Seputar Tekno

Perbedaan Wireless Access Point dan Wireless Router

Ketika merencanakan pembuatan sebuah jaringan wireless, Anda mungkin bertemu dengan pertanyaan : “Apa perbedaan antara Wireless Access Point dengan Wireless Router?”. Secara singkat, Anda perlu menganggap router lebih seperti sebuah server karena ia mampu melakukan berbagai fungsi seperti server, sementara wireless access point itu ibarat hanyalah sebuah portal untuk menghubungkan klien dengan koneksi nirkabel ke sebuah jaringan LAN.

Perbedaan Wireless Access Point dan Wireless Router

Router dapat melakukan berbagai fungsi. Router dapat menghubungkan beberapa WLAN secara sekaligus dan bertindak sebagai polisi lalu lintas arus data. Router juga bisa berperan sebagai server DHCP, yang memberikan sebuah alamat IP dinamik untuk komputer Anda setiap kali komputer Anda terhubung ke jaringan. Jika Anda tidak memiliki server DHCP (atau router), Anda perlu memasang IP address statik secara manual kepada setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan Anda.

Router bisa pula bertindak sebagai polisi lalu lintas arus data. Anda bisa membuat agar router melakukan port forwarding terhadap komputer-komputer tertentu di jaringan Anda. Router juga memiliki NAT (Network Address Translation), yang berfungsi untuk memberikan alamat IP privat untuk setiap perangkat dalam ruang lingkup jaringan router, sementara router, yang memiliki alamat IP publik dan terhubung langsung ke internet, bertindak sebagai jembatan antara perangkat di dalam jaringan dengan internet. Dengan demikian pula, router menjadi semacam firewall yang mencegah pihak lain di internet melihat langsung keberadaan perangkat Anda.

Sementara, wireless access point hanyalah sebuah portal yang menghubungkan perangkat-perangkat Anda yang memiliki koneksi nirkabel ke jaringan LAN yang terhubung ke internet. Semakin banyak jumlah perangkat yang ada, maka semakin sempit pula lebar ruang yang dapat dilalui arus data masing-masing perangkat, sehingga kecepatan komunikasi data pun semakin kecil. Meski wireless access point kini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti WEP, WPA, 8021x, dan TKPI, wireless access point tidak dapat melakukan pengaturan arus lalu lintas data seperti router. Wireless access point juga tidak memiliki NAT.

Router patut menjadi pilihan utama untuk membangun jaringan wireless yang hendak dihubungkan langsung dengan internet. Sedangkan wireless access point lebih cocok digunakan untuk membangun jaringan wireless yang menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain, seperti misalnya menghubungkan sebuah gedung dengan gedung lain yang berdekatan, tanpa memerlukan kabel.

Semoga bermanfaat!