Seputar Tekno

Perbedaan Ultrabook dan Laptop Biasa

Perkembangan teknologi masa kini sangat pesat sehingga mau tak mau membawa kita untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari kehadiran ponsel touchcreen sampai persaingan elektronik vendor terkenal seperti Samsung dan Apple. Bukan hanya ponsel, kita juga harus mengetahui berbagai perbedaan laptop atau komputer jinjing yang dapat dibawa kemana-mana.

Perbedaan Ultrabook dan Laptop Biasa

Kadangkala kita di buat bingung dengan jenis laptop zaman sekarang. Ada laptop biasa, Netbook, Notebook, Ultrabook sampai Palmtop. Biasanya hal yang paling mendasar untuk membedakannya ialah masalah ukuran, namun siapa tahu banyak perbedaan lainnya yang dapat kita temukan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah informasi pada Sobat Gaptex tentang perbedaan antara Ultrabook dengan Laptop biasa. Kira-kira apa saja perbedaannya ya? Mari kita simak penjelasannya.

Laptop
Secara nyata yang dapat dilihat, laptop biasa memiliki ukuran yang bisa dibilang lebih besar dari Ultrabook. Bukan hanya lebih besar, biasanya laptop juga memiliki bobot lebih berat. Laptop dirancang khusus untuk menjadi pengganti PC Dekstop yang bisa muat dipangkuan Anda.

Ukuran laptop dapat bervariasi antara 12 sampai 18 inch, namun rata-rata memiliki ukuran 15 inch. Dalam hal kinerja, laptop memiliki kinerja yang sama baiknya dengan komputer, apalagi kelebihannya ialah memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, cocok dengan berbagai hardware. Kekurangan dari laptop mungkin hanya masalah beratnya yang sekitar 3-4 kg dan daya tahan baterainya lebih cepat habis.

Sekarang penyebutan istilah laptop sudah langka dipakai orang. Kini masyarakat lebih suka menyebutnya Notebook. Para produsen pun juga lebih memilih memakai istilah Notebook daripada laptop.

Ultrabook
Laptop jenis Ultrabook menjadi bukti akan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Pasalnya, Ultrabook pertama kali diperkenalkan oleh Intel untuk laptop yang ringan dan tipis namun memiliki kinerja yang tinggi. Setelah dari Intel, penggunaan nama Ultrabook juga diberlakukan secara umum oleh para produsen.

Ultrabook merupakan generasi terbaru dari komputer portabel yang biasanya memiliki berat ringan kurang dari 1,5 kg. Bukan hanya itu, desain Ultrabook pun bukan main tipisnya. Meskipun sangat tipis, ukuran layar Ultrabook hampir sama dengan laptop pada umumnya, yaitu sekitar 11 sampai 15 inch.

Sebagian besar produk Ultrabook, dilengkapi dengan SSD Drive yang membuatnya tidak bersuara, lebih ringan, lebih cepat dari HDD biasa. Karena itu pula harga SSD lebih mahal dari HDD. Ultrabook juga tidak memiliki DVD-Drive sehingga Anda tidak bisa memutar video atau gambar tambahan dalam bentuk CD. Jadi jika Anda ingin membeli laptop untuk memutar DVD, sebaiknya Anda membeli laptop biasa saja.

Kegunaan Ultrabook sangat cocok untuk tugas-tugas komputasi biasa dan menjalankan game-game ringan. Kisaran harga Ultrabook juga tergolong murah untuk versi laptop mewah yakni sekitar 7 sampai 15 juta rupiah.