Review

Review Huawei Y3: Harga Di Bawah Rp 1,5 Jutaan

Lini produk yang ditawarkan oleh Huawei sudah tergolong lengkap. Tidak hanya menargetkan pengguna menengah dan atas, produsen China juga terkenal dengan produknya yang terjangkau. Smartphone Huawei yang tampaknya disajikan untuk menargetkan entry-level atau pengguna yang ingin hijrah dari ponsel fitur ke smartphone. Produk yang dimaksud tidak lain adalah Huawei Y3. Berikut review Huawei Y3: harga di bawah Rp 1,5 jutaan.

Pada artikel Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Huawei Y3
– Kelebihan & kekurangan Huawei Y3
– Harga terbaik Huawei Y3

Desain Klasik
Smartphone ini memiliki desain berkonsep klasik berbentuk persegi empat yang dipadukan dengan empat sudut menumpul. Desain Huawei Y3 dipadukan dengan panel belakang berbahan plastik yang agak cembung. Huawei Y3 mengusung tubuh berdimensi 145,1 x 73,7 x 9,5 mm dengan ketebalan 9,5 mm dan berat 175 gram. Dengan dimensi seperti itu, Huawei Y3 masih cukup nyaman digenggaman, meski dari bobot smartphone ini tergolong berat.

Layar
Dikutip dari Kompas.com, Huawei Y3 dikemas dengan ukuran layar sebesar 4 inci dengan resolusi layar 480 x 854 piksel. Sehingga Huawei Y3 tetap mampu menyajikan konten dengan kepadatan 196 ppi. Dan dari sisi teknologi, Huawei Y3 mengadopsi jenis layar IPS LCD yang dalam hal tampilan cukup baik.

Dan bagi mereka yang tidak puas dengan hidangan default, pengguna dapat mengutak-atik tampilan seperti yang diinginkan melalui menu Pengaturan> Tampilan. Di sini tercantum sejumlah menu yang dapat diubah, seperti untuk mengubah Wallpaper, ukuran font, mengaktifkan Daydream, kecerahan layar, dan sebagainya.

Sektor Kamera
Huawei Y3 memiliki kamera utama beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang dilengkapi autofocus, flash LED, Geo-tagging, face detection, touch focus dan kemampuan merekam video 720p @30fps. Selain kamera utama, tentu saja smartphone ini juga memiliki kamera sekunder yang digunakan untuk selfie. Dalam hal ini, Huawei Y3 menyajikan jendela bidik resolusi yang lebih kecil, yang hanya 2 MP. Namun dengan resolusi yang ditawarkan sayangnya tidak ada flash LED sehingga tidak disarankan mengambil gambar selfie di ruangan yang minim cahaya atau malam hari. (Baca Juga: Review Huawei Y7 Prime: Dengan EMUI 5.1 & Baterai 4000 mAh)

Dapur Pacu
Untuk mendukung kinerja smartphone secara keseluruhan, Huawei Y3 didukung oleh chipset MediaTek MT6737M yang memiliki konfigurasi quad-core Cortex-A53 1.1GHz yang dipadukan dengan prosesor grafis Mali-T720. Selain itu, Huawei Y3 sudah menyediakan slot kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 128 GB. Dengan begitu Huawei Y3 tergolong cukup andal untuk melakukan aktivitas pengguna, seperti berkomunikasi, akses internet dan jejaring sosial, dan aktivitas lain seperti menonton video atau mendengarkan konten audio.

Seperti smartphone buatan Huawei lainnya, Huawei Y3 juga mengusung sistem operasi Android yang dipermanis dengan antarmuka khusus. Dalam hal ini, Huawei Y3 menjalankan Android 6.0 Marshmallow berjajar dengan EMUI 4.1 Mini. Tidak hanya membuat tampilan terlihat lebih segar, pengalaman yang ditawarkan EMI 4.1 Mini berbeda dibanding smartphone Android murni lainnya.

Komponen Lainnya
Terdapat komponen lainnya seperti port microUSB dan mikrofon berada di bagian bawah, adapun jack audio terletak di bagian atas. Komponen lain seperti speaker, sensor kamera utama dan lampu flash berturut-turut disajikan di bagian belakang smartphone. Dan di bagian bawah layar hanya terlihat logo Huawei yang mengadopsi tombol navigasi (back, home, dan multitasking) di dalam layar.

Ada juga fitur Eye Comfort yang berguna bagi pengguna untuk melindungi mata dari kelelahan. Fitur ini mungkin cocok ketika Anda mengakses smartphone sebelum tidur di tempat ruangan dalam kondisi redup. Selain itu, ada juga fitur Color Temperature yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan pantulan cahaya di layar smartphone, baik untuk menambah atau mengurangi cahayanya, sehingga membuatnya lebih redup. Dalam penggunaannya juga cukup mudah, dimana pengguna cukup menggeser-geser ke kiri atau ke kanan sesuai keinginan.

Kelebihan Huawei Y3:
– Layar ideal 5 inci berteknologi IPS LCD yang nyaman digunakan dengan satu tangan
– Baterai berkapasitas 2200 mAh
– Dual SIM yang keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE
– Kamera belakang 8 MP yang sudah dilengkapi fitur autofocus dan LED Flash

Kekurangan Huawei Y3:
– Kamera depan hanya 2 MP yang pasti kurang optimal saat digunakan untuk selfie
– Baterai tidak memiliki teknologi Fast Charging
– Tidak memiliki Fingerprint sensor

Harga Huawei Y3
Cek harga terbaik Huawei Y3 dan beli disini.