Review

Review Jabra Speak 710: Speakerphone untuk Bisnis!

Jabra, perusahaan solusi komunikasi dan audio asal Denmak, meluncurkan speakerphone bernama Speak 710 yang memiliki kualitas premium bagi aktivitas conference call dan musik. Dengan faktor ukurannya yang kecil, waktu bicara 15 jam dan speaker 10 watt, Jabra Speak 710 diklaim menjadi aksesori ideal untuk komunikasi bisnis dan panggilan konferensi. Apakah itu sesuai dengan kenyataan? Mari kita buktikan dalam review Jabra Speak 710 di bawah ini.

Penampilan, desain dan bangun
Jabra Speak 710 adalah speakerphone bulat berbentuk keping mirip JBL Clip 2 yang beratnya hanya 298g dan pas di telapak tangan. Speaker ini ringan, portable dan mudah disimpan dalam aktivitas sehari-hari. Desain estetika dari Jabra Speak 710 sangat indah dan dipikirkan dengan baik oleh pembuatnya. Speakerphone menampilkan tampilan modern, dengan corak grill yang sangat bagus dan logo Jabra di bagian depan, dan finishing matte yang sederhana dan karet di sekitar sasis.

Di bagian kisi-kisi di Jabra Speak 710 adalah cincin plastik hitam glossy dengan kontrol speaker, di mana pengguna dapat menghidupkan perangkat, memeriksa masa pakai baterai, mengatur volume, dan mengangkat panggilan. Cincin kontrol menguasai kontrol Speak 710 yang lebih maju, seperti Smart Button, yang mengaktifkan asisten suara seperti Google Now, Siri atau Cortana saat dipasangkan ke smartphone atau laptop, dan Link Button, yang memungkinkan pengguna memasangkan dua Jabra Speak 710 bersama untuk suara stereo dan telekonferensi yang lebih baik. Antarmuka kontrol sepenuhnya berbasis sentuhan, dan hanya menyala saat speaker menyala. Saat kontrol tidak digunakan, lampu latar akan memudar, sehingga speakerphone terlihat minimal.

Bagian belakang perangkat memegang opsi konektivitas eksternal Speak 710, dimana Anda akan menemukan kabel audio atau pengisian USB yang membungkus sasis, dan dongle USB Bluetooth yang berada pada slot khusus di bagian belakang. Ada juga kickstand di bagian belakang speakerphone, yang memungkinkan Anda untuk menopang speaker dalam posisi berdiri. Secara keseluruhan, Jabra Speak 710 dibangun dengan baik, namun kami tidak merekomendasikan untuk membawa speakerphone ini di luar rumah karena tidak tahan debu dan air.

Konektivitas
Pengguna dapat terhubung ke speakerphone Jabra Speak 710 secara nirkabel melalui Bluetooth 4.2, atau menggunakan kabel USB Bluetooth Jabra Link 360 yang disertakan dan kabel USB jika mereka memiliki perangkat yang lebih tua tanpa Bluetooth. Proses pemasangan nirkabel bersifat sederhana dan cepat, sehingga Anda tidak mengalami masalah dengan konektivitas, bahkan cukup banyak plug and play, seperti yang diiklankan oleh Jabra.

Jabra Speak 710 juga dapat menyala sampai rentang nirkabel yang diklaimnya sejauh 33 meter, yan mana speaker dan mikrofon bekerja dengan baik hingga 35 meter sebelum mulai mendengar beberapa distorsi dan pemotongan. Rentang nirkabel Speak 710 berkurang bila ada dinding di jalan, namun jangkauannya cukup jauh untuk penggunaan kantor. Bahkan speakerphone ini dapat digunakan di ruang atau lantai terpisah dari perangkat sumber.

Kualitas
Untuk memastikan bahwa semua panggilan yang berasal dari Jabra Speak 710 terdengar keras dan jelas, Jabra telah menggunakan mikrofon omnidirectional khusus. Mikrofon omnidirectional mengambil suara dari sumber di sekitar speakerphone, dan dapat menampung enam orang dengan mudah di satu perangkat, berbicara dari kejauhan mulai dari setengah meter sampai dua meter jauhnya. Menghubungkan dua Jabra Speak 710 bersama-sama memperluas jangkauan mikrofon perangkat pertama ke yang kedua, memungkinkan total dua belas orang untuk teleconference dengan nyaman.

Jabra Speak 710 memberikan tanda suara punchy, dengan nada tinggi yang kencang dan jernih, mid yang relatif mellow, tapi bass sangat lemah. Meskipun, speaker ini cukup keras namun sudah kuat untuk digunakan dalam pengaturan ruang konferensi. Ada sedikit atau tidak distorsi bahkan pada volume maksimum, tapi kami menemukan bahwa speaker cenderung sedikit bergetar saat musik keras dimainkan.

Produk ini juga bisa digunakan untuk menonton video, film dan acara TV, serta benar-benar bekerja sangat baik saat digunakan dalam stereo. Meski ada sedikit lag antara apa yang ditunjukkan di layar dan audio yang dihasilkan dari speaker dari waktu ke waktu, ini adalah masalah umum pada kebanyakan perangkat bluetooth dan mudah diperbaiki oleh smartphone atau perangkat secara otomatis, atau dengan sedikit perubahan di pengaturan pemutar video.

Spesifikasi lengkap Jabra Speak 710:
– Speaker 10 Watt, audio kelas HiFi
– Suara stereo saat dihubungkan dengan Jabra Speak 710 lainnya
– Omnidirectional microphone (hosting hingga 6 orang per unit, 12 saat terhubung)
– Kabel audio/pengisian USB 2.0, untuk PC dan Laptop
– Bluetooth 4.2/Bluetooth Low Energy, untuk Smartphone, Tablet
– Bluetooth Dongle untuk perangkat yang lebih tua tanpa bluetooth
– Jangkauan Bluetooth: 33m
– Perangkat berpasangan: 8
– Profil BT: Profil headset v1.2, profil bebas tangan v1.6, A2DP v1.2, AVRCP v1.5
– Daya tahan baterai 15 jam waktu bicara, iaga 480 hari, dan waktu pengisian 3 jam

Kelebihan Jabra Speak 710:
– Tombol pintar untuk mengaktifkan asisten suara
– Bersertifikat untuk Cisco, Avaya, Skype dan aplikasi VOIP umum lainnya
– Kickstand terintegrasi
– Dilengkapi pouch yang terbuat dari busa soft memory
– Slot kunci Kensington

Harga Jabra Speak 710
Cek harga terbaik Jabra Speak 710 disini.