Review

Review Philips X818: Ponsel Mid-Range Multimedia

Pabrikan smartphone Philips memang tidak terlalu terkenal di Tanah Air lantaran brand ini lebih tersohor sebagai vendor elektronik. Namun tampaknya Philips ingin mengembangkan industri ponsel Tanah Air dengan merilis perangkat mid-range bertajuk X818, yang hadir pada penghujung November 2017. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Philips X818.

Spesifikasi Lengkap
Perangkat Philips X818 sendiri menghadirkan konektivitas yang lengkap sehingga siap menjadi ponsel andalan Anda. Bagaimana tidak jika perangkat ini mendukung fitur Dual SIM yang bisa standby bersamaan dengan dua nomor dalam satu perangkat. Selain itu, juga telah dilengkapi dengan jaringan GSM 2G, 3G HSDPA dan jaringan 4G LTE untuk menghasilkan akses internet yang terbilang cepat dan kencang di HSPA Plus dengan kecepatan 42/11 Mbps hingga LTE Cat6 300/50 Mbps. Kemudian, beberapa konektivitas juga tertanam di Philips X818 seperti Wi-Fi, Hotspot, navigasi GPS juga menjadi browser default. Untuk media transfer data disediakan fitur Bluetooth dan port USB Type C yang cukup fleksibel.

Dari segi layar yang tertanam di perangkat Philips X818 yaitu layar phablet seluas 5,5 inci dan telah mengadopsi layar LCD touchscreen Capacitive 16,7 juta warna sehingga menghasilkan kualitas layar yang cemerlang. Bahkan disematkan pula teknologi In-Cell Touch Soft Blue LED untuk melindungi mata dari pancaran radiasi cahaya. Untuk resolusi layar smartphone ini juga telah mendukung kualitas Full HD 1080 x 1920 piksel dalam kerapatan layar hingga 401 ppi sehingga bisa menyajikan gambar yang jernih dan tajam. Tak hanya itu, permukaan layar menawarkan multitouch dan sudah dilindungi anti gores tahan Scratch Resistant Glass.

Desain yang ditawarkan oleh perangkat Philips X818 itu sendiri cukup stylish dan elegan dengan menghadirkan bahan metal dan finishing body glass mewah dengan varian hitam dan putih. Penampilannya hampir sama seperti smartphone lainnya seperti Infinix Hot 4 Dimensi perangkat ini mencapai 153,55 x 76 mm dan bentuknya cukup tipis yaitu 6,95 mm saja. Keempat sisinya didesain membulat sehingga terasa nyaman saat dipegang. Untuk bobot ponsel ini sendiri mencapai 167,5 gram yang hadir di layar bezelnya.

Beralih ke dapur pacu Philips X818 yaitu memiliki kinerja mumpuni dengan label harga yang kompetitif. Di dalam bodi tersebut telah dipersenjatai oleh chipset MediaTek MT6755 yang mengusung prosesor Octa-core dalam clock speed 2.0 GHz. Processor ini telah diperkuat dengan RAM 3 GB sehingga mampu menjalankan kemampuan multitasking lancar untuk berbagai aplikasi dan permainan. Bahkan kualitas grafis yang diusung juga cukup mulus karena telah disisipkan GPU Mali yang siap memanjakan mata pengguna untuk streaming dan game.

Namun sayangnya, smartphone Philips X818 ini masih menjalankan sistem operasi versi lama yaitu Android OS v6.0 Marshmallow, mengingat perangkat ini pertama kali diluncurkan menjelang 2016 lalu. Meski demikian, kinerjanya masih responsif dengan antarmuka keren. Sejumlah fitur umum lainnya juga bisa ditemukan di ponsel ini seperti MP3 player, MP4 player, FM Radio dan juga jack jack audio 3.5 mm.

Ketangguhan Philips X818 di Indonesia ada pada penyimpanan kapasitas penyimpanan yang siap menjadi pesaing Infinix Zero 5 dan Zero 5 Pro. Di dalam bodi sudah tertanam kapasitas internal 32 GB yang cukup besar sehingga pengguna bisa dengan leluasa menyimpan berbagai file, mulai dari file multimedia hingga download aplikasi atau game. Meski menawarkan penyimpanan yang besar namun phablet ini tetap didukung dengan slot microSD untuk mendukung memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Untuk segi kamera, Philips menyematkan kamera belakang beresolusi 16 MP yang didukung oleh fitur Autofocus, Dual LED Flash, PDAF Sensor dan sejumlah fitur keren lainnya. Kamera utama ini siap menghasilkan gambar yang jernih dan tajam bahkan saat digunakan untuk memotret dalam cahaya minim. Kamera utama juga bisa digunakan untuk merekam video dengan Full HD 1080p@30fps yang cukup menawan. Kemudian, di bagian depannya terdapat sensor 8 MP yang siap menampung aktivitas selfie pengguna dengan hasil yang jernih dan tajam. Kamera depan juga bisa digunakan untuk merekam video selfie hingga aktivitas video call. Kebutuhan pengguna juga akan didukung oleh baterai berkapasitas besar 3900 mAh yang cukup awet digunakan sehari-hari.

Kelebihan Philips X818:
– Dilengkapi Dual SIM yang bisa standby bersamaan
– Layar ideal dengan resolusi Full HD
– Kapasitas baterai besar
– Multitasking lancar berkat RAM 3 GB
– Tersedia microSD hingga 128 GB
– Konektivitas lengkap
– Internet kencang berkat koneksi LTE

Kekurangan Philips X818:
– Belum dilengkapi fingerprint scanner

Harga Philips X818
Cek harga terbaik Philips X818 disini.