Review

Review Oppo F7: Desain Mewah & Kamera Mumpuni

Sebagai pembawa tagline ‘Selfie Expert and Leader’, tentu saja Oppo masih melengkapi smartphone terbarunya dengan kemampuan fotografi yang mumpuni. Sebut saja, Oppo F7. Berikut kami me-review Oppo F7: desain mewah & kamera mumpuni sangat wajib untuk kita bahas pada kesempatan hari ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Oppo F7
– Kelebihan dan kekurangan Oppo F7
– Harga Oppo F7

Desain
Secara garis besar, desain yang diusung Oppo F7 mirip dengan Oppo F5. Ponsel masih menggunakan lekukan oval di setiap sudut, sehingga membuat ponsel ini terkesan tidak kaku dan nyaman saat digenggam. Penempatan kamera belakang masih diposisikan di sudut kiri atas, serta lokasi LED flash yang berada di sampingnya. Memiliki sensor sidik jari yang berbentuk lingkaran oval dan ditempatkan di bagian tengah atas, tepat di atas logo Oppo.

Dikutip dari Detik.com, Oppo F7 memilih menggunakan lapisan polikarbonat di bagian belakang dengan finishing glossy. Penggunaan bahan ini terlebih dengan finishing glossy pasti akan membuat setiap ponsel terlihat lebih elegan. Namun, musuh utama glossy tidak lain adalah sidik jari yang menempel dan sedikit licin. Bagi Anda yang tidak ingin ponsel terjatuh, casing tambahan bisa menjadi solusinya.

Layar
Layar penuh menjadi tren di industri smartphone saat ini. Oppo F7 membawa layar 6,23 inci full screen dengan resolusi Full HD + (1080 x 2280 piksel) dan rasio 19: 9. Tidak heran, ponsel terlihat bongsor dan terasa penuh saat digenggam. Untuk mengakomodasi layar penuh, Oppo tidak menghadirkan tombol fisik apapun di depannya. Kamera depan dan sensor proximity pun ditempatkan di tengah-tengah di ruangan khusus yang tampak seperti poni pada iPhone X.

Kamera
Membawa tagline ‘Selfie Expert and Leader’, Oppo tentu tidak ingin pengguna merasa kecewa dengan hasil jepretan kameranya. Karena itu di Oppo F7 ini, Oppo menghadirkan lebih banyak kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan dibenamkan di depan dan kamera belakang. Sekadar informasi, di balik kamera membawa lensa 16 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara di depan, gunakan lensa 25 MP dengan sensor Sony IMX576 dan bukaan f/2.0.

Kecerdasan buatan di Oppo F7 mampu mengenali usia, jenis kelamin, dan warna kulit. Karena itu, beautification pada F7 akan menyesuaikan dengan pria atau wanita yang berfoto. Jika foto itu wanita, kecantikan akan menyesuaikan dan membuat wajah terlihat feminin. Sementara itu, jika foto pria, akan disesuaikan dan dibuat agar tampak maskulin.

Oppo juga melengkapi F7 dengan kehadiran fitur Smart AI Recognition yang mampu memindai 296 titik pada wajah, termasuk T-zone (dahi dan hidung), mata, dan U-zone (pipi dan dagu). Fitur ini menggabungkan dengan mode Super Vivid yang memungkinkan pemotretan wajah lebih alami dengan membuat warna latar belakang lebih keluar lagi. Selain mantap untuk foto selfie, mode Super Vivid juga kece saat digunakan untuk memotret pemandangan. Mode ini juga cukup membantu jika pengguna ingin mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Software & Antarmuka
Oppo F7 sudah menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo, yang dilapisi dengan antarmuka pengguna Oppo ColorOS 5. Antarmuka pengguna ini menampilkan ikon yang sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan perangkat lain dengan sistem operasi yang sama. Selain itu, antarmuka pengguna ini juga dilengkapi dengan sejumlah perubahan dan gestur, salah satunya untuk mendukung pengalaman layar penuh yang merupakan salah satu faktor utama dari perangkat cerdas ini.

Salah satu pengaturan gestur ini memungkinkan Anda mengubah cara menavigasikan tombol tiga menu utama. Pengaturan tersebut menghadirkan opsi yang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan tombol dan menggantinya dengan opsi gestur seperti usapan ke arah atas di bagian tertentu untuk menggantikan fungsi tombol. Selain sensor pemindai sidik jari, Oppo F7 juga dipersenjatai dengan fitur keamanan Face Unlock, yang dibantu teknologi Artificial Intelligence.

Performa
Bicara dapur pacu, Oppo menggunakan MediaTek Helio P60 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Untuk baterai, Oppo memberikan kapasitas 3,400 mAh yang dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada aktivitas sehari-hari dengan kondisi penggunaan aktif melalui aplikasi whatsapp, Google Maps, kamera, dan banyak lagi, Oppo F7 dapat bertahan sekitar delapan hingga sembilan jam. Perangkat ini juga tidak dilengkapi fitur dukungan Quick Charge, meski tidak memakan waktu terlalu lama untuk mengisi daya perangkat dari kondisi daya baterai tersisa sekitar dua persen hingga penuh.

Kelebihan Oppo F7:
– Desain mewah ditambah poni ala iPhone X
– Support 4G LTE Cat 7 yang mempunyai kecepatan tinggi hingga 300 Mbps
– Layar super lebar 6,23 inch dengan resolusi Full HD+
– Dibekali prosesor yang powerfull Mediatek Helio P60
– Support Face unlock dan Fingerprint scanner

Kekurangan Oppo F7:
– Masih menggunakan bahan plastik untuk bagian belakangnya
– Baterai Non removable

Harga Oppo F7
Cek harga terbaik Oppo F7 disini.