Review

Review Lenovo Vibe C : Smartphone 4G LTE Menengah ke Bawah

Jika sebelumnya Lenovo dikenal dengan seri-seri un menengah ke atas, seperti Vibe S1, Vibe P1 Turbo, dan Vibe K4 Note; kali ini vendor Tiongkok tersebut hadir dengan varian yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah. Dengan banderol harga 1 jutaan rupiah, Lenovo Vibe C siap untuk menemani aktivitas harian Anda.

Review Lenovo Vibe C

Desain
Smartphone yang rilis Mei 2016 lalu ini dirancang dengan material plastik yang memberikan bobot 0,16 gram pada perangkat. Dari segi ukuran, smartphone yang tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih ini memiliki panjang 143.5 mm, lebar 71.8 mm, dan ketebalan 9 mm. Bentang layarnya termasuk standar dengan luas 5.0 inch, namun dengan resolusi yang rendah jika dibandingkan dengan smartphone kelas premium. Resolusi layar Lenovo Vibe C adalah 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 ppi. Meski demikian, kualitas visual yang dihasilkan dari teknologi IPS LCD tidak mengecewakan dalam artian terlihat jernih dan jelas, apalagi untuk digunakan dalam mengakses konten-konten multimedia dan permainan.

Performa
Sebagai smartphone entry level, dapur pacu Lenovo Vibe C dibekali chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 210 MSM8909 dengan kecepatan 1.1 GHz. Sedangkan untuk mendukung tampilan grafis, pengolah grafis yang digunakan adalah Adreno 304. Walau tak seperti smartphone flagship, kinerja multitasking yang ditawarkan cukup baik. Sistem operasi yang digunakan masih Android versi Lollipop, akan tetapi desain antarmuka khas dari Lenovo yang bernama Vibe UI mampu membuatnya seperti smartphone yang berkelas. Berlanjut pada memori RAM dan ROM, Anda harus puas dengan kapasitas masing-masing 1 GB dan 8 GB. Apabila dirasakan terlalu kecil, Anda dapat memanfaatkan memori eksternal dengan microSD yang dapat menampung data hingga kapasitas 32 GB.

Meskipun murah dan spesifikasinya menengah ke bawah, perangkat ini sudah support dengan jaringan 4G LTE Cat4. Anda bisa berselancar di dunia maya dengan kecepatan download mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload mencapai 50 Mbps. Ditambah lagi, jaringan 3G HSPA sebagai alternatif koneksi internet. Untuk akses nirkabel, Anda bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi, Bluetooth, dan juga GPS. Tak lupa untuk kegiatan fotografi, kamera yang dipakai memiliki kekuatan 5 MP dan 2 MP untuk kamera belakang dan depan. Tidak terlalu tinggi memang, namun gambar yang dihasilkan cukup memuaskan.

Spesifikasi Lengkap Lenovo Vibe C
Dimensions 143.5 x 71.8 x 9 mm
Weight 166 gr
Operating System Android 5.1.1 Lollipop
User Interface Lenovo Vibe UI
Chipset Qualcomm Snapdragon 210 MSM8909
Processor Quad Core 1.1 GHz
GPU Adreno 304
Screen Size 5.0 inch (~66.9% screen-to-body ratio)
Screen Type IPS LCD Capacitive Touchscreen, 16M Colors
Screen Resolution 1280 x 720 pixels (~294 ppi pixel density)
Camera Back 5 MP (Autofocus, LED Flash)
Camera Front 2 MP
Video 720p@30fps
RAM 1 GB
ROM 8 GB
External MicroSD up to 32 GB
Network GSM / HSPA / LTE
Wireless Wi-Fi 802.11b/g/n, Hotspot
Bluetooth Yes, v4.0, A2DP
GPS Yes, A-GPS
NFC No
USB Port microUSB v2.0
Sensor Accelerometer, Proximity
SIM Type Dual SIM (Micro-SIM, dual standby)
Battery Removable Li-Ion 2300 mAh
Available Color Black, White
Warranty 1 year

Kelebihan Lenovo Vibe C
– Smartphone entry level
– Dukungan koneksi 4G LTE Cat4
– Baterai jenis removable, dapat dilepas

Harga Lenovo Vibe C
Dapatkan penawaran terbaik Lenovo Vibe C disini.