Review

Review Asus Zenbook Flip UX360UA: Elegan dan Kencang

Asus tengah meramaikan pasar ultrabook Indonesia melalui produk anyar mereka yang bertajuk Zenbook Flip. Notebook ini menjadi produk unggulan dari Asus yang berfokus pada kemampuan dan performa kencang, dibalik ukurannya yang tipis. Bukan hanya itu, diantara pesaingnya yang gencar meluncurkan ultrabook dengan desain unik, ASUS juga ikut memamerkan sesuatu yang berbeda di produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Asus Zenbook Flip UX360UA di bawah ini.

Desain
Jika kita membandingkannya dengan dua ultrabook yang telah kita ulas, contohnya Asus ZenBook 3, ASUS ZenBook Flip UX360UA memiliki perbedaan dalam hal desain. Kali ini, Asus menggunakan bodi plastik yang agak tipis. Namun, tak disangka, bahan plastik ini cukup kuat.

ASUS nampaknya ingin mematahkan anggapan bahwa notebook berukuran tipis memiliki tubuh yang rapuh. Dengan menggunakan warna silver untuk membungkus seluruh tubuhnya, Zenbook Flip UX360UA memang terlihat sangat elegan dan berkelas.

Saat membuka laptop ini, Anda akan melihat desain khas keyboard ASUS. Tombol chicklet yang cukup nyaman bagi pengguna untuk mengetik sesuatu di atasnya. Namun sayang, keyboard ini tidak memiliki lampu LED, sehingga Anda akan mengalami masalah saat menggunakannya dalam kegelapan.

Anda juga dapat melihat dua indikator pada dua tombol, tombol Caps Lock dan F2. Satu hal yang membedakan Zenbook Flip UX360UA dengan seri notebook lainnya adalah tersedianya pemindai sidik jari di trackpad. Tentu fungsinya hanya untuk memperkuat keamanan. Fungsi ini juga bisa aktif melalui aplikasi ASUS yang sudah terpasang.

Beralih ke antarmuka, ASUS ZenBook Flip UX360UA mempunyai pilihan konektor yang sangat lengkap untuk notebook. Walaupun Anda tidak menemukan port D-Sub untuk proyektor, perangkat ini sudah memiliki port HDMI. Pemasangan antarmuka ultrabook ini juga terlihat berbeda. Sisi kiri biasanya penuh dengan port, hanya memberikan tombol power, volume, satu USB 3.0, dan lubang sirkulasi udara. Sisa dari port yang terpasang adalah satu port USB 3.0, jack audio 3,5 mm, USB Type-C, power, HDMI, dan SD Card di sisi kanan.

Mengenai tombol power dan volume, keduanya memiliki desain yang tipis dan agak keras. Bagi kami ini bukan kelemahan karena posisi tombol seperti ini memang membuat mudah ditekan. Tombol keras membiarkannya tidak tertekan dengan mudah, entah saat masuk ke tas atau saat tangan itu secara tidak sengaja menekannya.

Di bagian bawah ASUS Zenbook Flip UX360UA telah menyediakan empat kaki berlapis karet yang cukup tangguh. Kaki ini agak menonjol karena berguna untuk memaksimalkan suara dari speaker yang terletak di sebelahnya. Untuk sistem pendingin, perangkat ini masih menyediakan satu kipas kecil yang hanya beroperasi saat prosesor berada pada suhu tertentu. Anda mungkin bisa mendengar suara kipas ini, meski tidak terlalu cepat.

Kinerja
ASUS ZenBook Flip UX360UA mengandalkan prosesor Intel Core i7-6500U @ 2.50GHz, salah satu varian tercepat untuk kelas notebook sat ini. Performa chipset itu dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 500GB SSD M.2, membuat Zenbook Flip UX360UA sudah lebih dari cukup untuk memenuhi aktivitas kantor Anda, meski tanpa kehadiran kartu grafis yang terpisah. Anda bahkan dapat menjalankan aplikasi pengolahan foto seperti Adobe Photoshop, bahkan Adobe Premiere sekalipun. Panas yang dihasilkan oleh prosesor juga tidak akan mengganggu saat beroperasi penuh.

Mengenai kualitas visual, layar 13,3 inci tertanam memiliki resolusi 3200 x 1800 piksel, cukup besar untuk notebook. ASUS ingin memamerkan bahwa besarnya resolusi layar ini sama sekali tidak mengganggu performa ultrabook secara keseluruhan. Laptop tipis juga harus siap menghadapi masalah panas. Karena tidak banyak ruang yang tersedia untuk memastikan sirkulasi udara yang memadai, terutama saat menggunakan prosesor high-end. Seperti yang sudah dijelaskan ASUS ZenBook Flip UX360UA memiliki kipas khusus sebagai prosesor pendingin, yang mengalirkan panas ke bawah dan sisi kiri bodi.

Harus diakui bahwa ASUS ZenBook Flip UX360UA menggunakan baterai yang cukup awet. Jika mengacu pada pengujian PCMark 8, laptop ini hanya bisa bertahan selama 4 jam dalam keadaan kontinu untuk menjalankan aplikasi berat, seperti mengedit foto, memutar film resolusi 4K, atau bermain game dengan spesifikasi yang sesuai.

Untuk skenario penggunaan browsing atau mengetik melalui aplikasi Office, lalu sering masuk ke mode standby, daya baterai bisa sampai 8 jam. Mengisi daya baterai juga cukup cepat, hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghemat daya hingga 60 persen.

Fitur Tambahan
ASUS ZenBook Flip UX360UA adalah ultrabook yang dirancang dengan konsep hybrid 2-in-1. Secara fungsional, layar bisa diputar 360 derajat, yang otomatis membuatnya aktif dalam mode tablet. Laptop menggunakan engsel layar dengan pilihan warna yang cukup elegan. Sayangnya, engselnya mudah kotor. Ultrabook juga telah mengadopsi Windows 10, dengan beberapa aplikasi built-in ASUS yang menyediakan fasilitas penyimpanan awan.

Speaker menjadi satu kelebihan yang patut Anda dapatkan dari ASUS ZenBook Flip UX360UA. Bekerja sama dengan Harman Kardon, ASUS menanamkan kualitas speaker, yang cukup terasa jika diadu dengan notebook lain di kelas yang sama. Efek bass biasanya tidak pernah terasa dari speaker notebook, Anda akan merasakan dari laptop ini, meski kualitasnya masih kalah dari speaker standar yang terpisah.

Kelebihan Asus Zenbook Flip UX360UA:
– Desain elegan, menarik, dengan ukuran yang tipis
– Bobot ringan
– Tidak cepat panas
– Multitasking lancar
– Performa tangguh
– Layar jernih dan tajam
– Daya tahan baterai cukup awet

Kekurangan Asus Zenbook Flip UX360UA:
– Keyboard tidak didukung LED
– Harga cukup tinggi

Harga Asus Zenbook Flip UX360UA
Cek harga terbaik Asus Zenbook Flip UX360UA disini.