Review

Review Fossil Q Venture: Mewah dan Klasik

Apakah Sobat Gaptex ingin membeli sebuah smartwatch dengan perpaduan dua gaya seperti mewah dan klasik? Jika iya, mungkin Fossil Q Venture pilihan yang tepat untuk Anda. Tidak seperti jam tangan pintar yang cenderung berbentuk lonjong atau persegi panjang, sebut saja Xiaomi Band 2, Q Venture masih mengusung desain bulat yang sangat klasik dengan warna memikat. Penasaran? Mari simak review Fossil Q Venture secara lengkap di bawah ini.

Desain dan Display
Fossil memiliki warisan dalam memberikan desain jam tangan yang ramping dengan harga yang relatif terjangkau, dan Fossil Q Venture melanjutkan tradisi itu. Smartwatch ini memilih desain layar bulat, dengan bezel yang tidak bertanda (bukan bezel bernomor olahraga yang sering digunakan beberapa smartwatch). Satu tombol ada di sisi kanan display, di dalam crown.

Tapi crown itu tidak diputar, juga tidak di bezelnya. Itu berarti Anda harus menelusuri daftar dengan jari Anda di layar sentuh smartwatch, yang bisa sedikit fiddly untuk mereka yang memiliki angka lebih banyak. Namun, banyak merek lain yang juga mengambil pendekatan ini, termasuk Tag Heuer, Mont Blanc, Misfit dan LG.

Fossil Q Venture memiliki desain yang relatif kompak secara keseluruhan, membuat smartwatch terasa halus dan elegan. Dengan display 42mm dan tebal hanya 11.5mm, bobotnya termasuk ringan untuk jam tangan berbahan stainless steel. Kemudian, tali jam sepanjang 18mm dapat diubah, dengan pilihan bahan logam dan metal yang Fossil tawarkan. Berkat sertifikasi perlindungan air IP67, Anda bisa membawa Fossil Q Venture ke kolam renang tanpa masalah, karena mampu bertahan di kedalaman 1 meter air selama 30 menit.

Tampilan
Sebelumnya, Fossil telah memilih tipe “flat tire” yang digandrungi untuk display smartwatch, namun Fossil Q Venture akhirnya membawa layar yang bulat sepenuhnya.Dengan diameter 42mm, ini layar yang relatif kecil untuk smartwatch, namun kejernihan dan kecerahan layar berarti semua teks, ikon pemberitahuan dan elemen interface tetap terbaca dengan jelas. Bahkan, layarnya bisa terbaca meski di bawah sinar matahari langsung.

Karena cukup kompak, Anda mungkin kadang-kadang merasa sulit untuk mengetuk dan memilih ikon yang lebih kecil. Ini bukan deal breaker, tapi disinilah pilihan kontrol alternatif, seperti bezel atau crown yang berputar, akan berguna bagi mereka yang memiliki jari lebih besar.

Spesifikasi dan Antarmuka
Fossil Q Venture dikemas dalam prosesor Snapdragon 2100, dipasangkan dengan RAM 512MB. Kami sedikit khawatir tentang dapur pacunya, karena prosesor lawas ini telah diketahui kinerjanya buruk, contohnya pada Huawei Watch 2, dimana dipasangkan dengan RAM 768 MB yang lebih besar. Tapi, uniknya Fossil Q Venture tidak ada masalah, sehingga perpaduan antara RAM dan prosesor ini sangat responsif. Baik itu membolak-balik daftar, atau bermain game berbasis pergelangan tangan seperti Bolt Bot yang sudah terinstal, aplikasi dimuat dengan cepat, dan layar disegarkan dengan lancar.

Namun sayangnya, di spesifikasi prosesor yang berkesan, ada beberapa elemen yang tidak tepat yang membuat daftar fitur sedikit kurang lengkap daripada yang seharusnya (dan boleh dibilang seharusnya). Pertama adalah minimnya onboard GPS. Saat memetakan aplikasi dapat mendukung ponsel dari fitur ini, berarti Anda tidak akan bisa mendapatkan kiat navigasi yang akurat dari aplikasi atau menjalankan pelacakan rute tanpa ada telepon.

Kemudian kurangnya monitor detak jantung yang akan mempengaruhi kegunaan untuk penggemar kebugaran, sementara juga tidak ada konektivitas NFC, membuat pemasangan headphone nirkabel menjadi tugas utama, dan mencegah Fossil Q Venture tidak berguna sebagai alat pembayaran melalui Android Pay. Jika Anda terbiasa dengan Android Wear 2.0, Anda akan tahu apa yang diharapkan dari antarmuka Fossil Q Venture, karena ini sangat bersih, dimana vanilla masuk ke sistem operasi.

Anda juga bisa menekan tombol cukup lama untuk memicu Google Asisten, membiarkan Anda berbicara dengan orang yang dapat menjawab pertanyaan, menetapkan penghitung waktu dan permintaan sederhana lainnya. Ini berhasil dengan sangat baik, mampu mendengar suara bahkan di tengah hiruk pikuk tempat yang ramai.

Android Wear 2.0 adalah evolusi yang solid dari ambisi Google yang dapat dikenakan, menjadi langkah menuju pembuatan semua perangkat Android Wear yang lebih independen dari smartwatch yang terhubung dengan kekuatan 4G, yang sayangnya Fossil Q Venture tidak. Namun dengan penyimpanan 4GB untuk mendownload aplikasi dari toko onboard dan memasukkan sendiri musik Anda untuk pemutaran bebas pulsa, Q Venture memang memiliki sarana untuk bertahan dalam perpisahan singkat dari ponsel cerdas Anda.

Kelebihan Fossil Q Venture:
– Kontruksi indah dan elegan
– Layar sentuh dan responsif
– Baterai tahan lama
– Bobot ringan, desainnya relatif kompak
– Cocok untuk pergelangan tangan yang lebih kecil
– Dapat mengambil foto
– Tahan air hingga 30 menit di kedalaman 1 meter
– Tali jam tangan bisa diganti

Kekurangan Fossil Q Venture:
– Tidak ada fitur GPS dan NFC
– Tidak ada heart rate sensor

Harga Fossil Q Venture
Cek harga terbaik Fossil Q Venture disini.