Review

Review iPhone X: Evolusi Terbaik iPhone Selama 10 Tahun

Pertama kali hadir di kancah teknologi, usia iPhone saat ini sudah lebih dari 10 tahun. Berbagai teknologi pun terus berkembang setiap tahunnya dari Retina Display di iPhone 4 hingga fitur animoji di iPhone X. Ya, kali ini kita akan membahas tentang review iPhone X yang menjadi evolusi terbaik iPhone selama 10 tahun. Langsung saja, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Desain
Untuk iPhone X, Apple menggunakan layar 5,8 inci namun dengan bodi yang jauh lebih besar dibanding seri iPhone 6 Plus. Perubahan yang juga diberikan pada kualitas layar adalah layar Super Retina HD dengan bahan OLED pada resolusi 2436 x 1125 piksel. Komputer Anda masih menggunakan resolusi 1280 x 800? Itu berarti tampilan pada iPhone X bisa 2 kali lipat lebih tajam dibanding gambar yang muncul di komputer Anda.

Dimensinya, iPhone X berukuran hampir sama seperti iPhone 8. Tapi layarnya jauh lebih besar karena tidak ada bezel pada 4 sisi dan hilangnya Home Button. Meski tak jauh berbeda dengan ukuran iPhone 8 dalam bodi, namun layarnya jauh lebih besar dari iPhone 8 Plus. Menonton video, bermain game, membaca artikel dengan teks baris atau gambar yang meluas adalah aktivitas yang sangat menyenangkan pada iPhone X.

Apple menyematkan bahan kaca di bagian depan dan belakang iPhone X agar terlihat ekstra mewah. Sisi dari rangka utama, menggunakan Stainless Steel yang menyesuaikan warna bodi, seperti warna gelap untuk iPhone X Space Grey dan warna krom untuk iPhone X Silver. Beralih ke cover belakang, Apple menggunakan bodi berbalut bahan kaca karena adanya teknologi Wireless Charging. iPhone X juga terasa lebih solid bila dibandingkan dengan iPhone 7 Plus. Mungkin ini karena ukurannya bisa dibilang cukup kecil namun memiliki baterai sebesar 2716 mAH.

Jika tahun lalu Apple telah menghapus jack audio agar perangkat iPhone anti air, tahun ini giliran Home Button. Ya, perangkat keras ini resmi dihilangkan pada iPhone X dan diganti dengan berbagai gesture baru. Jumlahnya ada 15 gesture dan kombinasi tombol baru yang harus dipelajari jika Anda sudah membeli iPhone X. Misalnya, untuk mengakses Multitasking yaitu dengan swipe ke atas dan tahan, tangkapan layar dengan kombinasi tombol baru serta Force Restart dan call Control Center dari sisi kanan atas.

Kamera
Apa yang baru di kamera belakang iPhone X? Secara khusus, kamera pada iPhone X memiliki sedikit peningkatan dibandingkan dengan kamera di iPhone 8, yakni mode stabilisasi gambar optik di kedua lensa, tele dan wide. Sebelumnya di iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus, lensa tele tidak mendukung mode dan membuat rekaman video lebih terlihat tidak stabil.

Spesifikasi untuk segi ini ialah aperture kamera tele di iPhone X juga diupgrade ke ƒ/2.4. Hal ini memungkinkan Anda untuk menangkap foto benda jarak jauh di malam hari dengan lebih jelas dan tajam dan mendapatkan isolasi bokeh yang apik pada mode Portrait Mode. Fitur baru lainnya pada iPhone X yang diklaim membuat gambar Anda terlihat lebih baik di siang hari yang cerah atau lampu full-color malam hari adalah kombinasi antara pemrosesan pixel, tangkapan warna yang lebar, dan mode autofocus dan HDR. Apple juga menyediakan quad LED True Tone Flash pada iPhone X yang menjamin hasil gambar dengan tampilan flash yang lebih natural dan mode Slow Sync untuk membuat background dan objek utama menjadi lebih menyatu.

Kamera depan pada iPhone X bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 7MP yang juga mendukung Retina Flash. Fitur yang paling menarik di kamera depan iPhone X adalah teknologi Portrait Mode. Jika sebelumnya Anda mengenal Portrait Mode dengan dual camera pada iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone X, fitur ini juga bisa dilakukan oleh kamera depan pada iPhone X. Tidak perlu lensa ganda? Perlu dengan melalui kamera inframerah dari TrueDepth Camera di iPhone X alias sisi paling kiri. Fitur ini berguna untuk mengukur jarak wajah ke kamera depan untuk mengukur simulasi bokeh, fokus dan pilihan mode Camera Portrait.

Animoji
Animoji adalah emoji yang bisa bergerak dengan mengikuti gerak tubuh wajah pengguna yang ditangkap oleh kamera depan iPhone X dan serangkaian sensor TrueDepth Camera. Dibantu oleh CPU A11 Bionic Apple yang baru, TrueDepth Camera akan merekam lebih dari 50 gerakan otot di wajah pengguna dan melakukan gerakan yang sama dalam beberapa pilihan Emoji yang mendukungnya. Mulai dari Panda, Unicorn, Robot dan berbagai lainnya.

Apple memberi Animoji dalam pesan kirim pesan iMessage untuk pengguna iPhone X yang dapat diterima oleh semua pengguna perangkat iOS lainnya. Durasi maksimum untuk Animoji yang akan Anda kirim adalah 10 detik dan bisa disimpan ke Camera Roll jika diinginkan.

Kelebihan iPhone X:
– Dapur pacu powerful berkat A11 Bionic
– Desain baru yang menarik dengan bezel tipis dan layar penuh
– Adanya super Retina Display
– Layar teknologi OLED
– Kamera TrueDepth
– FaceID
– Animoji yang sangat natural
– Wireless Charging

Kekurangan iPhone X:
– Harga yang sangat mahal
– Rentan pecah karena body keseluruhan terbuat dari kaca

Harga iPhone X
Cek harga terbaik iPhone X disini.