Review

Review Google Pixel XL: Hardware Super Tangguh

Beberapa waktu lalu, Google meluncurkan dua smartphone flagshipnya di pasar gadget global. Kedua smartphone itu ialah Google Pixel dan Google Pixel XL yang diluncurkan Google untuk menggantikan produk Nexus. Antara Pixel dan Pixel XL pun mempunyai tampilan yang mirip, namun perbedaan yang signifikan terletak pada bentang layarnya. Apabila Anda ingin lebih mengenal dengan smartphone flagship tersebut, mari simak Review Google Pixel XL sebagai berikut.

Desain Google Pixel XL
Jika dilihat secara sepintas, desain Google Pixel XL terlihat seperti iPhone. Perangkat ini dibekali lempengan logam dengan perpaduan warna hitam, putih, dan biru yang didukung tepi melengkung dan bagian belakangnya sedikit meruncing sedikit demi kenyamanan pengguna saat menggenggamnya. Google juga menyingkirkan bentuk kamera yang menonjol, tidak seperti generasi sebelumnya.

Google Pixel XL sebenarnya membawa desain yang tergolong unik dengan perpaduan antara kaca dan metal yang begitu menarik perhatian para pecinta smartphone. Terdapat sebuah bidang persegi di bagian belakang yang membuatnya beda dengan smartphone lainnya. Sedangkan untuk layarnya sendiri, Google Pixel XL mengusung layar seluas 5,5 inch berjenis AMOLED yang mampu menampilkan gambar dengan jernih dan tajam. Layar ini beresolusi Quad HD dengan kerapatan hingga 534 ppi.

Performa dan Software
Google Pixel XL termasuk ponsel pintar yang performanya sangat cepat, dan hal inilah yang membuatnya menyenangkan untuk digunakan.

Perangkat ini juga tidak akan mengalahkan saingannya di salah satu tes benchmark. Meskipun menggunakan CPU Snapdragon 821 yang cukup lawas, tidak cukup cocok dengan Samsung Galaxy S7 di tes Geekbench 4. Pixel XL mencetak 1.554 dalam tes single-core dan 4.025 dalam uji multi-inti, dimana S7 masing-masing mencetak 1.848 dan 5.841. Tapi skor ini sama sekali tidak berhubungan dengan bagaimana smartphone saat tampil dalam kehidupan nyata.

Entah itu membuka aplikasi, browsing web, bermain game atau sekedar jumping antar homescreens, Pixel XL merupakan pengalaman smartphone Android yang paling mulus. Bahkan game Asphalt 8 yang terkenal dengan memori besarnya, melaju tanpa frame dan loadingnya sama dengan iPhone 7 atau mengalahkan Samsung Galaxy S7. Anda pun bisa memuat foto RAW di Lightroom tanpa masalah.

Ada perubahan besar pada sentuhan-responsif tampilan juga, dan sekarang terasa seperti berada di tingkat iPhone. Tekan ke bawah dan gerakan Anda diterjemahkan ke dalam tindakan seketika. Jika Anda melakukan hal yang sama di Galaxy S7 atau OnePlus 3, pasti ada jeda. Anda mungkin tidak akan memperhatikan pertama kali, tapi Anda pasti akan memperhatikannya setelah beberapa hari.

Pixel XL mencakup penyimpanan 32GB sebagai standar, dimana sekitar 24GB tersedia untuk digunakan. Google juga menawarkan opsi ROM 128GB, yang menurut kami adalah pilihan yang lebih baik mengingat tidak ada penyimpanan yang dapat diperluas. Kualitas panggilan pun sangat bagus, dengan mic yang mampu ‘memotong’ kebisingan latar belakang.

Seperti ponsel Nexus sebelumnya, Pixel XL adalah smartphone yang menampilkan spesifikasi terbaik dari perangkat lunak Google. Penambahan baru yang besar di sini adalah Asisten Google, Siri dan Cortana yang menggabungkan Google Now, Now on Tap dan bot berbahasa alami.

Kelebihan Google Pixel XL:
• Desain unik dan premium berkat bahan dasar metal dan kaca
• Di dukung koneksi internet super cepat 4G LTE Cat 9
• Layar sangat jernih dan tajam karena kerapatan 534 ppi
• Layar dilindungi Corning Gorilla Glass 4
• Layar lebar 5,5 inch dengan resolusi Quad HD
• Di dukung sensor fingerprint
• Mengisi baterai lebih cepat berkat fitur fast charging
• RAM 4 GB dan ROM 32/128 GB
• OS Android v7.1 Nougat
• Kamera primer 12.3 MP

Kekurangan Google Pixel XL:
• Tidak ada slot microSD
• Harga cukup tinggi

Harga Google Pixel XL
Cek harga terbaik Google Pixel XL disini.