Review

Review DJI Inspire 1: Drone Profesional dengan 4K Camera

Menggabungkan kualitas, fitur dan penanganan yang luar biasa dengan kinerja video yang luar biasa, DJI Inspire 1 adalah salah satu drone terbaik di udara saat ini. Tentu saja drone tersebut bukan untuk pengguna amatir atau mereka yang memiliki budget lebih, namun DJI Inspire 1 ditujukan bagi para profesional di industri ini. Langsung saja, mari simak DJI Inspire 1 pada pembahasan sebagai berikut.

Sementara banyak drone yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin mengambil selfie jarak jauh atau foto Instagram yang menarik perhatian dari landmark terkenal, rangkaian perangkat drone dari DJI membawa hal-hal yang sedikit lebih serius. Ini adalah drone yang dibuat untuk pengguna profesional yang menginginkan rekaman video beresolusi 4K dan hasil foto tajam, sehingga tak heran jika drone-drone dari DJI dibanderol harga yang mahal, termasuk DJI Inspire 2 yang sudah kita bahas sebelumnya.

Desain
DJI Inspire 1 adalah pesawat tak berawak yang gahar, bahkan jika Anda terbiasa menggunakan perangkat semacam ini. Perpaduan logam, serat karbon dan plastik, membuatnya seperti jenis robot mesin pembunuh ketika terbang penuh, dimana ia memiliki lengan bergerak naik secara otomatis saat berada di udara untuk memberi kamera pandangan yang benar-benar tanpa hambatan. Berbeda dengan beberapa drone berukuran saku yang kita lihat saat memasuki pasar saat ini, DJI Inspire 1 memiliki proporsi yang cukup besar sehingga Anda seharusnya tidak memasukkan barang ini ke dalam ransel Anda.

DJI Inspire 1 memiliki empat baling pelepas cepat yang menempel pada masing-masing lengan, dimana proses ini harus diulang setiap kali Anda menerbangkan pesawat tak berawak tersebut, karena tidak dapat disimpan dengan baling di tempat, bahkan harus ditempatkan dalam ‘mode transportasi khusus’ sebelum dapat disimpan dalam tasnya.

Hal yang sama berlaku untuk kamera, yang dipasang pada gimbal untuk pergerakan selama penerbangan. Di bagian belakang unit adalah baterai, yang harus dilepas dan dikeluarkan dari bodi utama untuk mengisi daya.

Pengoperasian
Kualitas keseluruhan dari DJI Inspire 1 ialah sangat powerful, sangat kuat sehingga Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa, terutama jika drone melaju sekitar 49 mph, yang menurut DJI, akan ada sedikit hambatan angin. Anda juga akan terkesan dengan kecepatan dari Inspire 1, berkat motornya yang tangguh. Lebih hebatnya lagi, drone tersebut juga cepat berhenti dan berbalik sehingga menerbangkan pesawat tak berawak ini memang merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Inspire 1 dikontrol dengan menggunakan remote bundling, yang menawarkan konfigurasi twin-stick serta berbagai input untuk mengendalikan elemen seperti sudut kamera, perekaman video dan fungsi back-to-home. Sambungan jarak jauh terhubung ke smartphone atau tablet Anda melalui koneksi kabel, menggunakan tampilan perangkat untuk menampilkan pemandangan dari objek yang didapat.

Tidak seperti banyak drone di pasaran, aliran video pada DJI Inspire 1 mengalami sedikit penurunan karena masalah sinyal, berkat antena yang kuat di bagian atas teknologi downlink video Lightbridge HD dan remote DJI. Jika Anda merasa sangat berjiwa petualang, maka Anda dapat menghubungkan orang kedua ke drone ini dengan remote lain, dan mintalah mereka mengendalikan kamera secara terpisah.

Kinerja
Begitu DJI Inspire 1 mengudara, sulit untuk tidak benar-benar terkesan dengan kemampuannya. Tidak hanya mudah dikendalikan, sangat stabil dan sangat gesit, namun ia juga dilengkapi dengan berbagai fitur, pengaturan dan pilihan, bahkan semuanya dapat diakses melalui aplikasi DJI GO, yang tersedia di iOS dan Android.

Aplikasi ini bisa sangat mengintimidasi pada awalnya, murni sampai pada sejumlah pilihan yang ada. Mengambil beberapa waktu untuk mempelajari berbagai hal di dalamnya sangat dianjurkan sebelum memulai penerbangan perdana Anda, dan DJI telah dengan serius memasukkan mode pemula untuk membantu memudahkan Anda. Mereka juga menciptakan jaring pengaman virtual yang mencegah DJI Inspire 1 terbang terlalu jauh, sehinga memberi Anda rasa nyaman dengan kontrolnya sebelum menjelajah lebih jauh.

Kunci GPS Inspire 1 sangat tepat, dan bahkan ketika dibiarkan melayang untuk jangka waktu lama tidak melayang seperti banyak drone lainnya. Mungkin fungsi yang paling penting untuk Anda ketahui adalah “Return to Home”, yang benar-benar membuat pikiran Anda lega, saat Anda mendapatkan teknologi yang menghabiskan banyak uang. Jika sambungan di antara jarak jauh rusak, atau baterai hampir habis, maka DJI Inspire 1 akan secara otomatis kembali ke titik lepas landas, yang seharusnya mencegahnya tersesat saat terbang dalam jarak jauh.

Selain memiliki motor yang kuat, Inspire 1 mengandalkan CPU mutakhir dan perekaman video 4K secara alami yang telah dilengkapi dengan baterai 5700 mAh. Kapasitas ini akan memberi waktu sekitar 20 menit untuk penerbangan, meskipun jarak tempuh Anda akan bervariasi tergantung pada kondisi terbang, dan aktivitas apa yang Anda alami.

Spesifikasi Lengkap DJI Inspire 1.
– Flying Time : 7 – 8 minutes
– Charging Time : 200 minutes
– Drive Motor : 4 x 132 motor
– Control Distance : About 100 meters
– Gyro : 6 axis
– Frequency : 2.4G
– Transmission Distance : About 70 meters
– Transmitter Battery : 6 x 1.5V AA battery
– Camera Supply Voltage : 3.7V
– Flight Battery : 7.4V 2000mAh lithium ion battery (With dual protection)

Kelebihan DJI Inspire 1:
– Mobilitas tinggi
– Layar kompatibel untuk mengambil gambar yang diinginkan
– Memiliki port HDMI atau mini SUB yang dapat disambungkan ke layar
– Fitur Return to Home tersedia jika baterai sudah habis
– Kemampuan mengudara stabil dan baik
– Teknologi Lightweight yang fleksibel
– Kamera 12 MP yang memiliki resolusi 4K 30 SPD
– Dapat memaksimalkan sudut pengambilan gambar

Harga DJI Inspire 1
Cek harga terbaik DJI Inspire 1 disini.