Review

Review Nikon 1 J5: Kamera Mirrorless Nikon untuk Vlogger

Setelah sekian lama menunggu akhirnya Nikon ikut serta merancang dan memproduksi kamera mirrorless yang menjadi sebuah tren kamera saat ini. Nikon menghadirkan sebuah perangkat kamera mirrorless dengan seri nama Nikon 1 J5 yang siap bersaing dengan para pabrikan mirrorless lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami mencoba me-review Nikon 1 J5: kamera mirrorless Nikon untuk vlogger.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Nikon 1 J5
– Kelebihan & kekurangan Nikon 1 J5
– Harga terbaik Nikon 1 J5

Kamera dengan ukuran yang kompak
Nikon 1 J5 memiliki ukuran yang sangat kompak dan ringkas menyerupai kamera saku. Menariknya lensa kamera ini bisa diganti-ganti penggunanya. Lebar, tinggi, dan ketebalan Nikon 1 J5 kira-kira 98,3 x 59,7 x 31,5 mm. Dengan dimensi tersebut membuat Nikon 1 J5 terasa ringan dengan bobot 265 gram. Selain itu, kamera ini memiliki layar yang sudah bisa touchscreen berukuran 3 inci.

Memiliki beragam pilihan lensa
Nikon 1 J5 menjadi salah satu dari 5 kamera terbaik untuk vlogger 2017 mendampingi merek kamera lain seperti Sony, Fujifilm, dan Canon. Dan ketika membahas lensa, Nikon 1 J5 memiliki sekitar 11 pilihan lensa Nikkor yang dapat digunakan. Jika Anda ingin menggunakan lensa untuk kamera DSLR, Anda dapat menggunakan mount adapter.

Cocok untuk berselfie dan vlogger
Bagi yang suka selfie dan nge-vlog, mungkin Nikon 1 J5 menarik untuk dipertimbangkan. Kemampuan ini bukan karena kamera dilengkapi dengan layar LCD di bagian depan sehingga Anda dapat memotret diri sendiri, tetapi karena layar LCD di bagian belakang yang dapat diputar sehingga menghadap ke depan. Kemampuan untuk mengubah sudut layar LCD juga menguntungkan ketika digunakan untuk memotret pada sudut yang sulit.

Sensor kamera
Dilansir dari Liputan6.com, kamera mirrorless ini dilengkapi sensor 20,8 MP dengan ukuran sensor 1 inci dan crop factor 2,7x. Selain itu, berkat fitur pendeteksi fase autofokus 105 titik yang dapat dengan cepat mengenali objek yang akan difoto dan mengunci fokus. Nikon 1 J5 dapat memotret hingga 60 bingkai per detik secara terus-menerus sambil mempertahankan kualitas dan ketajaman gambar.

Nikon 1 J5 juga memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi 4K. Meskipun sayangnya, frame rate yang diperoleh hanya maksimal 15 frame per detik. Sehingga dapat diartikan hasil video yang dihasilkan tentunya tidak begitu mulus.

Dilengkapi dengan WiFi dan NFC
Nikon 1 J5 tidak dilengkapi dengan koneksi Snapbridge, tetapi menggunakan koneksi WiFi dan NFC. Jadi, Anda yang suka memamerkan karya foto ke media sosial tidak akan kesulitan ketika hendak mengunggah foto dari Nikon 1 J5. Dengan menggunakan WiFi, Nikon 1 J5 dapat dihubungkan ke smartphone, baik yang berbasis Android dan iOS, dengan menggunakan Aplikasi Wireless Mobile Utility.

Aplikasi Wireless Mobile Utility akan memudahkan proses mengunduh foto dari kamera ke smartphone, untuk selanjutnya diunggah ke media sosial atau didistribusikan melalui email misalnya. Aplikasi ini bahkan dapat bertindak sebagai remote control untuk kamera Nikon 1 J5.

Kelebihan Nikon 1 J5:
– Mampu membidik gambar dengan cepat dan akurat
– Adanya koneksi WiFi dan NFC yang mempermudah penggunanya dalam membagikan hasil jepretan
– Ukuran kamera ringkas cocok dibawa traveling
– Desain stylish sangat cocok untuk anak muda

Kekurangan Nikon 1 J5:
– Tidak memiliki real time exposure viewing
– Sensor kamera masih tergolong kecil

Harga Nikon 1 J5
Cek harga terbaik Nikon 1 J5 dan beli disini.