Review

Review Nokia 3: Budget Smartphone dengan Kualitas Premium

Perangkat Android dari Nokia sudah mulai dimulai beberapa bulan lalu sejak HMD Global memegang lisensi merk Nokia. Setelah memperkenalkan Nokia 6 yang termasuk smartphone kelas menengah ke atas, HMD Global kembali meluncurkan smartphone, namun bedanya kini smartphone budget alias entry-level yang harganya Rp 1 jutaan saja. Adapun produk yang dimaksud ialah Nokia 3 yang memiliki kualitas premium dan spesifikasi mumpuni. Jika Sobat tertarik, mari simak review Nokia 3 di bawah ini.

Tinjauan
Sama seperti Nokia 5, Nokia 3memiliki layar IPS yang membentang seluas 5 inci. Layarnya memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel, sehingga kerapatan layarnya mencapai 294 piksel per inci. Alhasil layar Nokia 3 akan terlihat tajam, dan mampu menampilkan beragam konten dengan kualitas visual yang lebih realistis. Agar layar tidak mudah tergores, Nokia 3 sudah telindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass.

Spesifikasi Nokia 3 yang dikhususkan untuk segmen entry level membuatnya tetap menggunakan chipset Mediatek MT6737. Prosesornya belum Octa Core, namun Nokia 3 sudah mengusung kecepatan prosesor Quad Core 1,4 Ghz Cortex-A53. Agar tampil lebih mumpuni, maka Nokia membekalinya dengan GPU Adreno Mali-T720MP1 dan RAM 2GB berkapasitas. Lalu ada juga memori internal sebesar 16GB yang siap menampung berbagai file milik pengguna. Tak lupa slot memori eksternal turut tersedia demi menambah kepuasan pengguna dalam hal penyimpanan.

Spesifikasi lengkap Nokia 3
Jika dilihat secara keseluruhan, spesifikasi Nokia 3 dapat dibilang biasa-biasa saja karena harga Nokia 3 dibanderol lebih murah dari Nokia 5 atau Nokia 6. Untuk itu, Nokia 3 bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin nostalgia menggunakan smartphone murah nan berkualitas besutan Nokia. Apalagi smartphone ini menjadi titik awal kebangkitan Nokia di ranah smartphone, sehingga nampaknya lebih eksklusif dibanding vendor smartphone lainnya.

Kembali lagi ke soal spesifikasi, Nokia 3juga mengadopsi sistem operasi Android terbaru yang mempercantik antarmuka yang dibuat oleh Nokia. User interface yang sederhana dan mudah dioperasikan. Sayangnya smartphone ini belum mengadopsi OS Android Oreo, karena masih menggunakan OS Android Nougat 7.0. Kemudian untuk baterai memiliki baterai berkapasitas 2.630 mAh. Baterai tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat, dan sayangnya smartphone ini juga tidak memiliki sensor sidik jari.

Padahal smartphone rata-rata yang dibanderol setara dengan harga Nokia 3 tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Fingerprint Sensor, sehingga kekurangannya cukup signifikan. Selain itu, ada juga berbagai fitur konektivitas, termasuk fitur Dual Sim. Kehadiran dua slot kartu SIM akan memudahkan pengguna Nokia untuk berkomunikasi, baik secara online maupun offline. Apalagi smartphone ini mendukung teknologi 4G LTE, sehingga video call dan chat access bisa berjalan lancar.

Selain itu, Nokia 3 menjadi smartphone yang dilengkapi dengan teknologi 4G LTE. Pasalnya, smartphone ini harus bersaing dengan smartphone entry level yang rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi 4G LTE. Selain itu, ada juga berbagai fitur konektivitas pendukung, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port USB. Jangan berharap Nokia memiliki port USB Tipe-C, karena harga Nokia 3 yang murah, sehingga memiliki keterbatasan fitur yang dimiliki oleh smartphone ini. Begitu pula fitur NFC yang enggan hadir di Nokia 3.

Selanjutnya ke sektor fotografi, Nokia 3 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 8 Megapixel dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Yang menarik, kamera belakang Nokia 3 bisa digunakan untuk merekam resolusi video HD 720p @ 30fps, sehingga semua momen bisa diabadikan dengan sempurna. Tak ketinggalan kamera depan juga beresolusi 8 Megapixel yang siap mengabadikan momen dengan hasil selfie berkualitas tinggi, karena keduanya memiliki aperture f/ .0 dan fitur Autofocus.

Kelebihan Nokia 3:
– Smartphone budget dengan penampilan begitu mewah dan elegan
– Layar ideal 5.0 inch berjenis IPS LCD dengan resolusi 720p
– Support Dual SIM yang bisa aktif secara bersamaan
– Support 4G LTE untuk akses internet super kencang
– OS Android Nougat
– Chipset tangguh untuk smartphone entry level
– Tersedia slot microSD

Kekurangan Nokia 3:
– Tidak ada sensor fingerprint
– RAM masih 2 GB

Harga Nokia 3
Cek harga terbaik Nokia 3 disini.