MP dengan sensor gambar Sony Exmor RS plus pengolahan gambar BIONZ. Kualitas fotografinya tentu saja yang terbaik, dengan teknologi G Lens yang memiliki sensor gambar 1/2.3 inci, dan menawarkan ISO 12800 untuk mengoptimalkan kualitas foto pada pencahayaan rendah.

Resolusi kamera yang dimiliki oleh Xperia Z4 setara dengan kamera HTC One M9, dan keduanya memiliki kemampuan merekam video 4K UltraHD dengan resolusi 2160p @30fps, dan mampu merekam resolusi video slow motion beresolusi 720p @120fps. Serta dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki resolusi 5,1 MP untuk para pencinta selfie-nya.

Sistem operasi dan konektivitas
Untuk sistem operasi Sony Xperia Z4 menggunakan OS v 5.0 LOLLIPOP dan telah mendukung konektivitas 4G LTE super cepat yang juga mendukung GPRS dan EDGE untuk pengguna di luar area sinyal 3G dan 4G. Selain itu, dilengkapi pula dengan konektivitas lain seperti Bluetooth v.4 yang dapat mentransfer data dengan cepat, GPS yang mempermudah navigasi, Wifi untuk internet gratis dan cepat, dan juga terdapat Radio Fm.

Prosesor
Dapur pacu Sony Xperia Z4 telah didukung oleh Qualcomm MSM8994 Chipset Snapdragon 810 prosesor Quad-core Cortex-A53 dan Quad-core Cortex-A57 serta dukungan grafis Andreno 430 dikombinasikan dengan RAM 3 GB yang akan memberikan kinerja maksimal pada smartphone dari Sony Mobile ini. Sony Xperia Z4 memiliki penyimpanan yang sangat luas dengan dua pilihan yaitu 32 GB dan 64 GB serta dapat diperluas lagi dengan microSD berkapasitas hingga 128 GB. Smartphone ini dipasok daya tahan baterai berukuran 2930 mAh yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Kelebihan Sony Xperia Z4:
– Desain keren dan elegan dengan tampilan material kaca dibalut dengan alumunium berkualitas membuat tampilan yang terlihat sangat mewah
– Memiliki resolusi kamera utama yang luar biasa berukuran 20,7 MP
– Tahan air dan debu dengan adanya sertifikat IP68 yang mampu bertahan dibawah kedalaman air 1 meter

Kekurangan Sony Xperia Z4:
– Baterai menyatu dengan smartphone sehingga sangat menyulitkan pengguna melakukan pergantian baterai ketika baterai rusak
– Bezel atas bawah terlihat sangat besar, saat ini desain smartphone kelas premium banyak yang mengadopsi desain tanpa bezel

Harga Sony Xperia Z4
Cek harga terbaik Sony Xperia Z4 disini.