Review

Review Sharp Pi: Dual Kamera Kinerja Apik

Dengan hadirnya berbagai smartphone dari vendor pesaing, membuat Sharp Indonesia ikut merilis deretan smartphone terbarunya. Kehadiran Sharp Pi di Indonesia membuat persaingan dual-camera smartphone, terutama di segmen harga di bawah 2 juta menjadi lebih hidup. Setidaknya hal ini membuka jalan bagi Anda yang mungkin menargetkan smartphone kamera ganda, tetapi di sisi lain keberatan harus menghabiskan terlalu dalam isi kantong. Berikut review selengkapnya.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Sharp Pi
– Kelebihan dan kekurangan Sharp Pi
– Harga Sharp Pi

Dikutip dari SindoNews.com, baik Sharp Pi maupun Sharp R1S, keduanya menyasar untuk kalangan generasi milenial dan Gen-Z. Perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang ini meluncurkan Sharp Pi yang memiliki fasilitas dual-kamera belakang yang sesungguhnya bukan satu-satunya hal yang bisa diunggulkan. Karena keunggulan lain pun dimiliki terlihat dari konstruksi bodi dengan material yang terkesan mewah, elegan dan cantik.

Kinerja
Kinerja Sharp Pi dilengkapi dengan sistem operasi (OS) Android Nougat 7.0 yang didukung chipset Mediatek MT6737W dengan prosesor Quad-Core 1,3 GHz. Sharp Pi juga memiliki RAM 2 GB dan untuk ruang penyimpanan, ukuran ROM diklaim sebesar 16 GB akan berkurang menjadi 10,8 GB untuk keperluan penggunanya. Tentu saja sisa 5,2 GB telah digunakan untuk kepentingan OS dan aplikasi default Sharp Pi. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna menggunakan micro-SD untuk menambah ruang penyimpanannya, terutama untuk Anda yang suka bermain game dan foto.

Layar
Kualitas layar dapat dianggap sebagai salah satu keunggulan Sharp Pi yang paling terlihat. Layar berukuran 5,2 inci yang terlihat lebih padat dan jernih. Ini karena teknologi layar yang digunakan Sharp Pi sudah dilengkapi dengan layar IPS LCD dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kedalaman warna 24 bit. Selain itu, layar Sharp Pi juga sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass.

Desain
Sharp Pi terasa berbeda meskipun desainnya mirip dengan kebanyakan smartphone Android. Meski dari sisi bentuk tidak ada yang begitu istimewa, dari sektor desain Sharp Pi nampaknya masih layak apresiasi. Itu tidak lain adalah kemasan bodi smartphone yang menggunakan logam. Dampaknya cukup positif, dimana smartphone menjadi begitu solid ketika digenggam. Apalagi smartphone ini diformulasikan dengan dimensi bodi tergolong masih cukup kompak di mana masih memungkinkan untuk diakses menggunakan satu tangan.

Tidak hanya itu, dengan lekukan bodi belakang yang menumpul, smartphone ini terasa cukup ergonomis sehingga membuatnya terasa nyaman untuk dipegang. Sementara penggunaan panel kaca melengkung 2.5D di area depan semakin membuat smartphone terlihat begitu elegan.

Salah satu highlights dalam sorotan adalah lokasi sensor sidik jari yang ada di bawah layar, sekaligus bisa menjadi tombol home. Selebihnya, pengguna bisa melihat tombol (volume dan daya), slot kartu SIM dan microSD, port microUSB, dan jack audio yang ada di sisi kanan, kiri dan bawah. Di bagian kiri atas, terlihat dua sensor kamera disusun paralel secara horizontal disertai dengan flash.

Baterai
Sebelumnya kami pernah me-review Sharp R1S yang memiliki kapasitas baterai besar. Inilah yang menjadi perbedaan terbesar antara Sharp R1S dan Pi. Sharp Pi hanya diperkuat dengan kapasitas baterai 3.050 mAh. Tentunya, itu terasa kurang jika Anda ingin menggunakannya untuk bermain game.

Kamera
Sharp Pi memiliki dua kamera di bagian belakang. Setiap kamera memiliki resolusi 13 MP untuk mengambil gambar dan 2 MP dengan aperture F2.2. Fitur yang diberikan Pi pun beragam, mulai dari mode normal, bokeh, panorama, dan beauty. Untuk mode normal, foto yang dihasilkan dari kamera utama cukup mengejutkan. Hasilnya lebih tajam daripada R1S yang notabene lebih besar resolusinya. Untuk kamera depan Sharp Pi memiliki kualitas gambar yang dihasilkan juga cukup lebih baik daripada R1S. Ini cukup masuk akal karena resolusi kamera depan Pi berukuran 8 MP.

Kelebihan Sharp Pi:
– Didukung koneksivitas jaringan 4G LTE Cat4, yang membuat internetan semakin lancar
– Didukung prosesor yang memiliki perfoma cukup greget dikelasnya, yakni Mediatek MT6737 Quad core & GPU Mali-T720MP2
– Penampilan terlihat mewah dan cantik, berkat balutan material metal yang dipadukan dengan sedikit lengkungan pada kedua sisi layar
– Layar IPS LCD berukuran 5.2 inchi
– RAM 2 GB, yang melancarkan kegiatan multitasking dan melancarkan kinerja aplikasi
– Sistem operasi menggunakan OS Android v7.0 Nougat
– Memori Internal 16 GB yang dapat diperluas dengan slot MicroSD 256 GB
– Memiliki dua kamera utama 12 + 2 MP dilengkapi autofocus dan LED flash, sehingga membuat kegiatan fotografi semakin menyenangkan
– Kamera depan 5 MP, yang cocok buat selfie

Kekurangan Sharp Pi:
– Baterai Non-Removable, yang cukup merepotkan bila HP ngeblank
– Kamera depan tidak ada fitur pencahayaan LED flash, jadi kurang mendukung kegiatan selfie ditempat gelap

Harga Sharp Pi
Cek harga terbaik Sharp Pi disini.