Review

Review Fujifilm XA5: Mirrorless-nya Pencinta Selfie

Pabrikan asal Jepang, Fujifilm secara resmi baru saja meluncurkan kamera mirrorless terbarunya bernama Fujifilm XA5 untuk menambahkan jajaran produk kamera mirrorless buatannya sekaligus menjadi penerus kamera mirrorless sebelumnya yakni XA3 . Perangkat baru Fujifilm ini juga menawarkan sejumlah keunggulan yang siap memanjakan para penggemar fotografinya. Berikut review Fujifilm XA5: mirrorless-nya pencinta selfie.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Fujifilm XA5
– Kelebihan dan kekurangan Fujifilm XA5
– Harga terbaik Fujifilm XA5

Setelah merilis X-A3 di Indonesia, perusahaan Fujifilm menghadirkan penggantinya dengan sejumlah pembaruan dan fitur yang menjanjikan. Diberi nama Fujifilm XA5, aspek utama yang ditawarkan oleh kamera mirrorless ini adalah kepraktisan yang memang diperuntukan bagi para pencinta fotografi pemula yang sangat gemar berswafoto. Berikut review selengkapnya:

Desain
Untuk masalah desain, bisa dibilang Fujifilm memiliki keunikannya tersendiri. Kamera buatan Fujifilm ini sering dildesain dengan gaya retro yang stylish. Begitu pun kamera mirrorless terbaru yang baru saja diluncurkan Fujifilm. Seperti kamera mirrorless Fujifilm lainnya, XA5 juga di desain retro-style dengan sejumlah fitur berkualitas yang diklaim cocok untuk para pengguna Indonesia. Desain ini terlihat dari bodi kameranya yang terbuat dari logam, dikombinasikan dengan lapisan kulit sintetis yang memiliki berbagai warna menarik untuk memanjakan penggunanya.

Sensor Kamera
Fujifilm XA5 hadir dengan sensor APS-C 24,2 MP yang menjanjikan teknologi khas reproduksi warna seri X untuk memanjakan para penggunanya. Dikutip dari Merdeka.com, Fujifilm XA5 hadir dengan lensa terbaru yang diberi nama Fujinon XC15-45 mm F3.5-5,6 OIS PZ. Fujifilm menyebut lensa terbarunya ini sebagai lensa zoom elektronik pertama untuk X mount. Jarak kerja minimum lensa kit mencapai 5 cm. Fujifilm mengklaim bahwa lensa kit sangat ideal untuk mengambil bidikan close-up yang jernih.

Layar dan Bobot Kamera
Beralih ke layar, Fujifim XA5 menggunakan layar 3” berteknologi touchscreen yang dapat disesuaikan sudutnya hingga 180 derajat. Ketika diputar hingga sudut 180 derajat, tombol perintah belakang akan secara otomatis beralih fungsi ke zoom dan shutter release yang akan memungkinkan pengguna untuk mengambil potret selfie.

Bagian bodi Fujifilm XA5 memiliki dimensi 116,9 × 67,7 × 40,4 mm. Bodi keseluruhan kamera ini memiliki berat 496 gram (badan 361g plus lensa 135g), bobot ini lebih ringan dari X-A3 dengan berat lebih dari 580-gram.

Spesifikasi dan Fitur Lainnya
Fujifim XA5 menjanjikan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah berbagai pilihan ISO yang sekarang diperluas ke ISO 12.800. Selain itu, pengguna juga akan dimanjakan dengan kehadiran mode SR + Auto yang tidak ditawarkan pada generasi sebelumnya. Beralih ke mode perekaman, Fujifilm XA5 menawarkan fungsi video HD berkecepatan tinggi. Kamera mirrorless ini juga menawarkan rekaman dengan resolusi 4K, termasuk fitur 4K burst yang dapat merekam hingga 15 gambar per detiknya.

Ada juga sistem intelligent Hybrid AF yang menjanjikan fokus lebih cepat dari generasi sebelumnya. Fujifilm XA5 adalah penerus Fujifilm X-A3 yang ditujukan untuk para fotografer pemula yang mencari kamera ringkas, praktis, dan tidak mahal. Selain itu dilengkapi pula dengan fase pendeteksi piksel yang menjadikan mirrorless seri XA pertama yang dibenamkan untuk XA5.

Kamera mirrorless XA5 juga mendukung kemampuan continuous shooting maksimum 6-frame per detik sekitar 10-frame atau 3fps maksimum 50-frame. Salah satu fitur lainnya adalah exposure compensation (-5.0EV hingga + 5EEV). Kemampuan unik ini memungkinkan pengguna untuk mereset level eksposur setelah jepretan diambil tanpa menyebabkan gambar terlihat tidak natural. Pengguna dapat mengurangi level jika foto terlalu terang atau sebaliknya.

Selesai filter dan simulasi film lagi menjadi andalan di kamera mirrorless baru di seri X-A ini. Anda dapat bermain dengan 17 filter, beberapa di antaranya membuat gambar jadi lembut, filter spesialis mainan, untuk menyorot warna. Dilengkapi pula dengan fitur menghilangkan kabut dan juga fitur untuk menambahkan kilauan (sparkle) di area-area terang untuk setiap jepretan.

Selain itu, Fujifilm XA5 dibekali dengan fitur Bluetooth Low Energy (Bluetooth 4.1), sehingga peggunanya tidak perlu repot untuk mencari kabel mini USB saat pengguna mirrorless ingin mentransfer hasil foto dan video dengan bantuan aplikasi Fujifilm Camera Remote.

Kelebihan Fujifilm XA5:
– Dilengkapi dengan prosessor baru yang mendukung kinerja lebih cepat
– Mampu merekam video 4K
– Terdapat Bluetooth untuk koneksi terus menerus dengan ponsel
– Eksternal mic jack untuk membantu merekam video
– Bisa charge dengan power bank (via USB)
– Daya tahan baterai awet sehingga bisa tahan hingga 450 jepretan

Kekurangan Fujifilm XA5:
– Belum dilengkapi ViewFinder
– Belum memiliki fitur Wifi dan NFC

Harga Fujifilm XA5
Cek harga terbaik Fujifilm XA5 disini.