Review

Review HTC Vive: High-Level VR

HTC yang kita tahu selama ini mahir dalam menghasilkan perangkat telekomunikasi karena memang sudah lama bergelut sebagai produsen sekaligus vendor smartphone. Namun beberapa waktu terakhir ini, HTC sudah berhasil menciptakan sebuah alat teknologi masa depan pada sektor hiburan game dengan meluncurkan HTC Vive. Lantas apa saja spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari perangkat tersebut? Mari simak Review HTC Vive di bawah ini.

Tentang Produk
HTC Vive pada dasarnya merupakan headset Virtual Reality (VR) hasil kolaborasi HTC dengan Valve Valve, perusahaan pengembang game. Di dalam headset ini terdapat layar yang nantinya akan menampilkan gambar sehingga saat Anda memakainya, seolah-olah masuk ke dunia virtual.

Apabila sebelumnya Anda mengenal VR hanya berupa alat cardboard yang dalam penggunaannya memerlukan smartphone sebagai media visualnya, namun tidak dengan HTC Vive. Pengguna hanya perlu perangkat lain berupa laptop atau PC komputer untuk menjalankan hambar tersebut berkat adanya joystick untuk memainkan game.

Dalam Paket
1 x perangkat cardboard yang disertai dengan kabel HDMI
2 x joystick sebagai kontroller
2 x sensor untuk membaca gesture pengguna

Kegunaan HTC Vive
Dari perangkat yang ada dalam paket HTC Vive, masing-masing memerankan fungsi yang berbeda. Cardboard dengan kabel HDMI akan menjadi media visualisasi dengan menghubungkan ke laptop atau komputer. Kabel HDMI dibuat cukup panjang karena akan mengcover kebutuhan gerak dari pengguna menjadi lebih leluasa.

Kemudian, terdapat sensor gesture dari HTC Vive yang bertugas merespon gerak atau gesture dari pengguna. Sensornya terdiri dari buah sensor yang berbentuk kubus dengan dimensi kurang lebih 8 x 4 x 8 cm dan terdapat satu lobang di bagian bawah sensor untuk menjadi tempat menancapkan tripod agar sensor dapat diposisikan di sudut ruangan.

Ada lagi wireless joystick HTC Vive berjumlah dua buah yang bertugas sebagai kontroller atau bisa jadi sebuah senjata, tangan, atau objek lainnya tergantung dari game yang sedang dimainkan. Joystick ini merupakan nirkabel tanpa kabel sehingga di dalamnya sudah ditanamkan baterai yang dalam penggunaannya harus dilakukan charging daya terlebih dahulu.

Kelebihan HTC Vive:
· Room-scale VR atau bisa menampilkan dunia virtual dalam bentuk ruang
· Dilengkapi dengan controller khusus yang akan digenggam selama permainan
· Memiliki kamera depan untuk menangkap tampilan di depan pengguna
· Dua layar di dalam headset dengan resolusi FULL HD 1080 pixel dan refresh rate 90 Hz
· Teknologi tertinggi VR saat ini
· Konektivitas joystick dan sensor menggunakan teknologi nirkabel atau wireless
· Terdiri dari 5 perangkat yaitu 1 buah cardboard, 2 buah joystick dan 2 buah sensor

Kekurangan HTC Vive:
· Harga cukup mahal

Harga HTC Vive
Cek harga terbaik HTC Vive disini.