Review

Review Canon EOS M5: Kamera Mirrorless Menyerupai DSLR

Canon adalah vendor kamera yang dikenal ‘jempolan’ dalam lini DSLR di mata para konsumennya. Namun belakangan ini, Canon terlihat hanya fokus untuk mengembangkan lini kamera mirrorless. EOS M5 adalah kamera mirrorless terbaru Canon yang diperkenalkan sebelumnya di acara Photokina di Jerman, September 2016. Pada kesempatan hari ini kami me-review Canon EOS M5: kamera mirrorless menyerupai DSLR.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Canon EOS M5
– Kelebihan & kekurangan Canon EOS M5
– Harga terbaik Canon EOS M5

Desain
Bodi kamera mirrorless EOS M5 terlihat seperti kamera DSLR Canon pada umumnya, hanya saja dalam ukuran bodi yang lebih kecil. Saat pertama kali Anda memegang kamera mirrorless ini, bodi EOS M5 terasa begitu ringan. Wajar, mengingat mirrorrless biasanya membawa tubuh lebih ringan dari DSLR. Bodi M5 akan terasa sedikit lebih berat, ketika dipasangkan dengan lensa Canon Zoom EF-M 15-45mm.

Layar
EOS M5 mengusung tombol navigasi dan layar LCD layar sentuh, serta memiliki Electronic Viewfinder (EVF) yang beresolusi 2,3 titik dengan panel OLED. Ukuran layarnya sebesar 3,2 inci yang sudah mengusung resolusi 1,6 juta titik yang bisa diputar ke atas 85 derajat dan turun hingga 180 derajat untuk memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menghasilkan foto yang lebih kreatif dan bervariasi. Mengambil foto selfie, wefie, atau membuat vlog dengan kamera ini pasti tidak akan menjadi masalah. Saat mengambil gambar atau merekam video melalui EVF, pengguna dapat mempermudah melakukan pencarian fokus dengan memanfaatkan fungsi Touch & Drag AF pada layar. (Baca Juga: Hadir di Indonesia Canon EOS M50 Harga Mulai 10 Juta)

Kinerja
Pikselasi dari warna foto di level ISO yang lebih sensitif dan tinggi seperti 3200 dan ke atas, pasti akan menghasilkan gambar yang terlihat lebih soft. Dikutip dari Kompas.com, Mirroless Canon EOS M5 didukung dengan sensor resolusi 24.2MP dan prosesor gambar Digic 7.

Kecepatan autofocus kamera juga dapat diandalkan, semua tentunya berkat teknologi Dual Pixel CMOS AF yang sebenarnya sudah ada di kamera DSLR Canon. Terkait dengan shutter speed, kamera ini mampu mengambil gambar dalam 30 detik ke 1/4000 detik, yang mana kinerja ini terbilang sangat cepat.

EOS M5 dapat bekerja dengan stabilisasi lima sumbu saat kamera bergerak sehingga goyangan kamera saat merekam video saat bergerak dapat diredam, hal ini berkat adanya kombinasi dari penstabil gambar digital dan lensa IS-Feature di kamera. Untuk merekam video, Canon EOS M5 hadir dengan teknologi perekaman video resolusi Full HD 60p dengan perekaman yang halus dan tajam.

Fitur Dukungan
Canon EOS M5 dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan NFC yang dapat memfasilitasi transfer file antar perangkat melalui Canon Image Gateaway. EOS M5 juga menyediakan fitur konektivitas Bluetooth yang hemat energi. Dengan hadirnya pilihan koneksi ini, EOS M5 dapat terus dihubungkan ke perangkat pintar tanpa khawatir menguras baterai dan tanpa harus memindah-mindahkan koneksi WiFi jika perangkat pintar tersebut terhubung ke jaringan WiFi lain.

Kelebihan Canon EOS M5:
– Hasil foto dan video memuaskan
– Layar sentuh yang fleksibel
– Kinerja autofocus cepat
– Dukungan konektivitas lengkap

Kekurangan Canon EOS M5:
– Belum mendukung video 4K
– Koleksi lensa EOS M masih sedikit

Harga Canon EOS M5
Cek harga terbaik Canon EOS M5 dan beli disini.