Review

Review Nokia 2: Murah Namun Tidak Murahan

Nokia merupakan salah satu produsen ponsel terbesar di dunia namun akhirnya tertinggal dengan kemunculan iPhone dan smartphone Android. Pada tahun 2014, divisi Perangkat dan Layanan Nokia dijual ke Microsoft. Pada tahun 2016, perusahaan Finlandia HMD Global membeli sebagian bisnis telepon fitur Microsoft dan memiliki perjanjian lisensi yang memungkinkannya membuat smartphone dengan merek Nokia.

Setelah sebelumnya cukup sukses karena telah meluncurkan smartphone android Nokia seperti Nokia 3, Nokia 5 serta Nokia 6, kini Nokia pun kembali meramaikan pasar dengan menghadirkan Nokia 2 yang dibandrol harga yang sangat terjangkau.

Smartphone Nokia 2 diluncurkan pada bulan Oktober 2017. Smartphone ini siap mengisi segmen entry-level dengan mengandalkan baterai berkapasitas sangat besar. Tak tanggung-tanggung, smartphone ini mengusung baterai berkapasitas 4.000 mAh yang membuatnya bisa bertahan dalam waktu sangat lama. Itu artinya kita tidak perlu takut kehabisan daya baterai ketika sedang bermain game, menonton film, ataupun berfoto selfie.

Layar
Nokia 2 memiliki layar IPS berukuran 4.7 inci. Layarnya cukup kecil, namun pas saat dioperasikan dengan satu tangan. Layar tersebut memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels yang akan menghasilkan kerapatan layar sebesar 321 ppi. Alhasil layar Nokia 2 bisa menampilkan berbagai macam konten dengan kualitas visual yang baik. Foto dan video akan terlihat lebih detail, sehingga bisa memaksimalkan pengalaman multimedia penggunanya dalam bermain game ataupun menonton film di handpone ini.

Layar pada Nokia 2 juga telah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 yang dapat membuatnya tahan terhadap goresan.

Tampilan
Desainnya mungkin sangat standar. Bodinya yang terbuat dari material plastik. Tidak ada ada tombol home dan sensor pemindai sidik jari. Namun, Nokia 2 hampir sama dengan saingannya seperti Xiaomi Redmi 4A.

Kamera
Pada bagian belakang terpasang kamera 8 Megapixel dengan fitur Autofocus serta LED Flash. Kamera tersebut bisa merekam video HD 720p@30fps, sehingga tergolong standar dibandingkan smartphone masa kini yang sudah bisa merekam video Full HD.

Performa & Fitur Lainnya
Handphone ini sudah ada slot memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanannya, yang dapat menyimpan ratusan foto serta puluhan video. Kemudian untuk sistem operasinya, Nokia 2 mengadopsi OS Android Nougat 7.1 yang akan mengoptimalkan kinerja Ram 1GB dan processor Quad Core, sehingga bisa diandalkan untuk multitasking banyak aplikasi.

Nokia 2 pun ditenagai oleh chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 atau Snapdragon 212. Walaupun performanya sangat standar, namun smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang membuat Nokia 2 bisa bertahan dalam waktu sangat lama. Kapasitasnya memang besar, jadi kita tidak perlu takut kehabisan daya baterai saat bermain game dan menonton film. Namun sayangnya Nokia 2 belum dilengkapi fitur Fast Charging, jadi jangan harap baterainya bisa terisi cepat.

Selanjutnya untuk sektor konektivitas, smartphone ini mendukung jaringan 4G LTE sebagai koneksi internetnya. Berbekal koneksi yang cepat, tentunya kita bisa mendownload beragam file dalam cepat, dan bisa menonton video streaming dengan lancar. Tidak hanya itu saja, tersedia pula dua slot kartu sim yang akan mempermudah untuk akses komunikasi saat telepon dan sms. Tak ketinggalan konektivitas pendukung berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, dan navigasi GPS juga dmilikinya. Smartphone ini juga mendukung teknologi satelit A-GPS dan Glonass. Pada bagian bawah smartphone telah terpasang port MicroUSB 2.0 untuk terhubung ke charger maupun komputer.

Nokia 2 ini sebenarnya diperuntukkan untuk pasar level entry. Karena spesifikasi RAM, CPU, kamera serta penyimpanan yang terbilang pas-pasan yang akhirnya membuat Nokia 2 mempunyai performa yang kurang terlalu bagus namun tidak ada salahnya jika Anda menjadikannya salah satu smartphone dengan pilihan harga yang terjangkau dengan kwalitas yang cukup baik di kelasnya.

Kelebihan Nokia 2:
– Desain mewah dan menawan, dengan lapisan frame metal alumunium
– Harga Nokia 2 termasuk dalam harga yang terjangkau
– Layar berukuran 4.7 inci dengan resolusi HD
– Dilapisi layar Gorilla Glass 3
– Didukung teknologi 4G LTE
– Dual SIM yang aktif bersamaan
– Dilengkapi dengan sertifikasi IP52 (tahan cipratan air)
– Kamera belakang 8 Megapixel & Kamera 5 Megapixel
– Kapasitas baterai 4.000 mAh yang mampu bertahan hingga 2 hari (penggunaan normal)
– OS Android Nougat

Kekurangan Nokia 2:
– RAM berkapasitas 1GB dan masih menggunakan processor Quad Core
– Tidak ada sensor pemindai sidik jari (fingerprint)
– Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash/Screen Flash
– Baterai Non-Removable (menyatu dengan body)
– Memori internal berkapasitas hanya 8GB
– Belum menggunakan fitur Fast Charging
– Tidak ada lampu pemberitahuan LED

Harga Nokia 2
Cek harga terbaik Nokia 2 disini.