Review

Review Luna G55: Unggul di Baterai & RAM

Luna, brand asal Korea Selatan, telah meluncurkan produk smartphone terbarunya yang bertajuk Luna G55 untuk memperkatat persaingan di kelas menengah. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan saja namun spesifikasinya terbilang cukup tinggi, salah satunya RAM 4 GB yang menjamin multitasking semakin lancar. Untuk lebih lengkapnya, mari simak review Luna G55 di bawah ini.

Desain
Smartphon berlabel ‘murah’ ini mengusung desain seperti kebanyakan smartphone saat ini. Penerus dari Luna G tersedia dua pilihan warna yang terdiri dari warna emas dan perak, sementara setiap sudut dibuat bulat agar lebih mudah saat digenggam. Balutan bodinya sendiri terbuat dari bahan logam penuh dengan konstruksi unibody yang dipadukan dengan bezel, sehingga terlihat begitu indah.

Luna G55 memiliki dimensi 147,9 x 72,9 x7,5 mm. Kombinasi bodi ramping membuat ponsel ini sangat ringan dengan bobot hanya 142 gram. Ponsel ini dilengkapi layar sentuh LCD layar sentuh IPS seluas 5,5 inci, sehingga sangat mudah dioperasikan. Meski hanya dengan satu tangan saja.

Layar dari Luna G55 ini juga mampu menghasilkan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 401 ppi. Alhasil, tampilan yang dihasilkan oleh layar sudah bisa dikatakan cantik dan indah. Tak hanya itu, layarnya juga dilapisi kaca melengkung 2.5D yang melengkung sehingga membuatnya terlihat lebih premium.

Selain itu ada juga tombol fisik Home yang terintegrasi pada fingerprint sensor atau pemindai sidik jari, yang membuat sistem keamanan lebih aman dan bisa menyimpan berbagai file dengan aman. Dengan keunggulan yang dimilikinya di sektor eksterior, tentu membuat smartphone Luna G55 menjadi ponsel yang banyak ditargetkan oleh konsumen.

Fitur
Beralih ke sektor konektivitas dari spesifikasi lengkap Luna G55. Salah satu daya tarik utama ponsel ini bisa ditemukan di sektor konektivitas, karena telah mengusung akses jaringan terbaru seperti ponsel kelas menengah ke atas. Ya, pengguna bisa menikmati akses jaringan 4G LTE Cat9, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk browsing dengan cepat atau mendukung game online. Kemudian, pengguna juga dapat menikmati aktivitas download data pada 150 Mbps dan mengunggah aktivitas data sebesar 50 Mbps.

Sementara itu, Luna G55 juga mendukung jenis jaringan lainnya, yakni 3G HSPA. Dengan penggunaan akses jaringan ini, Anda bisa menikmati aktivitas download data dengan kecepatan 42,2 Mbps dan aktivitas upload data sebesar 5,76 Mbps.

Untuk konektivitas lainnya, tersedia dukungan WiFi 802.11 a/b/g/n/ ac, WiFi Direct, dan Hotspot. Perangkat ini juga menghadirkan Bluetooth 4.0, A2DP, dan microUSB untuk keperluan pertukaran file. Sementara untuk sistem navigasinya sendiri menggunakan spesifikasi A-GPS, BDS, dan GLONASS. Jadi mencari lokasi bisa dilakukan lebih akurat.

Kinerja
Setelah mengetahui tampilan fisik dan fitur yang dibawa oleh Luna G55, kini kita akan beralih ke dapur pacu smartphone ini. Jika mengingat bahwa Luna G55 dibanderol dengan kisaran harga dua jutaan, maka tentu saja komponen dapur pacunya sudah bisa dikategorikan berkualitas. Smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow v, 6.0, sehingga kaya akan ketersediaan fitur baru.

Di dalam ponsel ini juga dibenamkan prosesor Octa-Core 64-Bit dengan kecepatan 1,8 GHz, berkinerja lancar dan cukup responsif. Prosesor ini kemudian bekerja dengan chipset Mediatek MT6755 yang juga didukung oleh Adreno 306 GPU untuk menghasilkan grafis berkualitas dan tanpa batas.

Selain jeroan yang handal, Luna juga menyiapkan ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB. Kapasitasnya tentu sudah cukup luas jika digunakan untuk menyimpan berbagai file.

Tapi jika ingin menyimpan lebih banyak file dan Anda merasa memori internal ini tidak mencukupi, tidak perlu khawatir! Karena Anda bisa menggunakan microSD hingga 256 GB. Jadi, dengan kombinasi memori internal 32 GB dan memori eksternal, tentu Luna G55 layak mendapat apresiasi.

Kamera
Dari segi fotorafi menjadi bagian yang dimanfaatkan Luna untuk menarik banyak pembeli. Kamera dari spesifikasi Luna G55 memang menghadirkan dua kamera standar, namun kualitasnya cukup bagus dan tentu saja fungsional.

Ponsel terbaru Luna ini menghadirkan kamera utama bertenaga 13 MP yang terletak di bagian belakang. Kamera utama ini juga dilengkapi fitur LED Flash, Autofocus, Face Beauty, Self Timer, dan HDR yang mampu menghasilkan gambar yang tidak hanya terang tapi juga tajam. Kamera utama Luna G55 ini juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080p @30fps dan video Slow Motion. Bahkan hasilnya pun mampu menghasilkan gambar dengan kualitas warna yang tajam dan realistis. Begitu handal saat menangkap berbagai momen. Sayangnya, kamera dari Luna G55 tidak bisa merekam video 4K.

Kamera utama dipasangkan dengan kamera sekunder 5 MP yang terletak di bagian depan kamera. Kamera sekunder pada Luna G55 ini mampu menghasilkan selfie foto yang jelas. Tentunya dengan kemampuan di jajaran kamera yang canggih ini menjadi salah satu sektor yang cukup andal untuk bersaing di segmen perangkat kelas mid-range.

Baterai
Kapasitas baterai adalah sesuatu yang vital dari sebuah perangkat, karena akan mempengaruhi berbagai aktivitas yang dijalankannya. Apalagi ada segudang fitur canggih yang siap untuk memenuhi semua kebutuhan atau keinginan penggunanya. Karena itu, Luna sepertinya melengkapi G55 ini dengan kapasitas baterai yang cukup mampu untuk menutupi berbagai komponen standar yang dimilikinya. Untuk menunjang kekuatan ponsel, Luna juga membenamkan baterai tipe Non-removable 4000 mAh pada ponsel pintar ini. Baterai diklaim bertahan dalam waktu 280 jam pada kondisi standby, dan berlangsung selama 19 jam jika digunakan untuk kebutuhan waktu bicara.

Kelebihan Luna G55:
– Memiliki desain premium yang tampak mewah dan elegan
– Baterai kapasitas besar 4000 mAh
– Dapur pacu powerful
– Multitasking lancar berkat RAM 4 GB
– Koneksi internet kencang
– Tersedia fingerprint scanner

Kekurangan Luna G55:
– OS belum Android Nougat
– Baterai belum fast charging

Harga Luna G55
Cek harga terbaik Luna G55 disini.