Seputar Tekno

PHP Editor Terbaik

PHP merupakan sebuah akronim rekursif yang memiliki kepanjangan PHP : Hypertext Preprocessor. PHP digunakan untuk menciptakan halaman web yang dinamis. PHP dibenamkan di dalam file HTML, kemudian server akan menginterpretasikan kode-kode tersebut ke dalam halaman webnya. Saat menggunakan PHP, pemahaman dasar tentang HTML sangat berguna, namun Anda tidak perlu sampai menghafalkan segudang kode untuk membuat situs web keren bila Anda menggunakan software aplikasi pengembangan PHP alias PHP editor.

PHP Editor Terbaik

Ada sangat banyak aplikasi PHP editor yang hadir di pasaran, beberapa merupakan aplikasi berbayar, ada pula yang gratis. Mungkin agak sulit menentukan aplikasi mana yang terbaik jika belum mencoba menggunakan mereka satu per satu. Tetapi, ada beberapa kriteria yang dapat kita manfaatkan untuk membedakan aplikasi yang bagus dan yang tidak, seperti harga, kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, serta layanan bantuan yang tersedia. Berikut ini beberapa produk yang berhasil masuk ke daftar PHP editor terbaik kami.

1. Komodo IDE

PHP Editor Terbaik 1 Komodo IDE merupakan aplikasi Integrated Development Environment (IDE) buatan ActiveState untuk berbagai bahasa pemrograman tingkat tinggi, termasuk PHP, HTML, Python, Perl, SQL, dan XML. Ia juga mendukung berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, maupun OS X. Program satu ini memiliki fitur-fitur dasar nan sangat lengkap serta memiliki fitur-fitur pendukung yang membuat pekerjaan koding menjadi jauh lebih mudah, seperti syntax highlighting, validasi kode, pembersihan kode, serta auto-complete. Kekuatan utamanya terletak pada fitur debugging yang sangat baik serta user-interface yang intuitif.

2. PhpStorm

PHP Editor Terbaik 2

Sebagai aplikasi IDE cross-platform komersial, Jetbrains PhpStorm menawarkan editor untuk PHP, HTML, dan JavaScript. Bisa dibilang, produk ini memiliki nilai terbaik soal harga dan performa. Dilengkapi dengan kemampuan-kemampuan praktis seperti analisis kode secara on-the-fly, pencegahan error, dan refactoring otomatis. Pengguna dapat memperluas kemampuan program ini dengan memasang plugin yang dibutuhkan, serta melakukan kustomisasi tampilan secara ekstensif. Hadir pula dengan dark theme yang dapat digunakan bila area kerja putih terang terasa terlalu menusuk mata.

3. Netbeans IDE

PHP Editor Terbaik 3

Meski pada dasarnya didesain untuk pengembangan Java, Netbeans IDE juga mendukung PHP, C, C++, hingga HTML5. Yang paling keren tentang aplikasi satu ini adalah, ia tersedia secara gratis! Netbeans IDE termasuk salah satu aplikasi pemrograman yang paling banyak digunakan, memiliki komunitas pengguna yang besar, sehingga cukup mudah untuk mendapatkan bantuan dari pengguna lain dalam penggunaannya. Fitur-fitur dasar terkover dengan cukup baik, serta sudah dilengkapi dengan kemampuan error checker dan syntax highlighting. Tampilan terbilang sangat user-friendly. Anda bahkan bisa menginstal plugin untuk memperluas kemampuannya. Netbeans IDE bersifat cross-platform, dapat bekerja di sistem operasi Windows, OS X, Linux, dan Solaris.

4. Notepad++

PHP Editor Terbaik 4

Ia sekilas tampak serupa dengan Notepad, tetapi jika kita mengintip lebih dalam, mereka berdua jauh berbeda. Notepad++ merupakan alat text editor sekaligus source code editor untuk platform Windows yang mendukung segudang bahasa pemrograman. PHP? Bisa. JavaScript? Bisa. C, C++, C#? Bisa. Meski mendukung begitu banyak macam bahasa, Notepad++ tetap amat ringan untuk dijalankan dan dilengkapi dengan beragam kemampuan yang bisa jadi bakal sangat membantu kehidupan pemrograman Anda. Notepad++ memiliki fitur drag-and-drop, split screen editing, spell checker, syntax highlighting, auto-complete, bahkan ia juga dilengkapi dengan FTP Browser. Opsi gratis nan simpel dan dapat diandalkan.

5. Zend Studio

PHP Editor Terbaik 5

Merupakan aplikasi PHP IDE cross-platform profesional dengan fitur paling lengkap. Selain memiliki fitur kepraktisan seperti syntax highlighting, error checking, auto-complete, ia juga memiliki task manager yang sangat intuitif. Lebih cocok digunakan oleh programmer yang sudah terbiasa berkelana di antara deretan kode.

Semoga bermanfaat!