Review

Review Coolpad Shine R106 : Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Coolpad merupakan vendor asal Tiongkok yang sedang gencar memasarkan produknya di Indonesia. Coolpad telah merilis beberapa seri sebelumnya, salah satunya adalah Coolpad Shine R106. Selain mengusung prosesor Octa Core, smartphone ini menawarkan fingerprint atau sensor sidik jari yang berperan dalam meningkatkan sistem pengamanan.

Review Coolpad Shine R106

Dengan panjang dan ketebalan nyaris sama, Coolpad Shine R106 memiliki tampilan yang lebih lebar jika dibandingkan beberapa seri lainnya. Bagian depan dirancang flat, sementara bagian belakang didesain cembung sehingga lekukan ergonomis tersebut memudahkan Anda memegangnya dengan satu tangan. Kedua bagian tersebut dibalut dengan warna emas namun tidak terasa licin di tangan. Ukuran layarnya seluas 5.5 inch dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan teknologi IPS LCD yang memberikan akurasi 16 juta warna. Pada penggunaan outdoor, layarnya mampu mengatur pencahayaan agar tidak menyilaukan mata.

Sistem operasinya menggunakan Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Cool UI yang atraktif. Spesifikasi inti terdiri dari prosesor Qualcomm Snapdragon 615 Octa Core dengan kecepatan 1.5 GHz yang dipadukan dengan RAM dengan kapasitas 2 GB. Pengolah grafisnya menggunakan GPU Adreno 405 yang mampu memberikan Anda tampilan yang memanjakan kedua mata saat bermain game, menonton video, berinternet, ataupun aktivitas lainnya. Smartphone ini memiliki memori internal sebesar 8 GB, tidak terlalu besar namun cukup untuk pemakaian medium. Anda bisa menambahkan memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Seperti smartphone pada umumnya, Coolpad Shine R106 juga dilengkapi fitur kamera. Anda bisa mengambil gambar dengan kamera belakang 13 MP dengan resolusi 4160 x 3120 piksel dan kamera depan 5 MP dengan resolusi 2592 x 1944 piksel. Meskipun menyediakan fitur HDR, kamera juga punya fitur tambahan Camera Pro yang memberikan hasil gambar lebih optimal. Untuk koneksi internet, ponsel pintar ini sudah didukung jaringan 4G LTE hingga 150/50 Mbps. Baterainya mungkin tidak terlalu besar dengan daya tampung 2500 mAh sehingga Anda perlu siap sedia dengan powerbank saat bepergian jauh.

Keunggulan dari smartphone ini terletak pada sensor sidik jari 360 derajat yang terletak di bagian belakang, di bawah lensa kamera. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan perangkat dari segala arah dan dalam kondisi apapun. Waktu yang dibutuhkan termasuk cepat, tidak sampai satu detik. Sensor bisa merekam dan menyimpan lima sidik jari, serta bisa diatur jenis akses yang diinginkan untuk setiap pola sidik jari. Selain dipakai untuk membuka kunci layar, sensor sidik jari juga berfungsi sebagai tombol kamera, penjawab panggilan telepon masuk, dan tombol shortcut ke sejumlah aplikasi.

Spesifikasi Lengkap Coolpad Shine R106
Dimensions 153 x 77 x 8.6 mm
Processor Qualcomm Snapdragon 615, Octa Core 1.5 GHz Cortex-A53
Operating System Android 5.1 Lollipop
Chipset MediaTek MT6595
GPU Adreno 405
Screen Size 5.5 inch
Screen Type IPS LCD Capacitive Touchscreen
Screen Resolution 1280 x 720 pixels
Camera Back 13 MP (Autofocus, Dual LED Flash, HDR)
Camera Front 5 MP
Video 1080p@30fps
RAM 2 GB
ROM 8 GB
Network GSM / HSDPA / LTE
Wi-Fi Connection Yes, 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth Yes, v4.0
NFC No
USB OTG No
Battery Non-removable Li-Po 2500 mAh
Warranty 1 year

Kelebihan Coolpad Shine R106
– Dilengkapi sensor sidik jari
– Dukungan kamera 13 MP dan 5 MP
– Dukungan koneksi 4G LTE

Kekurangan Coolpad Shine R106
– Memori internal tidak terlalu besar

Harga Coolpad Shine R106
Dapatkan penawaran terbaik Coolpad Shine R106 disini.