Review

Review Samsung Galaxy J2 Pro: Wajah Cerah Sekali Jepret

Baru-baru ini Samsung telah meluncurkan produk anyar mereka yang bertajuk Galaxy J2 Pro edisi 2018, sebagai smartphone terjangkau yang memberikan berbagai teknologi canggih dari pabrikan Korea Selatan itu. Bisa dikatakan jika perangkat ini merupakan pesaing Xiaomi Redmi 5A yang sama-sama menyasar kelas entry level. Penasaran dengan ponsel anyar besutan Samsung tersebut? Mari simak review Samsung Galaxy J2 Pro di bawah ini.

Desain dan Penampilan
Samsung Galaxy J2 Pro (2018) ini menawarkan layar seluas 5,0 inci dengan panel kapasitif Super AMOLED seperti versi regulernya. Layarnya memiliki kedalaman warna hingga 16 juta warna yang cemerlang dan jernih. Apalagi layar lebar yang telah dipercantik dengan resolusi HD720 x 1280 piksel dan kerapatan warna mencapai 294 ppi. Tak hanya itu, permukaan layar smartphone dari Korea Selatan ini juga mendukung multitouch responsif, meskipun tidak disebutkan adanya lapisan anti gores pada permukaan layar.

Untuk desain secara keseluruhan, Samsung Galaxy J2 Pro (2018) masih sama dengan pendahulunya Samsung Galaxy J2 tahun 2016 lalu. Perangkat ini hadir dalam dimensi 142,4 x 71,1 mm dengan ketebalan bodi hanya 8 mm dan berat sekitar 134 gram. Bodinya dibuat dengan empat sudut membulat sekaligus dukungan tombol fisik dan kapasitif di bawah layar untuk keperluan navigasi. Samsung Galaxy J2 Pro tersedia dalam pilihan warna emas, hitam dan perak.

Yang menarik dari Samsung Galaxy J2 Pro ini didukung dengan sensor Smart Glow berupa cincin yang mengelilingi kamera belakang. Cincin bisa dinyalakan jika ada notifikasi dalam berbagai warna sesuai dengan jenis notifikasi yang diatur oleh pengguna. Dengan demikian pengguna tetap bisa mengetahui apakah ada pesan masuk meski ponsel sudah telungkup tanpa melihat layarnya. Smartphone Samsung Galaxy J2 Pro juga dilengkapi dengan mode S-Bike, dimana Samsung Galaxy S8+ terbaru tidak dilengkapi dengan fitur ini.

Performa
Beralih ke performa Samsung Galaxy J2 Pro yang telah dibenamkan prosesor Quad-core dengan clock speed 1,5 GHz yang dibawa oleh chipset Spreadtrum SC8830. Kinerja 4 core processor akan terasa lebih resposnif dan cepat karena didukung RAM 2 GB yang siap menjalankan multitasking dan komputasi mulus tanpa lag. Di ponsel ini juga didukung teknologi Turbo Speed ​​yang diklaim mampu meningkatkan performa untuk menjalankan segala aktivitas di Samsung Galaxy J2 Pro. Sedangkan grafis visual dipercayakan pada GPU Mali-400 MP2.

Sistem operasi yang ada di smartphone terjangkau ini juga terbilang update yang menggunakan fitur Android 7.1 Nougat yang kaya fitur. Selain itu, ruang penyimpanan di Samsung Galaxy J2 Pro juga lebih besar dengan kapasitas internal 16 GB dibanding Samsung Galaxy J2 (2016) yang masih membawa internal 8 GB. Bahkan juga sudah tersedia kapasitas microSD hingga 256 GB untuk penyimpanan lebih lega.

Spesifikasi Galaxy J2 Pro lainnya yaitu terletak pada jaringan dan konektivitas. Di dalamnya telah disematkan dua slot SIM yang mendukung fitur Dual SIM yang bisa standby bersamaan. Tak hanya itu, ponsel ini juga telah didukung dengan jaringan 4G LTE dengan akses cepat internet hingga LTE Cat4 150/50 Mbps. Samsung uga menyematkan jaringan 2G GSM dan 3G HSDPA dengan koneksi HSPA dan GPRS-EDGE. Beberapa konektivitas lainnya yaitu Wi-Fi, Hotspot, navigasi GPS, Browser, Bluetooth dan microUSB.

Kamera dan Baterai
Berlanjut dengan kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro yang salah satunya terletaj pada hamparan kamera yang dimilikinya. Di cover belakang smartphone ini terpasang kamera utama dengan resolusi 8 MP yang telah dilengkapi fitur LED Flash, Autofocus dan HDR dengan aperture f/2.2. Hasil pemotretan kamera utama cukup jernih dan tajam bahkan cemerlang.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy J2 Pro juga telah mendukung perekaman video dengan kualitas HD 720p@30fps. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, Samsung Galaxy J2 Pro memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP, lengkap dengan LED flash yang akan menghasilkan gambar selfie yang jernih dan memuaskan apalagi tampil saat melakukan video call. Untuk kapasitas baterai yang tertanam di Samsung Galaxy J2 Pro ini memiliki kapasitas yang cukup kuat dengan daya 1.600 mAh. Baterai mampu menghasilkan waktu siaga yang panjang yang juga dilengkapi dengan Ultra Power Saving Mode.

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro:
– Harga terjangkau
– Terlihat bagus di setiap bingkai
– OS Android Nougat
– Didukung Quad Core prosesor
– Layar sudah Super AMOLED capacitive toushscreen
– Tersedia microSD
– Multitasking lancar
– Hasil foto selfie memuaskan
– Tersedia berbagai pilihan warna

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro:
– Kapasitas RAM masih kecil
– Kapasitas ROM masih 16 GB

Harga Samsung Galaxy J2 Pro
Cek harga terbaik Samsung Galaxy J2 Pro disini.